Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018
Sekolah : SMP NEGERI 121 JAKARTA
Mata pelajaran : MATEMATIKA
Kelas : VIII (Delapan)
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Banyak Soal : 40 Soal
No. Kompetensi Dasar Pokok Bahasan Indikator Soal Nomor soal
1 3.1  Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek Pola Bilangan Disajikan barisan bilangan yang memiliki beda sama, peserta didik dapat menentukan bilangan ke-10. 1
     
    Disajikan barisan bilangan fibonaci, peserta didik dapat menentukan dua bilangan selanjutnya. 2
     
      Disajikan barisan bilangan loncat 2 dengan pola, peserta didik dapat menentukan tiga bilangan selanjutnya. 3
       
      Disajikan barisan bilangan kuadrat, peserta didik dapat menentukan pola ke-n. 4
       
      Disajikan gambar pola noktah bilangan genap, peserta didik dapat menentukan bilangan pola ke-10.  5
       
      Disajikan gambar pola noktah persegi panjang, peserta didik dapat menentukan bilangan pola ke-20. 6
       
      Disajikan gambar pola noktah segitiga, peserta didik dapat menentukan pola ke-n. 7
       
      Diberikan permasalahan tentang desain taman berbentuk persegi yang dikelilingi oleh ubin berwarna putih, peserta didik dapat menentukan banyak ubin berwarna putih pada pola ke-15. 8
       
       
       
2 3.2  Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual Koordinat Kartesius Disajikan gambar koordinat kartesius yang memuat titik A,B,C dan D, Peserta didik dapat menentukan koordinat titik A. 9
     
     
    Disajikan gambar koordinat kartesius yang memuat titik A,B,C dan D, Peserta didik dapat menentukan letak kuadran titik B,C dan D. 10
     
       
      Disajikan gambar koordinat kartesius yang memuat titik A,B,C dan D, Peserta didik dapat menentukan koordinat titik D terhadap titik acuan A. 11
       
       
      Disajikan koordinat titik F, Peserta didik dapat menentukan nilai absis dan ordinat titik tersebut 12
       
      Disajikan gambar grafik beberapa garis lurus, peserta didik dapat menentukan dua garis yang sejajar.  13
       
       
      Disajikan gambar grafik beberapa garis lurus, peserta didik dapat menentukan garis yang sejajar dan berada disebelah kanan sumbu Y.  14
       
       
      Disajikan gambar grafik beberapa garis lurus, peserta didik menentukan kedudukan garis terhadap sumbu X dan subu Y. 15
       
       
      Diberikan permasalahan tentang denah perkemahan, peserta didik dapat menentukan posisi/kedudukan dua buah objek yang disajikan dalam koordinat kartesius. 16
       
       
       
3 3.3 mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram,
dan persamaan)
Relasi dan Fungsi Disajikan diagram kartesius, peserta didik dapat menentukan relasi untuk diagram kartesius. 17
     
    Peserta didik dapat memilih gambar diagram panah yang merupakan fungsi. 18
     
    Peserta didik dapat memilih dan menentukan himpunan pasangan berurutan yang merupakan fungsi. 19
     
     
      Disajikan suatu rumus fungsi, peserta didik dapat menentukan nilai peta/bayangan dari 4 dan -6. 20
       
      Disajikan suatu rumus fungsi dan rangenya, peserta didik dapat menentukan domain. 21
       
      Disajikan himpunan A dan himpunan B, peserta didik dapat menentukan banyak fungsi dari himpunan A ke himpunan B. 22
       
       
      Disajikan aturan yang memuat korespondensi satu-satu, peserta didik dapat menentukan arti kata yang dibuat dengan aturan tersebut. 23
       
       
      Disajikan suatu rumus fungsi, peserta didik dapat menentukan nilai penjumlahan dua buah fungsi. 24
       
4 3.4 menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual Persamaan Garis Lurus Peserta didik dapat menentukan titik potong suatu garis terhadap sumbu X dan sumbu Y. 25
   
    Disajikan gambar suatu garis lurus, peserta didik dapat menentukan nilai gradien garis tersebut. 26
     
    Peserta didik dapat menentukan gradien garis yang melalui dua titik yang diketahui. 27
     
    Peserta didik dapat menentukan gradien garis jika diketahui persamaan garis lurusnya. 28
       
      Disajikan gambar garis lurus yang memotong sumbu X dan sumbu Y, peserta didik dapat menentukan persamaan garisnya. 29
       
       
      Peserta didik dapat memilih gambar garis lurus yang sesuai dengan persamaan garis diketahui. 30
       
      Peserta didik dapat menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik. 31
       
      Peserta didik dapat menentukan persamaan garis yang melaui sebuah titik dan sejajar dengan garis lain 32
       
       
      Peserta didik dapat menentukan persamaan garis lurus yang melaui sebuah titik dan tegak lurus dengan garis lain. 33
       
       
      Diberikan permasalahan sebuah tangga yang disandarkan pada tembok, peserta didik dapat menentukan nilai kemiringan tangga terhadap tembok dan lantai.  34
       
       
       
5 3.5 menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari persamaan linear dua variabel. 35
   
  Peserta didik dapat menentukan titik potong dua persamaan linear dua variabel. 36
     
      Peserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari sistempersamaan linear dua variabel. 37
       
       
      Disajikan sistem persamaan linear dua variabel, peserta didik dapat menentukan nilai ax + by.  38
       
      Peserta didik dapat menentukan hasil kali dua bilangan asli jika diketahuijumlah dan selisih dua bilangan tersebut. 39
       
       
      Diberikan permasalahan tentang harga dua buah kue, peserta didik dapat menentukan berapa harga yang dibayarkan. 40
       
       

No comments:

Post a Comment