Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SATUAN PENDIDIKAN :      SMP
MATA PELAJARAN       :      IPS Terpadu
KELAS/SEMESTER        :      IX (Sembilan)/Ganjil
WAKTU                             :      120  Menit

NO
STANDAR KOMPETENSI/ KOMPETENSI DASAR
MATERI PELAJARAN
INDIKATOR SOAL
PG/
URAIAN
No
Soal
         1.








1.       Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
1.1   Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
1.2   Mendes-krepsikan Perang Dunia II (termasuk penduduk-an Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
2.       Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
2.1   Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
2.2   Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
3.       Memahami perubahan sosial budaya.
3.1   Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat.


4.      Memahami Lembaga Keuangan dan Perdagangan
4.1  Mendeskripsi-kan uangdan lembaga  keuangan
Negara maju dan berkembang

Disajikan beberapa pernyataan , peserta didik dapat menentukan ciri negara berkembang di bidang ekonomi
PG
1
Disajikan peta benua amerika, siswa dapat menunjukkan  dua negara  maju  di benua tersebut
PG

2

Disajikan beberapa gambar permasalahan negara di dunia, peserta didik dapat menentukan salah satu permasalahan yang terjadi di negara maju
PG

3

Disajikan sebuah  teks berita yang di unduh dari web CNN Indonesia, peserta didik dapat menentukan pernyataan  yang tidak sesuai dengan  isi berita
PG

4

Perang Dunia II dan pengaruhnya terhadap Indonesia (1939-1945)
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu faktor yang mendorong negara Jepang terlibat dalam Perang dunia kedua
PG

5

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan  dampak positif dari masa pendudukan Jepang di Indonesia
PG

6

Negara maju dan berkembang
Disajikan tabel negara-negara di dunia, peserta didik dapat menentukan beberapa negara yang  termasuk negara berkembang pada tabel tersebut
PG
7
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (1945-1949)

Peserta didik dapat menentukan jenis serangan yang dilakukan TNI dalam  merebut kota Yogyakarta dari tangan  penjajah
PG

8

Disajikan gambar suatu tempat, peserta didik dapat menentukan nama peristiwa bersejarah yang berlangsung di tempat tersebut
PG

9

Peserta didik dapat menentukan faktor yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia-Belanda pada awal kemerdekaan
PG

10
Perubahan sosial budaya
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan bentuk perubahan sosial yang terjadi
PG
11
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (1945-1949)
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan hasil-hasil  perundingan linggarjati
PG

12
Uang dan Lembaga Keuangan
Disajikan gambar salah satu jenis uang giral, peserta didik dapat menentukan fungsinya
PG
13
Indonesia Pasca pengakuan kedaulatan (1950-1966)
Peserta didik dapat menentukan isi dari dekrit presiden
PG
14
Perubahan sosial budaya
Disajikan ilustrasi tentang perubahan sosial budaya, peserta didik dapat memilih gambar yang tepat sesuai ilustrasi
PG
15
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan faktor-faktor  penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam
PG
16
Peserta didik dapat menyebutkan  nama tokoh  dengan pendapatnya tentang perubahan sosial budaya
PG
17
Peserta didik dapat menentukan suatu   istilah  asing tentang perubahan sosial budaya
PG
18
Peserta didik dapat memilih gambar yang tepat tentang perubahan sosial budaya dalam bidang pertanian
PG
19
Peserta didik dapat menentukan sikap terhadap berbagai bentuk perubahan sosial budaya di masyarakat
PG
20

Peserta didik dapat memberi contoh  penghambat perubahan sosial budaya
PG
21
Disajikan ilustrasi tentang harga BBM, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat sesuai dengan ilustrasi
PG
22
Uang dan Lembaga Keuangan
Disajikan logo sebuah lembaga keuangan, peserta didik dapat menentukan motto lembaga keuangan tersebut
PG
23


Peserta didik dapat menentukan pengertian dari salah satu jenis uang giral
PG
24
Perdagangan internasional
Disediakan tabel valuta asing, peserta didik dapat menghitung soal berdasarkan  nilai kurs yang berlaku
PG
25

