Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP   JAKARTA UTARA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jenjang Sekolah            :    Sekolah Menengah Pertama (SMP)                                                          Tahun Pelajaran                                      :    2017/2018
Kelas / Semester           :    VII / 1                                                                                                       Bentuk Soal                                          :    Pilihan Ganda
Mata Pelajaran              :    Seni Budaya                                                                                             Jumlah Soal                                           :    50

No. Urut
KOPETENSI DASAR
Materi / Sub Materi
Indikator Soal
Nomor Soal
1
2
3
4
5
1
Mendeskripsikan keunikan flora, fauna, dan alam benda Indonesia
Defini  gambar
Disajikan pernyataan peserta didik mampu menentukan definisi gambar
1
2
Mendeskripsikan keunikan flora, fauna, dan alam benda Indonesia
Pengertian menggambar
Disajikan pernyataan peserta didik mampu menentukan kegiatan menggambar
2
3

Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Motif  ragam hias  
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi motif ragam hias
3

4

Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Obyek menggambar
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi obyek atau model gambar dari alam.
4

5
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Teknik Menggambar
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan unsur-unsur dalam menggambar benda
5
6
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Media Gambar
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi media gambar
6
7
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Unsur unsur menggambar
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur menggambar
7
8.
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Komposisi
Disajikan sebuah gambar, peserta didik mampu menentukan salah satu bentuk  komposisi.

8
9.
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Langkah-langkah dalam menggambar
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan tahapan-tahapan menggambar flora yang tepat
9
10
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Disajikan gambar, peserta didik mampu  menentukan tahapan menggabar flora
10
11
Mengekspresikan diri melalui gambar flora, fauna, dan alam benda
Ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Disajikan gambar, peserta didik mampu  menentukan bentuk ragam  hias
11
12
Memahami    konsep dan prosedur  meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
Ragam hias flora dan fauna serta geometrik
Disajikan gambar, peserta didik mampu  menentukan bentuk ragam  hias
12
13
Memahami    konsep dan prosedur  meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
Menggambar bentuk
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu  mengidentifisi menggambar bentuk

13
14
Memahami    konsep dan prosedur  meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
Macam-macam  menggambar bentuk
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu  mengidentifisi menggambar bentuk
14
15
Memahami    konsep dan prosedur  meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
Macam-macam  menggambar bentuk
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu  mengidentifisi menggambar bentuk
15
16
Memahami    konsep dan prosedur  meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
Macam-macam  menggambar bentuk
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu  mengidentifisi contoh menggambar bentuk bebas
16
17
Memahami    konsep dan prosedur  meggambar gubahan flora dan fauna serta geometris menjadi ragam hias
Macam-macam  menggambar bentuk
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan prinsip-prinsip menggambar alam benda
17
18
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Lagu daerah
Disajikan potongan lagu, peserta didik mampu melengkapi syair aslah satu lagu daerah
18
19
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Lagu daerah
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan ciri-ciri lagu daerah
19
20
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Lagu daerah
Disajikan cuplikan syair lagu, peserta didik mampu mngidentifikasi judul lagu daerah
20
21
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Lagu daerah
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan keunikan  lagu daerah
21
22
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Melodi, akord dan harmoni
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan iringan harmoni dalam  lagu
22
23
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Teknik pernafasan
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan teknik pernafasan dalam bernyanyi
23
24
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia
Disajkan pernyataan peserta didik mampu menentukan jenis-jenis pernafasan
34
25
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan instrumen getar  pada vocal manusia
24
26
Mengidentifikasi keragaman lagu dan musik daerah sebagai warisan budaya indonesia.
Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan penyajian vocal penyanyi
30
27
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Lagu wajib nasional
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi lagu wajib nasional
25
28
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Lagu wajib nasional
Disajikan judul lagu wajib,  peserta didik mampu menentukan penciptanya.
26
29
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Lagu wajib nasional
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur-unsur musik
27
30
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Teknik bernyanyi
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan teknik mencuri nafas dalam bernyanyi
28
31
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Teknik bernyanyi
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan teknik dalam bernyanyi
29
32
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Teknik bernyanyi
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan menyusun ulang lagu
31
33
Menyanyikan lagu dengan berlatih teknik vokal, sesuai dengan gaya serta isi lagu,
Menyanyi unisono
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan bernyanyi dengan unisono
33
34
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Memainkan musik ansambel lagu-lagu daerah di indonesia,
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan  daerah asal alat musik tradisional.
35
35
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Memainkan musik ansambel lagu-lagu daerah di indonesia,
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi nama alat musik tradisional
36
36
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Memainkan musik ansambel lagu-lagu daerah di indonesia,
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi asal daerah  musik tradisional.
37
37
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Alat musik di Indonesia
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi alat musik melodis.
31
38
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Alat musik di Indonesia
Disajikan gambar, peserta didik mampu mengidentifikasi teknik memainkan alat musik.
38
39
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Alat musik di Indonesia

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi alat musik keroncong
39
40
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Alat musik di Indonesia

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi alat musik medolis.
43
41
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Alat musik di Indonesia

Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan alat musik berdasarkan cara memainkannya.
44
42
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Unsur-unsur Musik
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan nama tempat untuk meletakkan not balok.

40
43
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Unsur-unsur Musik
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jarak antar nada
41
44
Memainkan alat musik melodis lagu daerah sesuai dengan gaya dan isi lagu.
Unsur-unsur Musik
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan ketepatan bunyi tiap nada
42
45
Mengidentifikasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
Jenis tarian
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi jenis tarian
45
46
Mengidentifikasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
Jenis tarian
Disajikan nama tarian daerah, peserta didik mampu menentukan asal daerahnya
48
47
Melakukan gerak tari dengan menerapkan ruang, waktu, dan tenaga sesuai dengan iringan
Musik pengiring Tarian
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu menentukan fungsi musik pengiring tarian.
46
48
Mengidentifikasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
Pola lantai
Disajikan pernyataan,  peserta didik mampu menentukan pola lantai dalam tarian.
47
49
Mendeskripsikan elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga
Unsur pendukung tari
Disajikan pernyataan, peserta didik mampu mengidentifikasi unsur pendukung dalam seni tari.
49
50
Melakukan asosiasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan
tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat
Unsur gerak tari
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor yang membedakan gerak tari.
50


No comments:

Post a Comment