Powered By Blogger

Thursday 30 May 2013

BIOGRAFI CHARLES DARWIN

BIOGRAFI CHARLES DARWIN

Charles Robert Darwin ialah seorang pakar penyelidik alam semulajadi lebih dikenali sebagai pengarang buku yang terkenal " The Origin Of Species". Darwin sejak kecil sangat mencintai alam dan suka memerhatikan hewan dan tumbuhan yang ditemuinya. Dia seorang yang sabar dan tekun. Sifat-sifat inilah yang akhirnya membawa beliau kepada kejayaan sebagai seorang penyelidik alam semula jadi yang terkenal di dunia sains.


Pada masa itu di Britania Raya, sebagian besar ahli ilmu alam dan saintis lain masuk dalam kelompok imam, dan hampir semuanya melihat dunia ini dalam konteks teologi alami. Darwin menjadi murid (
protégé) dari Reverend  (Pastor) John Henslow, profesor botani di Cambridge  University. Segera setelah Darwin menerima gelar BA pada tahun 1831, Profesor Henslow merekomendasikan lulusan muda tersebut ke Kapten Robert FitzRoy, yang sedang mempersiapkan kapal survei Beagle untuk suatu pelayaran mengelilingi dunia.
Charles Darwin adalah penemu teori evolusi berdasarkan seleksi alam. Lahirnya tanggal 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Inggris bagian barat. Dia lahir dari keluarga kaya. Kakek dan ayahnya berprofesi sebagai dokter. Tidak heran jika mereka berharap Darwin akan memiliki karier dibidang kesehatan. Charles Darwin pada umur enam belas tahun masuk Universitas Edinburg belajar kedokteran, tetapi baik kedokteran maupun anatomi dianggapnya sangat membosankan dan memuakkan, meskipun ia mendapatkan nilai dan angka yang baik. Ia meninggalkan Edinburgh tanpa suatu gelar dan segera setelah itu mendaftarkan diri di Christ College di Cambridge  University, dengan harapan menjadi seorang imam.

Pada masa itu di Britania Raya, sebagian besar ahli ilmu alam dan saintis lain masuk dalam kelompok imam, dan hampir semuanya melihat dunia ini dalam konteks teologi alami. Darwin menjadi murid (protégé) dari Reverend  (Pastor) John Henslow, profesor botani di Cambridge  University. Segera setelah Darwin menerima gelar BA pada tahun 1831, Profesor Henslow merekomendasikan lulusan muda tersebut ke Kapten Robert FitzRoy, yang sedang mempersiapkan kapal survei Beagle untuk suatu pelayaran mengelilingi dunia.

No comments:

Post a Comment