Powered By Blogger

Friday 8 December 2017

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER ( PAS )
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Satuan Pendidikan      : SMP/MTs                                                                                                                                                                                          Bentuk Soal    : PG
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial                                                                                                                                                                   Jumlah Soal     : 50 Butir
Kelas/Semester            : IX / Ganjil                                                                                                                                                                                         Waktu             : 120 menit
Kurikulum Acuan       : Kurikulum 2013                                                                                                                                                                                Penyusun         : Wiwin Supriyaningsih

KOMPETENSI DASAR
TEMA
MATERI
INDIKATOR SOAL
LEVEL KOGNITIF
NOMOR SOAL
3.1. Menerapkan aspek keruangan dan konektivitas antarruang dalam mewujudkan kesatuan wilayah Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia ( ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
Tema 1. Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju
A.    Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya
Disajikan daftar beberapa keuntungan geostrategis Indonesia, peserta didik dapat mengklasifikasi keuntungan dibidang transportasi.
Level 2
(Aplikasi)
1
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat menganalisis dampak negatif dari geostrategis Indonesia
Level 3
(Penalaran)
2
Peserta didik dapat menyebutkan upaya mengambil manfaat dari geostrategis Indonesia
Level 1
(Pemahaman)
3
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri iklim tropis.
Level 1
(Pemahaman)
4
B.     Potensi sumber Daya Alam Indonesia
Disajikan daftar Negara yang memiliki hutan yang luas, peserta didik dapat menyebutkan Negara yang memiliki keanekaragaman hayati hutan yang tinggi.
Level 1
(Pemahaman)
5
Disajikan tabel, peserta didik dapat membedakan hutan konservasi dan hutan lindung.
Level 2
(Aplikasi)
6
Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan Negara sebagai konsumen tertinggi minyak bumi.
Level 1
(Pemahaman)
7
Peserta didik dapat memberikan contoh upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi hasil laut.
Level 2
(Aplikasi)
8
C.     Potensi Sumber Daya Manusia
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan urutan Negara yang memiliki jumlah penduduk tertinggi di dunia.
Level 1
(Pemahaman)
9
Peserta didik dapat menganalisis keuntungan/kerugian suatu Negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi.
Level 3
(Penalaran)
10
Disajikan tabel, peserta didik dapat memberikan contoh tenaga kerja disektor sekunder.
Level 2
(Aplikasi)
11
D.    Potensi Budaya Indonesia dan Pemanfaatannya
Disajikan gambar rumah adat, peserta didik dapat menyebutkan nama rumah adat tersebut.
Leve 1
(pemahaman)
12
Disajikan gambar tarian daerah, peserta didik dapat menentukan daerah asal.
Level 1
(Pemahaman)
13
Peserta didik dapat menganalisis  manfaat dari potensi sumber budaya Indonesia.
Level 3
(Penalaran)
14
E.     Sarana dan Prasarana Transportasi di Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian Jalan Nasional/Jalan Provinsi/Jalan Kota
Level 1
(Pemahaman)
15
Peserta didik dapat mejelaskan pengertian Pelabuhan Internasional/Nasional/Regional/Lokal
Level 1
(Pemahaman)
16
F.      Karakteristik Negara maju dan Upaya Indonesia Menjadi Negara maju di Dunia
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik Negara maju.
Level 1
(Pemahaman)
17
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu upaya Indonesia menjadi negara maju
Level 1
(Pemahaman)
18
G.    Contoh Negara Maju
Peserta didik dapat menunjukkan pulau terbesar di Jepang
Level 1
(Pemahaman)
19
Peserta didik dapat menganalisis dampak letak geologis Negara Jepang
Level 3
(Penalaran)
20
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis prinsip kerja di Jepang yang digunakan dalam ilustrasi tersebut.
Level 3
(Penalaran)
21
Disajikan daftar ciri-ciri bentang alam tertentu, peserta didik dapat menentukan nama bentang alam yang dimaksud.
Level 1
(Pemahanan)
22
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan alasan migrasi penduduk eropa ke Amerika serikat ( politik, ekonomi, agama)
Level 2
(Aplikasi)
23
Peserta didik dapat menyebutkan masa terjadinya embargo politik Amerika serikat terhadap Indonesia
Level 1
(Pemahaman)
24
Peserta didik dapat menunjukkan nama pegunungan di negara Jerman
Level 1
(Pemahaman)
25
KD.3.2.Menelaah perubahan masyarakat Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik dalam wawasan kebangsaan.





