KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER 2
Jenis Sekolah :
SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu :
120’
Jumlah Soal :
50
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Bahan Kelas :
9 (sembilan) Semester 2
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
||
1
|
Berbicara
9.1
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan
|
9/2
|
Ungkapan Kesantunan
-
Menentukan
makna ungkapan
|
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan kesantunan yg digaris
bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari
ungkapan tersebut dengan tepat.
|
1
|
||
Ungkapan kesantunan
-
Menentukan
informasi tersirat
|
Disajikan sebuah dialog
yang sama tentang mengungkapkan kesantunan, , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tersirat dari dialog
tersebut
|
2
|
|||||
2
|
Berbicara
9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dalam konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: memberi
berita yang menarik perhatian dan memberi komentar terhadap berita
|
9/2
|
Ungkapan memberi berita dan
komentar terhadap berita
-
Menentukan
informasi tertentu
|
Disajika dialog tentang ungkapkan memberi berita
dan komentar terhadap berita , siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang informasi tertentu dari dialog tersebut
|
3
|
||
Ungkapan memberi berita dan
komentar terhadap berita
-
Menentukan
informasi rinci
|
Disajikan sebuah dialog
tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi rinci dari dialog
tersebut
|
4
|
|||||
Ungkapan memberi berita dan
komentar terhadap berita
-
Menentukan
informasi tersirat
|
Disajikan sebuah dialog
tentang ungkapkan memberi berita dan komentar terhadap berita , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi tersirat dari dialog
tersebut
|
5
|
|||||
3
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Notice/Caution
-
Menentukan
makna
|
Disajikan sebuah Notice/Caution
di tempat wisata, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang makna dari notice/caution
tersebut.
|
6
|
||
4
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Invitation card
-
Menentukan
informasi tertentu
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation
mengenai kegiatan di sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tertentu dari teks tersebut
|
7
|
||
|
|
|
-
Menentukan
informasi tersirat
|
Disajikan teks fungsional pendek bentuk invitation
mengenai kegiatan di sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat
dari teks tersebut
|
8
|
||
5
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Greeting card
- Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan teks
fungsional pendek bentuk greeting card mengenai ucapan
selamat memenangkan perlombaan tertentu, siswa dapat
menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks
tersebut
|
9
|
||
-
Menentukan makna kata
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks fungsional pendek
bentuk greeting card mengenai ucapan selamat memenangkan
perlombaan tertentu dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
|
10
|
|||||
6
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Short Message
- Menentukan informasi rinci
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk short message mengenai kegiatan sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
rinci dari teks tersebut
|
11
|
||
- Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan
teks fungsional pendek bentuk short message mengenai kegiatan sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat
dari teks tersebut
|
12
|
|||||
7
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
9/2
|
Announcement
- Menentukan gambaran umum
|
Disajikan
teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah/ekstrakurikuler , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
gambaran umum dari teks tersebut
|
13
|
||
- Menentukan informasi rinci
|
Disajikan
teks fungsional pendek announcement kegiatan di sekolah/ ekstrakurikuler , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
informasi rinci dalam teks tersebut
|
14
|
|||||
- Menentukan makna kata
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks fungsional pendek
bentuk announcement kegiatan di sekolah / ekstrakurikuler dengan salah satu kata digaris bawahi, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut
|
15
|
|||||
8
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Advertisement
- Menentukan informasi tertentu
|
Disajikan teks
fungsional pendek bentuk advertisement tentang diklat pelatihan, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tertentu dalam teks tersebut
|
16
|
||
- Menentukan tujuan komunikatif teks
|
Disajikan teks
fungsional pendek bentuk advertisement tentang diklat pelatihan, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang tujuankomunikasi teks tersebut
|
17
|
|||||
- Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan teks
fungsional pendek bentuk advertisement tentang diklat pelatihan, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tersirat dalam teks tersebut
|
18
|
|||||
9
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
9/2
|
Schedule
- Menentukan informasi rinci
|
Disajikan teks
fungsional pendek bentuk schedule tentang kegiatan wisata, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
rinci dalam teks tersebut
|
19
|
||
- Menentukan nformasi tersirat
|
Disajikan teks
fungsional pendek bentuk schedule tentang kegiatan wisata, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
tersirat dalam teks tersebut
|
20
|
|||||
10
|
Membaca
11.2
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
9/2
|
Personal
Letter/e-mail
- Menentukan gambaran umum
|
Disajikan teks
fungsional pendek personal
letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran
umum dari teks tersebut
|
21
|
||
- Menentukan informasi tertentu
|
Disajikan teks
fungsional pendek personal
letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang gambaran
umum dari teks tersebut
|
22
|
|||||
- Menentukan pikiran utama
|
Disajikan teks
fungsional pendek personal
letter/e-mail berkaitan dengan pengalaman berlibur sekolah, siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama
sebuah paragraph dalam teks tersebut
|
23
|
|||||
11
|
Membaca
11.3 Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Narrative text
- Menentukan informasi rinci
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah legenda , siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan
tentang informasi rinci yang terdapat
dalam teks tersebut
|
24
|
||
- Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah legenda , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat yang terdapat dalam teks tersebut
|
25
|
|||||
- Menentukan makna kata
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks
narrative tentang sebuah legenda, dengan salah satu kata digaris
bawahi, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang makna kata tersebut.
