Powered By Blogger

Thursday 30 May 2013

PLATO (427 SM-347 SM)

PLATO (427 SM-347 SM)

1.    Profil
Plato adalah seorang filsuf Yunani. Ia adalah murid Socrates. Pemikiran Plato pun banyak dipengaruhi oleh Socrates. Plato adalah guru dari Aristoteles.

2.    Teori menentang evolusi
Sejumlah filsuf klasik Yunani meyakini terjadinya evolusi kehidupan secara bertahap. Akan tetapi para filsuf yang paling mempengaruhi kebudayaan barat yaitu Plato, tetap memegang pendapat yang bertentangan dengan teori evolusi. Plato berpendapat mahluk hidup yang ada sekarang diciptakan tuhan sesuai dengan lingkungan. Jadi mahluk hidup sekarang adalah mahluk hidup yang mampu bertahan dengan lingkungannya (teologi alam). Teologi alam merupakan suatu ilmu dengan melihat mahluk hidup yang ada di dunia, akan menambah kecintaan kita akan tuhan.

Plato meyakini adanya dua dunia, yakni: suatu dunia yang ideal dan kekal (akherat), serta suatu dunia khayal (ilusi) yang tidak sempurna yang kita tangkap melalui indera kita (bumi). Evolusi akan kontraproduktif (bertentangan) di dalam suatu dunia dimana organisme ideal sudah ideal sudah teradaptasikan secara sempurna dengan lingkungannya (Campbell, 2003).

No comments:

Post a Comment