Powered By Blogger

Thursday 30 May 2013

RINGKASAN IDE UTAMA CHARLES DARWIN

RINGKASAN IDE UTAMA CHARLES DARWIN

-       Seleksi alam adalah keberhasilan yang berbeda dalam reproduksi (kemampuan individuyang tidak sama untuk bertahan hidup danbereproduksi).

-       Seleksi alam terjadi melalui suatuinteraksi antara lingkungan dan keanekaragamanyang melekat di antara individu organisme yangmenyusun suatu populasi.
-       
           Produk seleksi alam adalah adaptasi populasi organisme dengan lingkungannya.

Hubungan penting yang dipahami oleh Darwin mengenai seleksi alam, perjuangan untuk mempertahankan diri, dankapasitas organisme untuk ”bereproduksi secara berlebihan”.Sebelumnya Darwin telah mengetahui perjuangan untuk mempertahankan diri ketika ia membaca suatu tulisan yang berpengaruh mengenai populasi manusia yang ditulis oleh Reverend Thomas Malthus pada tahun 1798.

Malthus berpendapat bahwa banyak penderitaan manusia : penyakit,kelaparan, gelandangan dan perang merupakan akibat yangtidak dapat dihindari dari potensi peningkatan populasi manusia yang lebih cepat dibandingkan dengan persediaanmakanan dan sumber daya lainnya. Kapasitas untuk bereproduksi berlebihan kelihatannya merupakan ciri khassemua species. Di antara banyak telur yang dikeluarkan,anak yang lahir, dan benih yang disemaikan, hanya sebagian kecil di antaranya yang menyelesaikan perkembangannya dan menghasilkan keturunannya sendiri. Sisanya dimakan,beku, kelaparan, sakit, tidak kawin, atau tidak mampu bereproduksi oleh karena banyak alasan lain. Dalam setiapgenerasi, faktor lingkungan menyaring variasi yang dapatdiwariskan, yang lebih menguntungkan suatu variasi tertentuterhadap variasi yang lain.

No comments:

Post a Comment