Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017-2018


            Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
            Kelas                           : VII (Tujuh)
            Jumlah                        : 40 Soal
            Waktu                          : 120 Menit
            Bentuk Soal                 : Pilihan Ganda

No
KI
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No Soal
3
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup dan sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
Sistem Gerak pada
Manusia
·    Struktur dan fungsi rangka
·    Struktur dan fungsi sendi
·    Struktur dan fungsi otot
·    Mekanisme kerja otot
·    Gangguan pada system gerak
·    Upaya menjaga kesehatan system gerak
Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan struktur tulang sesuai gambar
1
Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan gerak yang ditimbulkan berdasarkan gambar
2
Disajikan tabel, peserta didik  mampu menunjukkan  alat gerak yang sesuai dengan gambar
3
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan penyebab kelainan sistem gerak pada manusia
4
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
Gerak dan Gaya
·    Gerak pada benda (GLB dan GLBB)
·    Kecepatan dan percepatan
·    Hukum Newton tentang gerak
·    PenerapanHukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik mendeskripsikan pengertian gerak dan gaya
5
Disajikan contoh gerak dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan yang termasuk kedalam gerak
6
Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat menghitung kecepatan/percepatan
7
Disajikan contoh sedrhana, peserta didik dapat menghitung percepatan atau kecepatnnya.
8
Disajikan gambar, peserta didik dapat menghitung gaya
9
Disajikan beberapa contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menyebutkan penerapan hukum newton pada gerak makhluk hidup dan benda
10
3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
Pesawat sederhana
·    Kerja (Usaha)danDaya
·    Jenispesawatsederhana
·    Mekanisme kerja pesawats ederhana
·    Keuntungan mekanik
·    Prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
Disajikan contoh sederhana, peserta didik dapat menghitung tentang daya dan usaha
11, 12
Peserta didik dapat menyebutkan/menunjukkan jenis pesawat sederhana
13
Disajikan sebuah gambar, pesrta didik dapat menyebutkan/menunjukkan jenis pesawat sederhana
14
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan mekanisme kerja salah satu jenis pesawat sederhana
15
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan keuntungan/manfaat pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
16
Disajikan gambar, peserta didik dapat menghitung keuntungan mekanik pesawat sederhana
17, 18
Peserta didik dapat menyebutkan Prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia
19
3.4 Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Struktur daan Fungsi Tumbuhan
·    Struktur dan fungsi akar, batang, dandaun
·    Struktur dan fungsi bunga, buah, dan biji
·    Struktur dan fungsi jaringan
Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan struktur morfologi dari tumbuhan
20
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi dari struktur anatomi jaringan pada tumbuhan
21
Peserta didik dapat menyebutkan contoh teknologi yang terinspirasi struktur jaringan pada tumbuhan
22
Disajikan gambar, peserta didik dapat menyimpulkan percobaan tentang struktur jaringan pada tumbuhan
23
Disajikan data, peserta didik mampu menyebutkan contoh gerak tumbuhan
24
3. 5 Menganalisis system pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan system pencernaan, serta upaya enjaga kesehatan system pencernaan

Sistem Pencernaan pada manusia
·    Zatmakanan
·    Uji bahan makanan
·    Organ pencernaan
·    Enzim pencernaan
Penyakit yang berhubungan dengan system pencernaan
Disajikan data, peserta didik mampu menyebutkan bahan makanan berdasarkan kandungan zat gizinya
25
Disajikan tabel hasil percobaan, peserta didik mampu menyebutkan kandungan zat dari bahan makanan berdasarkan data tabel
26
Disajikan gambar, peserta didik dapat menjelaskan fungsi enzim yamg dikeluarkan kelenjar pencernaan
27
Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan proses pencenaan makanan pada manusia
28
Disajikan tabel, peserta didik mampu menjelaskan fungsi enzim pada proses pencernaan pada manusia
29
Peserta didik mampu menjelaskan upaya pencegahan gangguan/ penyakit  sistem pencernaan pada manusia
30
3.6.menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
Zat Aditif dan Zat Adiktif
·    Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman
·    Jenis zat adiktif
Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan
Disajikan data, siswa mampu menyebutkan zat aditif yang terkandung dalam makanan tersebut
31
Peserta didik mampu menjelaskan akibat penggunaan zat aditif  berlebih dalam tubuh manusia
32
Peserta didik mampu menyebutkan jenis zat adiktif  yang terkandung dalam psikotopika
33
3.7 Menganalisis system peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
Sistem Peredaran Darah
·    Komponendarah
·    Organ peredarandarah
·    Jenisperedarandarah
·    Penyakit pada sistem peredaran darah
Upaya menjaga kesehatan system peredaran darah
Disajikan data, peserta didik mampu menyebutkan organ peredaran darah pada manusia
34
Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan pembuluh darah pada manusia
35
Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskan proses peredaran darah pada manusia
36
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengurutkan proses peredaran darah pada manusia
37
Disajikan diagram, peserta didik mampu menjelaskan proses pembekuan darah
38
Disajikan data, peserta didik mampu menyebutkan gangguan pada sistem peredaran darah pada manusia
39

Peserta didik mampu menjelaskan upaya pencegahan supaya terhindar dari bahaya narkoba
40


No comments:

Post a Comment