Powered By Blogger

Friday 31 May 2013

ORGAN HOMOLOG PADA HEWAN

ORGAN HOMOLOG PADA HEWAN

a.       Tungkai Depan
Sayap Burung, tangan, sirip lumba-lumba, kaki kucing terdiri atas tulang, otot, dan saraf yang sangat mirip. Organ homolog tersebut mempunyai kemiripan dasar karena mempunyai asal-usul evolusi dan kompleks gen penyebab yang sama. Namun tungkai depan tersebut berevolusi disesuaikan dengan fungsinya sayap burung untuk terbang, tangan untuk menunjang aktivitas manusia, dan sirip lumba-lumba untuk berenang, dan kaki kucing untuk berjalan.

b.      Kuku, Cakar, dan Telapok
Kuku, cakar, dan telapok merupakan derivate dari epidermis. Kuku dimikili oleh manusia, kuku berfungsi sebagai pelindung kulit bagian bawah yang mengandung banyak pembuluh darah dan sensitive. Cakar merupakan perpanjangan dari kuku, berfungsi untuk mematikan mangsa, seperti yang dimiliki oleh macan. Telapok merupakan pelebaran kuku seperti kuda, telapok berfungsi dalam berjalan.

c.       Rambut, Bulu, dan Sisik Reptil
Rambut, bulu, dan sisik merupakan derivate epidermis. Namun ketiga  fungsi tersebut berbeda yakni rambut berfungsi sebagai organ sensoris, memperbesar rangsangan dalam implus. Bulu merupakan penutup tubuh pada burung yang berfungsi dalam melindungi permukaan yang bergerak, pada juvenil terdiri atas bulu yang menginsulasi panas. Sisik merupakan pelindung bagi hewan reptilian. 

No comments:

Post a Comment