Powered By Blogger

Friday 24 May 2013

BIOGEOGRAFI EVOLUSI - BAGAIMANA FLORA DAN FAUNA DIDISTRIBUSIKAN DI SELURUH DUNIA?

BIOGEOGRAFI EVOLUSI - BAGAIMANA FLORA DAN FAUNA DIDISTRIBUSIKAN DI SELURUH DUNIA?

Indeks kesamaan

Pembagian ke dalam daerah dibuat sesuai dengan tingkat kesamaan antara daftar spesies hidup di berbagai tempat. Biogeografi kesamaan bisa diukur oleh berbagai indeks kesamaan. Salah satu indeks yang paling sederhana adalah indeks Simpson.

Jika N 1 adalah jumlah taksa di daerah dengan jumlah yang lebih kecil taksa, dan N 2 adalah jumlah taksa di daerah lain, dan C adalah jumlah taksa yang sama antara dua wilayah, kemudian Simpson Indeks kesamaan antara dua bidang adalah: C / N 1

Kebalikan Tabel memberikan kesamaan fauna, untuk spesies mamalia, antara beberapa daerah (di sini mereka dinyatakan sebagai persentase: yaitu, (C / N 1) x 100). Indeks dalam tabel menunjukkan beberapa pembenaran untuk pembagian Bumi ke daerah fauna telah kita lihat.

Sebagai contoh, fauna Australia dan New Guinea 93% mirip, sedangkan yang dari New Guinea dan Filipina hanya 64% yang sama: Filipina memiliki tinggi kesamaan dengan Afrika seperti yang mereka lakukan dengan New Guinea. Diskontinuitas Indonesia ini sesuai dengan garis Wallace, yang dapat dilihat pada peta di layar sebelumnya. Itu tidak benar dipahami sampai penemuan pergeseran benua. 

1 comment: