Powered By Blogger

Thursday 7 December 2017

KISI-KISI SOAL
 PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS)
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SEKOLAH                             : SMP NEGERI 173 JAKARTA                                                                                                                                                         DISUSUN OLEH                 :YETI CHUSNUL HIDAYATI, M.Pd
MATA PELAJARAN           : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL                                                                                                                                                  BENTUK SOAL                    : PG       
KELAS/SEMESTER             :VIII/GANJIL                                                                                                                                                                                       JUMLAH SOAL                   : 50 BUTIR
KURIKULUM ACUAN      : KURIKULUM 2013                                                                                                                                                                          ALOKASI WAKTU              : 120 MENIT
KOMPETENSI                     : PENGETAHUAN

KOMPETENSI DASAR
TEMA/SUB. TEMA
MATERI
INDIKATOR SOAL
LEVEL KOGNITIF
NOMOR SOAL
3.1. Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan Negara-negara ASEAN yang diakibatkan factor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, Pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, social, budaya, politik
1. Interaksi Keruangan dalam Negera-Negara ASEAN




A.       Mengenal Negara-negara ASEAN
Sejarah berdirinya ASEAN
Peserta didik dapat menunjukan perjanjian yang melatar belakingi berdirinya ASEAN
Level 1
(Pemahaman)
1
Disajikan gambar lambang ASEAN, peserta didik dapat mendeskripsikan arti warna pada lambang ASEAN.
Level 1
(Pemahaman)
2
Letak geografis negara-negara ASEAN
Peserta didik dapat menunjukkan negara ASEAN yang tidak memiliki laut
Level 1
(Pemahaman)
3
Ciri-ciri bentuk negara anggota ASEAN
Peserta didik dapat menjelaskan istilah kata elongated pada ciri-ciri negara ASEAN
Level 2
(Aplikasi)
4
Disajikan tabel, peserta didik dapat memberi contoh Negara yang berbentuk Protruded
Level 2
(Aplikasi)
5
Identitas Negara-negara ASEAN
Perserta didik dapat menunjukkan lagu kebangsaan salah satu Negaraanggota ASEAN
Level 1
(Pemahaman)
6
Peserta didik dapat menyebutkan bentuk pemerintahan salah satu Negara anggota ASEAN
Level 1
(Pemahaman)
7
Keadaan Alam
Peserta didik dapat menjelaskan letak astronimis Negara Brunei Darussalam
Level 1
(Pemahaman)
8

Disajikan daftar, peserta didik dapat menentukan kesultanan yang berada di Malaysia bagian barat.
Level 1
(Pemahaman)
9
Peserta didik dapat menganalisa akibat wilayah yang dilalui lipatan sirkum pasifik
Level 3
(Penalaran)
10
Peserta didik dapat mengidentifikasi  bentuk karakteristik budaya yang diakibatkan perbedaan iklim kawasan negara-negara ASEAN
Level 1
(Pemahaman
11
Peserta didik dapat menyebutkan Negara anggota ASEAN yang memiliki dua iklim
Level 1
(Pemahaman)
12
Peserta didik dapat menunjukkan sungai yang terpenting di Kamboja
Level 1
(Pemahaman
13
Sumber Daya Alam
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan hasil perkebunan utama yang dihasilkan di Malaysia
Level 1
(Pemahaman)
14
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan Negara penghasil padi berkualiatas tinggi.
Level 2
(Aplikasi)
15
Peserta didik dapat menjelaskan Negara anggota ASEAN yang tidak memiliki sumber minyak bumi.
Level 1
(Pemahaman)
16
Sumber Daya Manusia
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan Negara anggota ASEAN dengan jumlah penduduk tertinggi.
Level 1
(Pemahaman)
17
B.      Interaksi Antar Negara-negara ASEAN
Faktor Pendorong Kerjasaama di Kawasan ASEAN.
Peserta didik dapat menjelaskan factor pendorong bentuk kerjasama OPEC
Level 1
(Pemahaman)
18
Faktor Penghambat Kerjasama di Kawasan ASEAN
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat menganalisa factor penghambat kerjasama di kawasan ASEAN
Level 3
(Penalaran)
19
Bentuk-bentuk Kerjasama Bidang Sosial Budaya
Peserta didik dapat memberikan contoh kerjasama dibidang sosial budaya
Level 2
(Aplikasi)
20
Bentuk-bentuk Kerjasama Bidang Pendidikan
Peserta didik dapat memberikan contoh bentuk kerjasama dibidang pendidikan
Level 2
(Aplikasi)
21
C.      Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap kehidupan di Negara-negara ASEAN
Perubahan Ruang dan dan Interaksi Antarruang Akibat Faktor Alam
Peserta didik dapat menunjukkan lokasi terjadinya badai Haiyan tahun 2014
Level 1
(Pemahaman)
22
Peserta didik dapat menjelaskan tentang fenomena yang terjadi yang berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi interaksi antarruang
Level 3
(Penalaran)
23
Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian konversi lahan
Level 1
(Pemahaman)
24
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan aktifitas lain dari dampak pengaruh perubahan komitmen kebudayaan ASEAN
Level 3
(Penalaran)
25
3.2. Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan.
2. Pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial dan kebangsaan




