Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR SEMESTER





Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas   IX  (Sembilan)
Tahun Pelajaran 2017/1018



SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA


KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

      JENIS SEKOLAH                                   : SMP                                                                                                  ALOKASI WAKTU  : 90  MENIT
      MATA PELAJARAN                   : PKn                                                                                                  JUMLAH SOAL : 50 (LIMA PULUH)
      KURIKULUM ACUAN              : KTSP                                                                                              BENTUK SOAl   : PILIHAN GANDA
      BAHAN KELAS                          : IX ( Sembilan )                                                                                PEMBUAT SOAL     : 1. Purwoko (SMPN 143)
                                                                                                                                                                                                              2. Yusril (SMPN 266)

No
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No.
Soal
1
1.    Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
Pengertian negara
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian negara
1



Pengertian warga negara
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian warga negara menurut UU No. 12 Tahun 2006

2



Tujuan negara RI
Di sajikan pernyataan Peserta didik dapat menunjukkan tujuan negara RI yang tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945

3



Fungsi Negara

Disajikan 4 kolom, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom yang berisi  fungsi negara

4



Unsur negara
Disajikan pernyataan peserta didik  dapat menunjukkan unsur-unsur negara

5



Pengertian upaya bela negara
Peserta didik  dapat menjelaskan pengertian upaya pembelaan  negara

6



Pentingnya pembelaan negara
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menjelaskan alasan pentingnya upaya pembelaan negara dilakukan oleh setiap warga negara

7



 Perundang-undangan bela negara
Disajikan beberapa dasar hukum,  peserta didik dapat menunjukkan dasar hukum kewajiban membela negara bagi setiap warga negara
8



UUD 1945 pasal 30 ayat 1

Disajikan  4 isi pasal dalam UUD  1945, Peserta didik dapat menunjukkan bunyi pasal 30 ayat 1
9



UUD 1945 Pasal 27  ayat 3
Disajikan gambar bela negara peserta didik dapat menunjukkan  pasal dalam UUD 1945 yang sesuai gambar tersebut

10





Peserta didik dapat menunjukkan pasal  yang mengatur sistem hankamrata

11



Komponen pertahanan negara
Disajikan gambar Hansip peserta didik dapat menunjukkan komponen pertahanan negara dari gambar tersebut

12


1.2  Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara

Bentuk-bentuk usaha pembelaan negara .
Disajikan 4  pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh bentuk-bentuk usaha pembelaan negara

13



Sistem Hankamrata     

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian sistem hankamrata
14



Bentuk-bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara
Disajikan 5 Pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan 4  bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara yang datang dari dalam negeri

15





Disajikan 5 Pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan 4  bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara yang bersifat militer

16




Pengertian pertahanan negara
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pertahanan negara sesuai UU No.. 3 tahun 2002.

17




Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan 3 tugas Polisi

18



Wawasan nusantara
Peserta didik dapat menjelaskan makna satu kesatuan hankam dalam wawasan nusantara
19


1.3 Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara
Bentuk partisipasi usaha bela Negara
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan bentuk partisipasi  dalam usaha bela negara di lingkungan masyarakat

20




Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan partisipasi usaha bela negara sesuai profesi.

21




Peserta didik dapat menunjukkan sikap kecintaan terhadap negara RI sebagai wujud upaya bela negara
.
22



Partisipasi bela negara
Disajikan 4 gambar, peserta didik dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan bentuk partisipasi masyarakat dalam bela negara.

23



Sikap warga negara, jika negara diserang musuh.

Disajikan 4  pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 sikap yang terbaik sebagai warga negara jika negara diserang  musuh

24



Keikutsertaan warga negara dalam pembelaan negara 


Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan keikutsertaan warga negara  dalam  usaha  pembelaan negara. menurut pasal 9 ayat 2 UU nomor 3 tahun 2002.
25
2
Memahami pelaksanaan otonomi daerah
2.1 Mendeskripsikan Pengertian otonomi daerah
Pengertian Otonomi Daerah.                           
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian otonomi daerah

26



Pentingnya pelaksanaan otonomi daerah
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan otonomi daerah


27
1.       


. Perundang-undangan Otonomi daerah
Disajikan perundang-undangan, Peserta didik dapat menunjukkan Undang-Undang yang merupakan landasan hukum tentang pelaksanaan otonomi daerah


28
2.       


Azas-azas  Otonomi daerah
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 azas otonomi daerah
 

29
3.       



Peserta didik dapat menjelaskan azas dekonsentrasi dalam otonomi daerah

30
4.       


Kewenagan dalam otonomi daerah
Disajikan 4 kolom  data, Peserta didik dapat menunjukan 2 kolom yang berisi kewenangan pemerintah pusat dalam otonomi daerah


31



Pemekaran daerah otonomi
Disajikan 6 pernyataan, peserta didik dapat menunjukan  3 syarat pemekaran daerah otonomi

32



Provinsi hasil pemekaran setelah adanya otonomi daerah
Disajikan 4 kolom yang berisi provinsi di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom berisi provinsi yang dimekarkan setelah  adanya otonomi daerah


33




Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan dampak negatif otonomi daerah

34



Pengertian pemerintah daerah
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  pemerintah daerah menurut perundang-undangan.

35




Disajikan 4 kolom yang berisi provinsi di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom berisi provinsi yang diberikan otonomi khusus dalam pelaksanaan otonomi daerah

36



Hak-hak DPRD 
Disajikan 4 kolom  yang berisi hak, peserta didik dapat menunjukan 2 kolom yang berisi hak yang dimiliki DPRD 

37



Tugas dan wewenang Kepala Daerah
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 tugas dan wewenang  Kepala Daerah

38



Lembaga eksekutif
Disajikan 4 kolom  beberapa jabatan di daerah, peserta didik dapat mnenunjukkan 2 kolom lembaga eksekutif.

39



Fungsi DPRD.
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan 2 fungsi legislasi bagi DPRD 
40



Peraturan daerah.
Peserta didik dapat menunjukkan lembaga yang mengesahkan  Perda

41


2.2  Menjelaskan Pentingnya partisipasi masyarakt dalam perumusan kebijakan publik di daerah

Perumuskan kebijakan publik di daerah .
Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam  merumuskan kebijakan publik di daerah
42




Disajikan 5 pernyataan , Peserta didik dapat menunjukan 2 hal yang perlu diperhatikan pemerintah  dalam membuat kebijakan publik

43



Dampak negatif kebijakan
Disajikan 5 pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan 4 dampak negatif kebijakan publik jika tidak sesuai dengan  aspirasi masyarakat


44



Partisipasi aktif rakyat dalam perumusan kebijakan publik .
Peserta didik dapat menunjukkan partisipasi aktif rakyat dalam perumusan kebijakan publik

45




Peserta didik dapat menunjukan contoh partisipasi aktif masyarakat bila kebijakan publik di daerah tidak aspiratif

46




Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah
Disajikan 5  pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 3 contoh peran serta masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah

47



Keberhasilan pembangunan daerah dalam  otonomi daerah
Peserta didik dapat menunjukan pihak yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan pembangunan daerah dalam otonomi daerah

48




Konsekwensi akibat ketidak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
Disajikan 5 pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 3 konsekwensi akibat ketidak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik


49



Langkah aktif masyarakat dalam memecahkan masalah pelaksanaan otonomi daerah
Peserta didik dapat menunjukan langkah aktif masyarakat dalam memecahkan masalah dalam  pelaksanaan otonomi daerah

50





No comments:

Post a Comment