Powered By Blogger

Friday 24 May 2013

EVOLUSI BIOGEOGRAFI

EVOLUSI BIOGEOGRAFI

Evolusi menjelaskan perekenbangan makhluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu yang lama dari bentuk yang sederhana menjadi bentuk yang kompleks. Tokoh evolusi pertama yang pendapatnya diterima oleh dunia ilmu pengetahuan adalah charles Darwin, ajarannya dituangkan dalam buku yang berjudul “OnThe Original by Meansof Natural Selection”,yang memuat pokok–pokok evolusi yaitu:

• bahwa makhlukhidupyangadasekarangberasaldarimakhlukhidup dimasasilam.
• Evolusi terjadi melalui seleksi alam

Adanya evolusi di buktikan dengan diketemukannya fosil diberbagai lapisan batuan bumi yang menunjukkan adanya perubahan tubuh secara berangsur–angsur. Homologi adalah organ tubuh yang asal filogenetiknya serta struktur dalamnya sama tetapi fungsinya berbeda. Studi komparatif mengenai perkembangan embrio sebagai hewan vertebrata yang berawal dari zigot, stadium morula, blastula, dan gastrula hingga terbentuknya individu baru (dewasa) dinamakan ontogeny.

Aliran yang sering dianggap berlawanan dengan teori evolusi adalah teori penciptaan, yang mempercayai bahwa makhluk hidup dan segala jenisnya diciptakan oleh Tuhan secara terpisah (tidak ada kesamaan leluhur, atau bahwa satu jenis makhluk hidup tidak diturunkan dari makhluk lain).

No comments:

Post a Comment