|
26
|
|||||
- Menentukan pesan moral
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah legenda, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pesan moral yang
terdapat dalam teks tersebut
|
27
|
|||||
|
|
|
|||||
12
|
Membaca
11.3Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Report Text
- Menentukan informasi
rinci
|
Disajikan teks report tentang
binatang, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut
|
28
|
||
- Menentukan pikiran utama suatu paragraph
|
Disajikan teks report
tentang binatang, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang pikiran
utama suatu paragraph dalam teks
tersebut
|
29
|
|||||
-
Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan teks
report tentang binatang , siswa dapat menentukan jawaban yang tepat
atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks
tersebut
|
30
|
|||||
-
Menentukan rujukan kata
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks report tentang binatang, dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan
jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang
rujukan kata tersebu
|
31
|
|||||
13
|
Membaca
11.3Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Narrative text
-
Menentukan gambaran
umum
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah fabel , siswa
dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang gambaran umum dari
teks tersebut
|
32
|
||
-
Menentukan
pikiran utama
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah fabel, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang pikiran utama sebuah paragraph dalam teks tersebut
|
33
|
|||||
-
Menentukan informasi rinci
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah fabel, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentanginformasi rinci dalam
teks tersebut
|
34
|
|||||
-
Menentukan makna kata
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks
narrative tentang sebuah cerita fabel, dengan salah satu kata digaris
bawahi, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang makna kata tersebut
|
35
|
|||||
-
Menentukan pesan moral
|
Disajikan teks
narrative tentang sebuah cerita fabel,
siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas
pertanyaan tentang pesan moral dari
teks tersebut
|
36
|
|||||
14
|
Menulis
12.2
Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Kata acak - Kalimat simple past continous tense dari teks naratif (6-9 kata)
|
Disajikan satu kalimat
sederhana dari teks naratif yang kata - katanya diacak, siswa dapat
menentukan susunan yang
tepat dari kata-kata yang diacak tersebut menjadi kalimat simple past continous yang bermakna
|
37
|
||
Kata acak - Kalimat kompleks dari teks report (6-9 kata)
|
Disajikan satu kalimat
sederhana dari teks report yang kata -
katanya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kata-kata yang diacak tersebut
menjadi kalimat yang bermakna
|
38
|
|||||
15
|
Menulis
12.2
Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Rumpang text narrative
- Kata kerja
|
Disajikan teks narrative sederhana
berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
|
39
|
||
-
Kata ganti
|
Disajikan teks narrative sederhana
berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti yang tepat untuk melengkapinya
|
40
|
|||||
-
Kata keterangan
|
Disajikan teks narrative sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya
|
41
|
|||||
16
|
Menulis
12.2
Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Rumpang text report
- Kata
kerja
|
Disajikan teks report sederhana
berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya
|
42
|
||
- Kata sifat
|
Disajikan teks report
sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata sifat
yang tepat untuk melengkapinya
|
43
|
|||||
-
Kata ganti
|
Disajikan teks report sederhana berbentuk rumpang, siswa dapat menentukan kata ganti yang tepat untuk melengkapinya
|
44
|
|||||
17
|
Membaca
11.3Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Teks Report
-
Topik
sebuah paragarph
|
Disajikan teks report tentang kegiatan
budaya tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang topik
sebuah paragraph dari teks tersebut
|
45
|
||
-
Menentukan rujukan kata
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks report tentang kegiatan budaya tertentu, dengan
salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban
yang tepat atas pertanyaan tentang rujukan kata tersebut
|
46
|
|||||
-
Menentukan informasi rinci
|
Disajikan teks report tentang kegiatan
budaya tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi
rinci dalam teks tersebut
|
47
|
|||||
-
Menentukan informasi tersirat
|
Disajikan teks report tentang kegiatan
budaya tertentu, siswa dapat menentukan jawaban yang tepat atas pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut
|
48
|
|||||
18
|
Menulis
12.2
Mengungkapkan makna dan
langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report
|
9/2
|
Kalimat acak menjadi sebuah paragraph/teks narrative
yang padu
|
Disajikan satu paragraf/teks
dari teks naratif yang kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan
susunan yang tepat dari
kalimat yang diacak tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
|
49
|
||
Kalimat acak menjadi sebuah paragraph/teks report
yang padu
|
Disajikan satu paragraf/teks
dari teksreport yang
kalimat-kalimatnya diacak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat dari kalimat yang diacak
tersebut menjadi sebuah paragraph/teks yang padu
|
50
|
|||||
|
|
||||||
|
|||||||
No comments:
Post a Comment