Powered By Blogger

Friday 8 December 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN 2017/2018

Jenjang Pendidikan                : SMP                                                                                                   Mata Pelajaran                                  : Matematika
Bentuk Soal                            : Pilihan Ganda                                                                                   Alokasi Waktu                                 : 120 menit
Kelas/Semester                       : IX/ Ganjil                                                                                          Jumlah Soal                                                    : 40 butir
Kurikulum                              : Kurikulum 2013                                                                                 Penyusun                                          : MGMP Matematika Kec. Cilincing
                                                                                                                                                                                                                        Maryam,S.Pd

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Tingkat kesulitan
Nomor soal
1
3.1   Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar dalam suatu permasalahan
Bilangan Berpangkat
Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke dalam bilangan berpangkat

level C 3
1
Peserta didik dapat menentukan nilai bilangan berpangkat pecahan dari perpangkatan pecahan

level C1
2
Peserta didik dapat menentukan hasil perkalian dari bilangan berpangkat bulat

level C 2
3
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian bilangan berpangkat

level C 3
4
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaiatan dengan bilangan berpangkat

level C 3
5
2
3.2. Memahami operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
Bentuk Akar
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk akar

level C 2
6
Jika diketahui x = a√b , y = c√d , dan z = e√f , maka peserta didik dapat menyederhanakan bentuk x2 + yz – z2 ,  dengan a, b, c, d, e, f  bilangan bulat

level C 3
7
Peserta didik dapat merasionalkan penyebut pecahan bentuk  , dengan a, b, c  bilangan bulat

level C 2
8
3
3.10.  Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
Pola Bilangan
Peserta didik dapat n bilangan berikutnya dari suatu pola bilangan

 level C1
9
Diberikan gambar suatu pola bilangan, maka peserta didik dapat menentukan pola ke-n

level C 1
10
Barisan dan Deret Bilangan
Peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan

level C 2
11
Diketahui dua buah suku suatu barisan bilangan aritmatika, maka peserta didik dapat menentukan suku ke-n dari barisan tersebut dengan 35 ≤  n ≤ 50

level C 2
12
Diketahui dua buah suku suatu barisan bilangan geometri, maka peserta didik dapat menentukan suku ke-n dari barisan tersebut dengan              5 ≤ n ≤ 10

level C 2
13
4
3.11.  Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
Barisan dan Deret Bilangan
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan barisan dan deret aritmatika

level C 3
14
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri

level C 3
15
3
3.4.      Memahami perbandingan bertingkat dan persentase, serta mendeskripsikan permasalahan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
Perbandingan Bertingkat
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat, jika diketahui a : b dan b : c , serta nilai a – b

level C 1
16
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat, jika diketahui a : b dan a + b, serta a : b setelah bertambah n, dengan 3 ≤ n ≤ 10

level C 2
17
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat, jika diketahui a : b dan a : b setelah a berkurang sebanyak n dengan 3 ≤ n ≤ 10

level C 2
18
Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan bertingkat

level C 3
19, 20
4
5
3.6.      Memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan geometri melalui pengamatan
.

Kesebangunan dan Kekongruenan
Diketahui dua buah segitiga sama kaki kongkruen, peserta didik dapat menentkan luas segitiga ADE.

level 2
21
Disajikan gambar dua buah segitiga kongkruen yang saling berimpit, Peserta didik dapat menentukan panjang sisi pada segitiga.( sisi, sudut,sisi)

level 2
22
Segitiga siku – siku dengan garis tinggi ke sisi miring
Disajikan gambar dua buah segitiga sebangun yang saling berimpit, Peserta didik dapat menentukan besar sudut pada segitiga yg berimpit ( sisi, sudut, sisi)

level 2
23
Garis – garis sejajar pada segitiga sebangun
peserta didik dapat menentukan dua buah bangun yang sebangun.
level 1
24
Segitiga siku – siku dengan garis tinggi ke sisi miring
Disajikan gambar dua buah segitiga siku – siku berimpit  yang sebangun , peserta didik dapat menentukan panjang garis BD( garis tinggi )
level 2
25
Garis – garis sejajar pada segitiga sebangun
Disajikan gambar trapezium pada segitiga sebangun, peserta didik dapat menghitung panjang sisi EF pada trapezium.
level 2
26
6


3.7. Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

volume Tabung
Diketahui ukuran jari – jari dan tinggi tabung, peserta didik dapat menghitung volume tabung.


level 1
27
Luas permukaan
Diketahui tabung tampa tutup dengan ukuran tinggi dan diameter tabung, peserta ddik dapat menghitung luas permukaan tabung.

level 2
28
volume kerucut
Diketahui ukuran jari – jari dan garis pelukis kerucut. Peserta didik dapat menentukan volume kerucut.

level 1
29


3.7. Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

Luas selimut kerucut
Diketahui ukuran diameter alas dan tinggi kerucut, peserta didik dapat menghitung luas selimut kerucut.

level 2
30
volume bola
Diketahui diameter bola , peserta didik dapat menghitung volume bola

level 1
31

.8. Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya.

luas permukaan bola
Diketahui ukuran jari – jari bola, peserta didik dapat menghitung luas permukaan bola

level 1
32
luas permukaan tabung dan kerucut
Disajikan gambar gabungan tabung dan kerucut, Peserta didik dapat menghitung luas permukaan tabung dan kerucut
level 3
33

3.7. Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

Menghitung volume kerucut dan setengah bola
Disajikan gambar sebuah bandul ( gabungan kerucut dan setengah bola ) dengan ukuran ukurannya, peserta didik dapat menghitung berat ( volume ) bandul .

level 3
34

3.11. Menentukan nilai rata – rata, mdian, dan modus dari berbagai
Mean, median, modus
Disajikan tabel frekuensi ( nilai dan frekuensi ), peserta didik dapat menghitung median dan modus dari data pada table

level C 3
35

Mean, median, modus
Diberikan data nilai rata – rata beberapa siswa, dengan tambahan 3 siswa, peserta didik dapat menghitung nilai masing – masing siswa yang masuk.

level 3
36

3.12.Memilih Teknik penyajian data dua variable dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan antar variable berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
Diagram lingkar
Disajikan gabar diagram lingkaran dengan bagian berupa sudut, peserta didik dapat menentukan bagian yang belum diketahui besar sudutnya

level 3
37
Diagram batang
Disajikan gambar diagram batang yang menunjukkan hasil panen, peserta didik dapat menghitung rata – rata hasil panen pertahun.

level 2
38

3.11. Menentukan nilai rata – rata, mdian, dan modus dari berbagai jenis data
Mean ( rata – rata)
Diberikan data tunggal nilai siswa, peserta didik dapat menghitung nilai yang belum diketahui, jika rata – rata nilai di tentukan.
level C 2
39

3.12.Memilih Teknik penyajian data dua variable dan mengevaluasi keefektifannya, serta menentukan antar variable berdasarkan data untuk mengambil kesimpulan
Mean Data berkelompok
Disajikan table frekuensi peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai diatas rata – rata.
level C 2
40


















Mengetahui                                                                                                                                                                             Jakarta, 2 November 2017
Kepala Sekolah                                                                                                                                                                       Tim Penyusun

MGMP Matematika Kec. Cilincing





No comments:

Post a Comment