Powered By Blogger

Thursday 30 May 2013

KEUNIKAN KEPULAUAN GALAPAGOS

KEUNIKAN KEPULAUAN GALAPAGOS

Galapagos adalah kepulauan vulkanik yang berada dalam wilayah negara Ekuator, sekitar 900 km ke arah barat dari pesisir Amerika Selatan. Di kepulauan tersebut, Darwin tertarik akan keragaman faunanya. Kebanyakan spesies fauna dari Galapagos tidak ditemukan hidup di tempat lain, meskipun ada kesamaan dengan spesies hewan di Amerika Selatan. Beberapa contoh fauna yang teramati oleh Darwin di kepulauan tersebut antara lain :

a.     Sejenis burung murai yang disebut mockingbird (Mimus sp.). Darwin melihat dan mengidentifikasi bahwa terdapat tiga jenis mockingbird yang ia temui di empat pulau. Darwin mengambil spesimen ketiga jenis mockingbird itu dan menandai asal pulaunya. Tiga jenis mockingbird menurut identifikasi Darwin saat itu adalah :
-       Orpheus trifasciatus, Gould, (sekarang Mimus trifasciatus) ditemukan di Pulau Charles.
-       Orpheus parvulus di Pulau Albemarle.
-      Orpheus melanotus di Pulau James dan Pulau Chatham.
b.    Kura-kura raksasa Galapagos. Awalnya iatidak terlalu memperharikan, namun saat para awak kapal mengkap 18 ekor kura-kura untuk makanan pesta, Nicolas Lawson, Gubernur Galapagos dengan mudah memberi tahu asal pulau dari masing-masing kura-kura dengan melihat perbedaan bentuk tempurung mereka.
c.    Burung finch. Ia menangkap beberapa spesimen burung yang ia duga berbeda jenis, akan tetapi ia tidak menandai asal pulaunya. Sepulangnya Darwin dari pelayaran, ia mendapatkan bantuan dari ornitologis untuk mengidentifikasi finch tersebut.
d.    Iguana laut, fauna unik yang hanya terdapat di Kepulauan Galapagos, yang mampu hidup dan mencari makan di tepian laut. Di Pulau Albemarle, Galapagos,  Darwin juga menemukan Iguana darat.

Dari perbedaan dan keunikan yang ada, diduga sebelumnya Kepulauan Galapagos awalnya dihuni oleh fauna dan flora yang juga berasa dari Amerika Selatan, namun kemudian mengalami diversifikasi karena kondisi pulau yang berbeda. Hal tersebut menjadi salah satu inspirasi pemikiran Darwin tentang mekanisme spesiasi atau pembentukan spesies baru

No comments:

Post a Comment