Powered By Blogger

Wednesday 29 May 2013

BUKTI EVOLUSI BERDASARKAN BIOKIMIA PERBANDINGAN

BUKTI EVOLUSI BERDASARKAN BIOKIMIA PERBANDINGAN

Studi anatomi pebandingan memperlihatkan adanya homolgi anatomi, demikian pula studi biokimia dari macam-macam organisme telah mengungkapkan homologi bikimia.pada kenyatannya, persamaan biokimia organism hidup adalah salah satu cirri mencolok dari kehidupan.
Enzim-enzim sitokrom terdapat pada hampir setiap organism hidup. Salah satunya adalah sitokrom C yang terdiri dari lantai plipeptida yang terdiri atas  104-112 asam amino (tergantung jenis organisme). Pada tahun-tahun belakangan ini telah ditentukan urutan asam amino yang pasti pada sitokrom C dari beragam organisme seperti manusia,kelinci, penguin, ular dll. Meskipun terdapat  banyak variasi dalam urutan terutama bagi organisme yang diduga berkerabat jauh ternyata ada juga sejumlah besar persamaannya.
Urutan asam amino pada manusia berbeda dengan urutan pada monyet rhesus hanya pada satu tempat dalam rantai. Sitokrom c dari tanaman gandum berbeda dari manusia dalam 35 asam amino. Akan tetapi, 35 asam amini lainnya dalam rantau terbukti sama pada setiap spesies yang diuji. Hal ini termasuk satu bagian yang terdiri dari 11 asam amino yang beruntun. Yang terdapat pada semua organism yg kita kenal.kita mengetahui bagaimana urutan nukleotida dalam molekul DNA yang mengkode urutan asam amino dalam protein. Terdapatnya gen untuk sitokrom C yang begitu banyak mengandung informasi genetic yang sama pada begitu banyak jenis organism tidak dapat dijelaskan tanpa menggunakan teori evolusi. Jelaslah fenomena ini berarti bahwa kita semua mewarisi gen itu dari nenek moyang yang sama, sekalipun dengan akumulasi mutasi.
Alasan yang sama dapat diterapkan pada persamaan biokimia lain diantara organism-organisme. Studi mengenai urutan asam amino pada hemoglobin mamalia memperlihatkan persamaan yang deka, terutama pada organism hidup dan sepanjang pengetahuan kita mengandung mekanisme pengkodean hereditas yang sama. Selanjutnya sebagain besar vertebrata mempunyai hormone-hormon yang sama atau mirip. Prolaktin misalnya erdapat pada berbagai vertebrata seperti ikan, burung dan mamalia. Meskipun fungsinya pada masing-masing berbeda. Hormone diwariskan dari moyang yang sama tetapi dengan fungsi yang berubah sesuai dengan cara kehidupan setiap hewan.
Keseragaman yang mencolok dari susunan biokimia yang mendasari keanekaragaman yang luar biasa dari makhluk hidup Sulit untuk dijelaskan dengan cara lain kecuali dengan teori evolusi. Diduga molekul-molekul ini terbentuk sangat awal alam sejarah  kehidupan dan hamper semua bentuk kehidupan sekarang mewarisi kemampuan membuat  dan menggunakannya.
Jika seseorang menyuntikkan protein serum manusia pada kelinci (hewan percobaan)kelinci akan membuat berbagai molekul antibody yang sangat bervariasi terhadap semua determinan antigen yang asing baginya. Bila serum darah kelinci yang mengandung antibody  anti human ini dicampur dengan serum manusia dalam tabung reaksi, terbentuklah kmpleks antigen-antibodi yang berbentuk endapan.jumlah endapan yang terbentuk dapat diukur dengan mudah.
Apa yang membuat reaksi ini menarik sehubungan dengan apa yang kita uraikan ini ialah antibodi antimun ini juga akan bereaksi dengan serum darah mamlia tertentu, akan tetapi tidak begitu nyata karena endapan yang terbentuk sedikit.banyak atau sedikitnya jumlah endapan yang terbentuk dapat diterima sebagai hubungan kekarabatan yang dekat pula.metode ini disebut serologi perbandingan.tidak saja membenarkan bebrapa hubungan evolusi yang telah disetujui, tetapi juga membantu memastikan hubungan, Karen abukti-bukti anatomi gagal untuk memberikan jawaban dengan jelas. Misalnya kellinci memperlihhatkan beberapa persamaan struktur dengan hewan pengerat, tetapi walaupun demikian meeka diletakkan dalam ordo tersendiri yaitu ordo lagomorpha.
Satu alasan penting untuk ini ialah bahwa uji serologi memperlihatkan sedikit afinitas antara kelinci dengan hewan pengerat, justru kelinci tampaknya berkerabat lebih dekat dengan ungulate berkuku genap seperi babi. Demikian pula ikan pasu, secara serologi  memperlihatkan hubungan yang lebih dekat dengan ungulate berkuku genap daripada dengan ordo amamlia lainnya. Bahkan protein tumbuhan telah digunakan sebagai antigen dan beberapa teka-teki  evolusi dengan teknik ini telah menjadi jelas.

1 comment: