Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) JAKARTA UTARA WILAYAH II

KISI–KISI SOALULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018

Mata Pelajaran                    :  Matematika
Kurikulum                          :  KTSP 2006                                           Penyusun :
K e l a s                               :  IX                                                                                                            1. Sri Husnati, M.Pd. (SMP N 200)               
Alokasi  Waktu                   :  120menit                                                                                                 2. Agus Setiawan, S.Pd (SMP N 53)
Banyak Soal                       :  40 Soal
Bentuk  Soal                       :  Pilihan Ganda                                           Jakarta, 31 Oktober 2017
No
STANDAR Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
MATERI
Indikator
No.
Soal
1
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1 Mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen


Kesebangunandankongruensibangundatar
·     Peserta didik dapat menentuka dua bangun yang pasti sebangun.
·     Diberikan ukuran sebidang tanah berbentuk persegipanjang danukuran4 bangun  persegipanjang yang berbeda, peserta didik dapat menentukansalah satu bangun yang  sebangun dengan sebidang tanah tersebut.
·      Disajikan gambar dua segitiga sebangun yang salah satu sudutnya berhimpit dan  memiliki sisi sejajar,  peserta didik dapat menentukan pasangan sisi yang mempunyai perbandingan yang sama (sebanding).
·     Disajikan dua gambar trapesium yang sebangun dan mempunyai ukuran yang diperlukan, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisinya.
1
2



3


4
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen





Kesebangunandankongruensisegitiga.
·      Diberikan dua segitiga kongruen (tanpa gambar)  dengan ukuran sudut yang diperlukan diketahui,pesertadidikdapat menentukan pernyataan yang benar diantara pasangan sisi yang sama panjang .
·      Disajikan gambar bangun yang memuat beberapa pasang segitiga kongruen, peserta didik dapat menentukan banyak pasangan segitiga yang kongruen.
·      Diberikan dua segitiga kongruen (tanpa gambar)  dengan ukuran panjang sisi yang diperlukan diketahui,pesertadidikdapat menentukan pasangan sudut yang sama besar.
·      Disajikan gambar dua segitiga sebangun yang salah satu sudutnya berhimpit dan  memiliki sisi sejajar serta panjang sisi yang diperlukan diketahhui,  peserta didik dapat menentukan panjang salah satu sisi yang ditentukan.
·      Disajikan gambar 2 segitiga kongruen dan unsur yang diperlukan diketahui,  peserta didik dapat menentukan alasan (syarat)  kedua segitiga itu  kongruen.
5


6


7



8



9
1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah


·   Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep  kesebangunan segitiga 
·   Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan konsep kesebangunan  segiempat
·   Disajikan 2 gambar trapesium sebangun yang kedua sudutnya berhimpit sedemikian hinggaterdapat 3 ruas garis sejajar yang terbentuk,  peserta didik dapat menentukan panjang salah satu ruas garissejajarjika unsur yang diperlukan diketahui.
10


11

12

2
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola

Unsur-unsurtabung, kerucut, dan bola
·  Peserta didik dapat menyebutkan salah satu unsurbangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut atau bola), yang ditunjukkan dengan gambar.
·  Disajikan gambar satu bangun ruang sisi lengkung, peserta didik dapat menentukan banyaknya rusuk atau sisi pada bangun ruang tersebut.
13


14
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola

Luasdan volume tabung, kerucut, dan bola
·  Pesertadidikdapat menghitung volume kerucut, jika tinggi dan jari-jari atau diameter alas diketahui, dan  .
·  Pesertadidikdapat menghitung luas permukaan tabung tanpa tutup, jika jari-jari dan tingginya diketahui .
·  Pesertadidikdapat menentukan volum bola, jika diameternya atau jari jarinya diketahui. .
·  Peserta didik dapat menghitung volumetabung, jika panjang diameter  atau jari-jari alas dan tinggi tabung diketahui, dan  .
·  Peserta didik dapat menghitung luas permukaan kerucut, jika jari-jari alas dan tingginya diketahui, dan  .
15

16


17

18

19
2.3 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola


Penggunaankonsepluasdan volume untukpemecahanmasalahberkaitandengantabung, kerucut, dan bola
·  Pesertadidikdapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas gabungan tabung dan kerucut.
·  Disajikangambarsebuah benda yang terbentuk dari tiga bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, bola), dan unsur yang diperlukan diketahui, peserta didik dapat menghitung volume benda tersebut.
·  Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bola.
·  Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volumtabung.
·  Peserta didik dapat menghitung perbandingan volume dua buah kerucut yang tingginya sama dan jari-jarinya berbeda.
20

21


22


23

24

3
Melakukan pengolahan dan penyajian data

3.1   Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya

Mean, median, dan modus
· Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan modus dari data tersebut.
· Peserta didik dapat menentukan nilai yang belum diketahui, jika nilai rata-rata dan  data ( 6  Y  19 ) yang disajikan.
· Diberikannilai modus sejumlah data yang salahsatudatanyadalambentukvariabel, pesertadidikdapatmenentukanmedian data tersebut.
· Diberikan nilai rata-rata sejumlah data pertama dan nilai rata-rata sejumlah data kedua, peserta didik dapat menentukan nilai rata-rata selisih data yang pertama dan kedua
25


26

27


28
3.2   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran

·  Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan median dari data tersebut.
·  Disajikan data dalam tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan banyak siswa yang mendapat nilai lebih dari nilai tertentu.
·  Disajikan data nilai peserta ujian dalam tabel frekuensi, peserta didik dapat menentukan banyak pesertaujianyang mendapat nilai kurang dari nilai rata-rata.
·  Disajikan data dengan diagram batang, peserta didik dapat menghitung nilai rata-ratanya.
·  Diberikan diagram lingkaran dengan n juring(3), siswa dapat menentukan banyaknya data pada salah satu juring, jika data seluruhnya diketahui.
29

30


31


32

33

4
Memahami peluang kejadian sederhana
4.1   Menentukan ruang sampel suatu percobaan

·  Siswa dapat menentukan banyaknya titik sampel suatu kejadian dari percobaan melempar sebuah dadu.
·  Diberikan suatu percobaan mengambil bola secara acak dari dalam sebuah kantong, peserta didik dapat menentukan banyaknyaruang sampel kejadian tertentu.

34

35

4.2   Menentukan peluang suatu kejadian sederhana

·  Peserta didik dapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan melempar dua buah dadu.
·  Peserta didik dapat menentuka  peluang kejadian tertentu pada huruf-huruf pembentuk suatu kata
·  Pesertadidikdapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan melempar 3 buah uang logam.
·  Peserta didik dapat menentukan peluang kejadian tertentu pada percobaan pengambilan sebuah bola dan tidak dikembalikan ke dalam kantong.
·  Peserta didik dapat menentukan peluang kejadian tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
36


37

38

39


40



No comments:

Post a Comment