Powered By Blogger

Friday 24 May 2013

BIOGEOGRAFI EVOLUSI - BAGAIMANA FLORA DAN FAUNA DIDISTRIBUSIKAN DI SELURUH DUNIA?

BIOGEOGRAFI EVOLUSI - BAGAIMANA FLORA DAN FAUNA DIDISTRIBUSIKAN DI SELURUH DUNIA?

Distribusi geografis spesies dapat dari beberapa jenis

Pertimbangkan distribusi dari tiga spesies toucans di Ramphastos genus.
• Penyebaran distribusi
Dua dari spesies, vitellinus R. dan cluminatus R., memiliki distribusi endemik: mereka terbatas pada daerah tertentu. Penyebaran distribusi bisa lebih atau kurang luas.
• Cosmopolitan distribusi
Kasus ekstrim spesies yang ditemukan di semua benua dunia disebut kosmopolitan. merpati itu, misalnya, ditemukan di semua benua kecuali Antartika, pada definisi yang ketat, merpati (foto berlawanan) mungkin tidak diizinkan untuk kosmopolitan, namun istilah ini biasanya dimaksudkan kurang ketat - dan merpati disebut spesies kosmopolitan .
• terpisah distribusi
spesies lain, seperti ariel R., tidak terbatas pada daerah tunggal, tetapi didistribusikan di lebih dari satu daerah dengan perbedaan di antara mereka: ini disebut distribusi terpisah.

Peta dapat digambar untuk suatu kelompok taksonomi pada setiap tingkat Linnaean: sama seperti spesies memiliki distribusi geografis, demikian juga marga, keluarga, perintah. Biogeografi bertujuan untuk menjelaskan distribusi dari taksa lebih tinggi pula, di samping mereka spesies, dan proses jelas berbeda sering tepat pada tingkat yang berbeda.

Gerakan jangka pendek individu mempengaruhi distribusi populasi dan spesies, sedangkan lebih lambat bertindak proses geologi dapat mengontrol biogeografi taksa lebih tinggi. 

No comments:

Post a Comment