Powered By Blogger

Friday 8 December 2017

KISI –KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018
SMP NEGERI JAKARTA

            Jenis Sekolah               : Sekolah Menengah Pertama                                                                                         Alokasi Waktu               : 90 Menit
            Mata Pelajaran/Kelas     : PAI dan Budi Pekerti / VIII                                                                                            JumlahSoal                   : 50
Kurikulum                      : Kurikulum 2013                                                                                                            BentukTes                     : Pilihan Ganda
                                                                                                                                                                                                                                                           Disusun Oleh                         : Hj. Refrianten As Syarief SPd I                                                        
                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
No.
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
I N D I K A T O R      S O A L
NO. SOAL
   1.


   2




   3






   4
1  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2  Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

1.3.  Beriman kepada kitab-kitab suci yang diturunkan Allah Swt.

2.3.  Menghayati perilaku toleran sebagai implementasi dari beriman kepada kitabkitab Allah Swt.

3.3.   Memahami makna beriman  kepada Kitab- kitab Allah Swt.

4.3. Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

1. Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’ān
-      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian iman kepada kitab.
-      Ditampilkan pernyataan tentang kitab suci, peserta didik dapat menyebutkan jumlah kitab suci yang dimaksud..
-      Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan isi pokok ajaran dari kitab-kitab Suci.
-      Peserta didik dapat menjebutkan cara beriman kepada Nabi dan Rasul
-      Ditampilkan beberap nama surat dari Al-Qur’an, peserta didik dapat menunjukkan wahyu yang pertama diturunkan
-      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian suhuf
-      Ditampilkan QS. Al-‘A’la ayat:19, peserta didik dapat menjelaskan maksud yang terkandung dalam ayat tersebut.
-      Peserta didik dapat menyebutkan periode diturunkannya Al-Qur’an.
-      Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada kitab suci Al-Qur’an.
-      Peserta didik menyebutkan keistimewaan Al-Qur’an dari kitab 2 yang lain
-      Ditampilkan beberapa surat dan ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat menyebutkan wahyu yang terakhir diturunkan.

1

2


3


4

5


6

     7


8

9

10

11


1.5. Meyakini bahwa minuman keras, judi, dan pertengkaran adalah dilarang oleh Allah Swt.
2.5. Menghayati perilaku menghindari  minuman keras, judi, dan pertengkaran dalam kehidupan sehari-hari.
3.5. Memahami bahaya mengonsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran
4.5. Menyajikan dampak bahaya mengomsumsi minuman keras, judi, dan pertengkaran.
2. Menghindari Minuman Keras , judi , dan Pertengkaran
-      Ditampilkan beberapa macam minuman, peserta didik dapat menentukan minuman yang diharamkan

-      Ditampilkan salah satu ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam Qalqalah.

-      Peserta didik dapat menyebutkan salah satu akibat negatif dari berjudi.

-      Peserta didik dapat menjelaskan upaya syaitan menggoda manusia yang meminum khamar.

-      Peserta didik dapat menyebutkan tanda-tanda qalqalah kubro.

-      Disajikan sebuah tabel tentang ayat-ayat Al-Qur’an, peserta didik dapat menyebutkan huruf qalqalah.

12



13



14


15



16


17
1.6.Meyakini bahwa perilaku jujur dan adil adalah ajaran pokok agama.
2.6. Menghayati perilaku jujur dan adil dalam kehidupan sehari-hari.
3.6. Memahami cara menerapkan perilaku jujur dan adi

3. Mengutamakan kejujuran dan Menegakkan Keadilan
-      Peserta didik dapat menyebutkan dimana saja harus berlaku jujur.
.
-      Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh perilaku adil .

-      Peserta didik dapat memberikan contoh perilaku jujur dalam rumah tangga.

-      Peserta didik dapat menjelaskan perilaku sikap adil.

-      Peserta didik dapat mempraktekkan perilaku adil yang dicontohkan dalam Islam.