A.       Mobilitas sosial
Pengertian mobilitas sosial
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian mobilitas sosial
Level 1
(Pemahaman)
26
Bentuk-bentuk mobilitas sosial
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan bentuk-bentuk mobilitas sosial
Level 1
(Pemahaman)
27
Disajikan ilistrasi, peserta didik dapat memberikan contoh bentuk mobilitas horizontal
Level 2
(Aplikasi)
28
Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh mobilitas sosial vertikaal ke atas
Level 2
(Aplikasi)
29
Faktor-faktor pendorong dan penghambat mobilitas sokial
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan faktor pendorong mobilitas sokial
Level 1
(Pemahaman
30
Peserta didik dapat memberikan contoh faktor pendorong mobilitas sosial
Level 2
(Aplikasi)
31
Peserta didik dapat menunjukkan factor penghambat mobilitas sosial
Level 1
(Pemahaman)
32
Saluran-saluran mobilitas sosial
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan contoh saluran mobilitas sosial
Level 1
(Pemahaman)
33
Dampak mobilitas sosial
Peserta didik dapat menunjukkan dampak positif mobilitas sosial
Level 1
(Pemahaman)
34
B.      Pluralitas Masyarakat Indonesia
Pengertian Pluralitas
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pluralitas
Level 1
(Pemahaman)
35
Disajikan data, peserta didik dapat menunjukkan pluralitas masyarakat Indonesia
Level 3
(Penalaran
36
Perbedaan budaya
Peserta didik dapat menunjukkan wujud budaya
Level 3
(Penalaran)
37
Perbedaan suku bangsa

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan ciri khas kerajinan masyarakat daerah
Level 2
(Aplikasi)
38
Peserta didik dapat menjelaskan dampak positif keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Level 1
(Pemahaman)
39
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan suku bangsa di Jawa Timur
Level 1
(Pemahaman)
40
Disajikan daftar, peserta didik dapat menunjukkan unsur-unsur kebudayaan yang dianggap sebagai budaya universal
Level 3
(Penalaran)
41

Peserta didik dapat menyebutkan tarian daerah yang sangat terkenal dimancanegara
Level 2
(Aplikasi)
42
Peran dan fungsi keragaman budaya
Peserta didik dapat menjelaskan peran dan fungsi keragaman budaya dalam pembangunan nasional
Level 1
(Pemahaman)
43
C.      Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial
Konflik dalam kehidupan sosial
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian konflik
Level 1
(Pemahaman)
44
Peserta didik dapat mennyebutkan akar dari konflik
Level 3
(Penalaran)
45
Disajikan daftar peserta didik dapat menjabarkan faktor-faktor penyebab konflik
Level 1
(Pemahaman)
46
Inegrasi sosial
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian integritas sosial
Level 1
(Pemahaman)
47
Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses integrasi
Level 1
(Pemahaman)
48
Peserta didik dapat menjelaskan integrasi fungsional
Level 1
(Pemahaman)
49
Peserta didik dapat menjelaskan perngertian asimilasi
Level 1
(Pemahaman
50

Catatan: berdasarkan materi dari Puspendik2017,
bahwa dalam menyusun kisi-kisi soal ada 3 (tiga)Level Kognitif:
1.       Level 1 (Pengetahuan/Pemahaman), terdiri dari C1 dan C2.
2.       Level 2 (Aplikasi) terdiri dari C3

3.       Level 3 (Penalaran) terdiri dari C4, C5, C6

No comments:

Post a Comment