Powered By Blogger

Thursday 30 May 2013

JAMES HUTTON (1726-1797)

JAMES HUTTON (1726-1797)

1.  Profil
James Hutton adalah seorang ahli geologi dari Skotlandia. Ia lahir pada tanggal 3 Juni 1726 di Edinburgh, Skotlandia. James Hutton sangat gemar mendaki dan menjelajahi gunung, hutan, sungai,dan pantai untuk mengamati batu-batuan. Berawal dari kegemarannya terhadap alam itulah, pada tahun 1795 saat umurnya 69 tahun buku karyanya yang berjudul Teori Bumi diterbitkan. Ia memperkenalkan teori yang disebut Gradualisme. 

2.  Teori Gradualisme
Teori Gradualisme ini menentang teori katastrofisme yang dikemukakan oleh Cuvier, ilmuan Perancis. Menurut Cuvier dalam teorinya tersebut, keadaan bumi zaman sekarang merupakan akibat dari malapetaka atau bencana alam yang dibuat oleh Tuhan. Sedangkan menurut Hutton dalam teorinya bahwa keadaan bumi sekarang disebabkan oleh proses atau mekanisme alam. Menurut Hutton, Tuhan memanglah sebagai penggerak pertama mekanisme itu, kemudian mekanisme tersebut berjalan dengan sendirinya. Dalam teori gradualisme, Ia menjelaskan sifat dan ciri geologis bumi dengan teori gradualisme (secara bertahap) yang menganggap bahwa perubahan mendalam dan nyata merupakan produk komulatif proses yang berlangsung lambat namun terus-menerus, dengan kata lain perubahan geologis berlangsung pelan-pelan tapi pasti . Namun, Teori ini tidak ada mekanisme yang meyakinkan.

Pada awalnya, teori yang dikemukakan Hutton tidak diperdulikan orang-orang, karena tuliasan-tulisannya tersebut yang sangat sulit dimengerti. Namun, karena jasa Plafair yang menyederhanakan buku karya Hutton tersebut, buku karya Hutton menjadi terkenal. James Hutton meninggal pada tahun 1797. 

No comments:

Post a Comment