18


19


20


21


22
1.9. Melaksanakan salat sunah berjamaah dan munfarid sebagai perintah agama
2.9. Menghayati perilaku peduli dan gotong royong sebagai implementasi dari pemahaman salat sunah berjamaah dan munfarid.
3.9. Memahami tata cara salat sunah berjemaah dan munfarid.
4.9.  Mempraktikkan salat sunah berjamaah dan munfarid.
4. Lebih Dekat Kepada Allah dengan Mengamalkan Shalat Sunah
-      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian salat sunnah

-      Peserta didik dapat menjelaskan waktu pelaksanaan salah satu salat sunnah

-      Peserta didik dapat menyebutkan salat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah

-      Peserta didik dapat menyebutkan salat sunnah untuk memohon diturunkan hujan

-      Ditampilkan macam-macam shalat sunah. Peserta didik dapat menyebutkan shalat sunah yang dikerjakan secara munfarid.

-      Disajikan beberapa macam shalat sunah rawatib. Peserta didik dapat menentukan shalat sunah rawatib yang muakkad

-      Peserta didik dapat menyebutkan jumlah rakaat  shalat dhuha.

-      Peserta didik dapat menyebutkan  shalah  sunnah yang dikerjakan pada malam hari

-      Peserta didik dapat menyebutkan hikmah dari shalat sunah

23


    24


    25


    26



    27



    28



    29


   30


   31
1.10. Melaksanakan  sujud syukur, sujud tilawah, dan  sujud sahwi sebagai perintah agama
2.10 Menghayati perilaku santun sebagai implementasi dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.
3.10 Memahami tata cara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah

4.10 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

5. Jiwa lebih tenang dengan banyak melakukan Sujud
-      Ditampilkan ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pelaksanaan sujud, peserta didik dapat menentukan nama sujud yang dimaksud
-      Ditampilkan pernyataan contoh pelaksanaan  salah satu  sujud, peserta didik dapat menyebutkan sujud yang dimaksud.

-      Peserta didik dapat menyebutkan ketentuan sujud tilawah

-      Peserta didik dapat menyebutkan sebab-sebab pelaksanaan sujud sahwi.

-      Ditampilkan salah satu bacaan sujud Peserta didik dapat menerapkan waktu bacaan tersebut

-      Ditampilkan salah satu ayat. Peserta didik dapat menyebutkan bacaan dari ayat tersebut


-      Peserta didik dapat menyebutkan hikmah dari syukur


32



    33

    34


    35


   36


   37



   38



   39
1.13.Meyakini bahwa pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayah sebagai bukti nyata agama Islam dilaksanakan dengan benar.
2.13 Menghayati perilaku tekun sebagai implementasi dalam meneladani ilmuwan pada masa Bani Umayyah.
3.13 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Bani Umayyah.
4.13 Menyajikan rangkaian sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa Bani Umayyah.
6. Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah
-      Peserta didik dapat menyebutkan Khalifah pertama Bani Umayyah

-      Peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh yang berperan membangun sebuah masjid di Damaskus.

-      Peserta didik dapat menyebutkan nama pendiri Daulah Umayyah.

-      Peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh dan bidang keahliannya pada masa Bani Umayyah

   40


    41


 
42


43

1.1.Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan memahami -bahwa rendah hati, hemat, dan hidup sederhana adalah perintah agama.
2.1. Menghayati perilaku rendah hati, hemat, dan hidup sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Furqān/25: 63, Q.S. alIsrā’/17: 26-27 dan hadis terkait.
3.1. Memahami makna Q.S. al-Furqan/25: 63 dan Q.S. al Isra’/17 : 27 serta hadis terkait.
4.1.2  Menunjukkan hafalan Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. Al-Isra’/17: 26-27  serta Hadis terkait dengan lancar.
7. Rendah Hati, hemat, dan sederhana membuat hidup lebih mulia
   
-      Peserta didik dapat memberikan contoh perilaku rendah hati

-      Peserta didik dapat menyebutkan lawan dari sifat hemat

-      Ditampilkan QS. Al-Isra’ ayat 27, peserta didik dapat menjelaskan kandungan ayat tersebut

-      Ditampilkan salah satu ayat Al-Qur’an. Peserta didik dapat mencari Mad Thabi’I dalam ayat tersebut

-      Peserta didik dapat menyebutkan arti dari akhlak mahmudah

-      Peserta didik dapat memberikan contoh dari salah satu sifat terpuji

-      Peserta didik dapat memberikan contoh rendah hati


   44


45


    46



47



48


49


50



No comments:

Post a Comment