Disajikan logo sebuah jasa pelayanan Bank, peserta didik dapat menentukan jenis jasa yang dapat diperoleh masyarakat
PG
26
Disajikan sumber dan  penggunaan devisa, peserta didik dapat menentukan  sumber devisa negara
PG
27
Disediakan tabel  neraca perdagangan Indonesia, peserta didik dapat menentukan kesimpulan yang tepat berdasarkan  hasil analisa terhadap tabel tersebut
PG
28
Negara maju dan berkembang
Disediakan peta benua Australia, peserta didik dapat menentukan alasan  penentuan  sebagai negara maju
PG
29
Perjuangan mempertahankan kemerdekaan (1945-1949)
Disediakan beberapa pernyataan , peserta didik dapat menentukan hasil perundingan KMB yang berpengaruh terhadap perkembangan politik di Indonesia
PG
30
Peserta didik dapat menunjukkan gambar tokoh  pemimpin delegasi Indonesia dalam perundingan Linggarjati
PG
31
Perubahan sosial budaya
Peserta didik dapat menyebutkan  usaha yang dapat dilakukan untuk menghindari atau meminimalisir dampak negatif  dari perubahan sosial
PG
32


Uang dan Lembaga Keuangan
Peserta didik dapat menyebutkan  alasan masyarakat primitif  mulai meninggalkan sistem barter
PG
33


Indonesia Pasca pengakuan kedaulatan (1950-1966)
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk-bentuk penyimpangan terhadap politik luar negeri Indonesia pada masa demokrasi terpimpin
PG
34


Disajikan gambar  suasana pemilu 1955, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang tepat berdasarkan gambar
PG
35


Uang dan Lembaga Keuangan
Disediakan beberapa pernyataan tentang syarat-syarat benda,  peserta didik dapat menentukan dengan tepat bendayang  dapat dijadikan uang
PG
36


Disediakan tabel beberapa produk bank, peserta didik dapat menentukan produk bank perkreditan rakyat
PG
37


Disediakan gambar bank dan ilustrasi tentang bank, peserta didik dapat menentukan tugas pokok bank tersebut
PG
38



Peserta didik dapat menentukan nilai nominal dan nilai intrinsik mata uang
PG
39



Disediakan beberapa logo bank, peserta didik dapat menentukan bank milik pemerintah
PG
40


Perubahan sosial budaya
Peserta didik dapat menentukan  ciri-ciri perubahan sosial pada masyarakat
PG
41


Disajikan ilustrasi tentang kontak sosial, peserta didik dapat menentukan gambar wujud perubahan budaya akibat adanya kontak dengan budaya lain.
PG
42


Uang dan Lembaga Keuangan
Disediakan beberapa pernyataan tentang  fungsi uang, peserta didik dapat menentukan  fungsi turunan  uang
PG
43


Disediakan tabel valuta asing, peserta didik dapat menghitung soal berdasarkan  nilai kurs yang berlaku
PG
44


Perang Dunia II dan pengaruhnya terhadap Indonesia (1939-1945)
Disediakan gambar, peserta didik dapat menentukan nama tokoh yang sangat berpengaruh pada perang dunia kedua
PG
45


Uang dan Lembaga Keuangan
Peserta didik dapat menentukan logo bank milik pemerintah yang menangani masalah kartu jakarta pintar
PG
46


Perubahan sosial budaya
Disajikan tujuh unsur kebudayaan, peserta didik dapat menyebutkan nama tokoh yang mempopulerkannya
PG
47


Perdagangan Internasional
Disajikan diagram batang nilai ekspor hasil perikanan Indonesia ke Jepang, peserta didik dapat menyimpulkan hasil ekspor dalam tujuh tahun terakhir
PG
48


Perdagangan Internasional
Disediakan grafik neraca perdagangan, peserta didik dapat menentukan neraca perdagangan aktif
PG
49


Indonesia Pasca pengakuan kedaulatan (1950-1966)
Disajikan daftar nama operasi, peserta didik dapat menentukan nama operasi penumpasan PRRI di Sumatra Barat
PG
50


Jakarta, 2 November 2017
Guru IPS Kelas IX




 Sri Wahyuni, M.Pd
NIP. 197211202008012009
           













No comments:

Post a Comment