Tema 2. Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju Negara Maju
A.    Perkembangan Kependudukan
Disajikan tabel, peserta didik dapat menyebutkan tahun dilaksanakan sensus penduduk setelah Indonesia merdeka.
Level 1
(Pemahaman)
26
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasi dampak positif/negative pertumbuhan penduduk.
Level 2
(Aplikasi)
27
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan jenis mobilitas sosial pada peristiwa tersebut.
Level 2
(Aplikasi)
28
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor pendorong dari desa/penarik dari kota terjadinya urbanisasi.
Level 2
(Aplikasi)
29
Peserta didik dapat menunjukkan tujuan program transmigrasi pada masa pendudukan Jepang di Indonesia.
Level 1
(pemahaman)
30
B.     Perkembangan Politik
Peserta didik dapat menjelaskan tugas dan wewenang KNIP
Level 1
(Pemahaman)
31
Peserta didik dapat menentukan kementarian yang tidak dibentuk oleh PPKI paska kemerdekaan Republik Indonesia
Level 1
(Pemahaman)
32
Disajikan daftar, peserta didik dapat menentukan kelengkapan pemerintahan yang dibentuk pada awal kemerdekaan
Level 2
(Aplikasi)
33
Disajikan tabel, peserta didik dapat memberi contoh bentuk-bentuk pelanggaran terhadap UUD 1945 pada masa Demokrasi Terpimpin
Level 2
(Aplikasi)
34
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat memberi contoh perkembangan politik pada masa Orde Baru
Level 2
(Aplikasi)
35
Disajikan daftar, peserta didik dapat memberi contoh pembenahan politik yang dilakukan pada masa Reformasi
Level 2
(Aplikasi
36
C.     Perkembangan Ekonomi
Disajikan tabel, peserta didik dapat menentukan upaya menghadapi blokade laut yang dilakukan Belanda pada masa awal kemerdekaan
Level 2
(Aplikasi
37
Disajikan daftar, peserta didik dapat menentukan yang bukan permasalahan  ekonomi pada masa demokrasi liberal/demokrasi terpimpin
Level 2
(Aplikasi)
38
Disajikan daftar, peserta didik dapat mendeskipsikan faktor kegagalan sistem ekonomi Gerakan Banteng pada masa demokrasi liberal
Level 1
(Pemahaman
39
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mendeskripsikan perkembangan ekonomi pada masa orde baru
Level 1
(Pemahaman
40
Disajikan daftar, peserta didik dapat menyebutkan isi Trilogi pembangunan/ Delapan Jalur Pemerataan
Level 1
(Pemahaman
41
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan devaluasi mata uang Rupiah yang dilakukan pada masa Demokrasi Liberal/Terpimpin
Level 2
(Aplikasi)
42
 Peserta didik dapat memberi contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan pada masa pemerintahan Presiden B.J Habibie
Level 2
(Aplikasi)
43
 Peserta didik dapat memberi contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan pada masa pemerintahan Abdul Rahman Wahid
Level 2
(Aplikasi)
44
Disajikan daftar, peserta didik dapat memberi contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Megawati
Level 2
(Aplikasi)
45
Disajikan daftar, peserta didik dapat memberi contoh upaya pemulihan ekonomi setelah terjadi krisis ekonomi yang dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudoyono
Level 2
(Aplikasi)
46
Disajikan ilustrasi tentang kondisi ekonomi era reformasi, peserta didik dapat menentukan nama pemerintahan yang berkuasa sesuai dengan ilustrasi tersebut.
Level 2
(Aplikasi)
47
D.    Perkembangan Pendidikan
Disajikan tabel, Peserta didik dapat menentukan tingkatan pendidikan pada awal kemerdekaan
Level 2
(Aplikasi)
48
Peserta didik dapat menyebutkan pergantian kurikulum pada masa Reformasi.
Level 1
(Pemahaman)
49
Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menganalisis perkembangan budaya di Indonesia
Level 3
(Penalaran)
50


No comments:

Post a Comment