Powered By Blogger

Friday 8 December 2017

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN 2017-2018

Jenjang Pendidikan         : SMP                                                               Mata Pelajaran            : IPA
Bentuk Soal                     : Pilihan ganda                                                 Penyusun                     : Ririn Alriyanti,S.Pd & Dra. Eny Rosiany
Kelas/Semester                : IX/Ganjil                                                        Alokasi Waktu            : 120 menit
Kurikulum                       : Kurikulum 2006                                             Jumlah Soal                 : 40 butir
No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Tingkat kesukaran
Nomor Soal
1.



1.     Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia







































2.     Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup







































3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari



3.1. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan









1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia







1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan









2.1   Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan






2.2  Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3  Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.





2.4  Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan





3.1  Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari




3.2  Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari




3.3  Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

3.4  Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari

Sistem eksresi


Sistem eksresi

Sistem eksresi


Sistem eksresi


Penyakit sistem eksresi

Sistem reproduksi

Sistem reproduksi

Sistem reproduksi

Sistem reproduksi


Penyakit sistem reproduksi
Sistem syaraf


Sistem syaraf


Sistem syaraf


Sistem indera


Penyakit sistem indera

Kelangsungan hidup

Adaptasi fisiologi
Adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi

Adaptasi tingkah laku

Konsep pewarisan sifat


Persilangan monohibrid
Persilangan monohibrid

Persilangan dihibrid

Persilangan dihibrid

Kultur jaringan

Peningkatan produksi pangan


Kloning

Bahan bakar


Peningkatan produksi pangan

Listrik Statis


Hukum Coulomb








Listrik Dinamis


Hukum Ohm


Hukum Kirchoff



Elemen listrik









Daya Listrik


Energi Listrik
Disajikan gambar organ, peserta didik dapat menunjukkan organ penyusun sistem eksresi

Peserta didik dapat menjelaskan skema perjalanan urin

Disajikan gambar organ eksresi, peserta didik dapat menunjukkan fungsi salah satu organ

Disajikan gambar nefron, peserta didik dapat menunjukkan tempat terjadinya proses pembentukan urin

Peserta didik dapat menjelaskan salah satu penyakit yang menyerang sistem eksresi

Disajikan gambar organ-organ reproduksi wanita, peserta didik dapat menunjukan fungsi salah satu organ

Peserta didik dapat menyebutkan organ-organ reproduksi wanita

Disajikan gambar organ-organ reproduksi laki-laki, peserta didik dapat menunjukkan fungsi dua organ

Disajikan gambar embrio manusia, peserta didik dapat menunjukkan fungsi salah satu organ penunjung kehidupan embrio

Disajikan nama-nama penyakit reproduksi, peserta didik dapat menggolongkan mikroba penyebab penyakit
Disajikan gambar neuron, peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu bagian neuron

Peserta didik dapat menjelaskan skema jalannya impuls saraf pada gerak reflek

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu saraf pusat

Disajikan gambar alat indera, peserta didik dapat menjelaskan fungsi salah satu bagian organ yang ditunjuk

Disajikan gangguan penglihatan, peserta didik dapat manjelaskan gangguan penglihatan

Peserta didik dapat menjelaskan penyebab punahnya suatu mahluk hidup

Peserta didik dapat menjelaskan contoh adaptasi fisiologi

Disajikan tabel tipe mulut serangga, peserta didik dapat menunjukan tipe mulut srangga dengan tepat

Disajikan ciri-ciri morfologi tumbuhan, peserta didik dapat menjelaskan adaptasi tumbuhan

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan adaptasi tingkah laku

Peserta didik dapat menjelaskan jumlah kromosom pada sel tubuh/sel kelamin


Peserta didik dapat menerapkan persilangan monohibrid

Disajikan kasus persilangan monohibrid, peserta didik dapat menentukan prosentase perbandingan hasil persilangan

Disajikan kasus persilangan dihibrida, peserta didik dapat menentukan salah satu genotif hasil persilangan

Disajikan kasus  persilangan dihibrida, peserta didik dapat menentukan perbandingan hasil persilangan

Peserta didik dapat menjelaskan manfaat kultur jaringan

Disajikan pernyataan bioteknologi, peserta didik dapat menjelaskan contoh bioteknologi untuk meningkatkan produksi pangan

Peserta didik dapat menjelaskan tentang kloning

Peserta didik dapat menjelaskan manfaat bioteknologi dalam pengembangan bahan bakar

Disajikan nama-nama makanan, peserta didik dapat menunjukan produk hasil bioteknologi

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
membedakan hasil akhir dari penggosokkan beberapa benda

Peserta didik dapat menentukan jenis muatan listrik yang terjadi jika benda didekatkan dengan benda lain yang bermuatan listrik tertentu

Peserta didik dapat menjelaskan fungsi penangkal petir

Peserta didik dapat menghitung gaya tolak jika jarak pbenda diperkecil

Peserta didik dapat menghitung kuat arus jika besaran lain diketahui

Disajikan gambar rangkaian hambatan seri dan paralel, peserta didik dapat menghitung hambatan pengganti

Disajikan gambar rangkaian hambatan seri dan paralel, peserta didik dapat menghitung nilai kuat arus dari salah satu titik percabangan

Peserta didik dapat menyebutkan perubahan energi yang terjadi pada lampu pijar








Peserta didik dapat menentukan daya listrik dari sebuah alat listrik

Peserta didik dapat menghitung biaya pemakaian listrik selama satu bulan jika besaran lain diketahui

Sedang


Mudah

Sedang


Sulit


Sedang


Sedang


Mudah


Sulit


Sedang



Sedang

Sedang


Mudah 


Mudah


Sulit


Sedang


Sedang


Sedang 

Mudah


Sedang


Sedang


Mudah   



Mudah

Sedang


Sedang


Sulit


Mudah

Sedang



Sedang

Mudah


Sedang


Sedang


Sedang



Sedang

Sulit


Sulit


Sulit


Sedang



Mudah









Sedang


Sulit




1


2

3


4


5


6


7


8


9



10

11


12


13


14


15


16


17

18


19


20


21



22

23


24


25


26

27



28

29


30


31


32



33

34


35


36


37



38









39


      40















No comments:

Post a Comment