PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS
IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH
(MKKS) SMP DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR
SEMESTER DUA
Tahun 2013/2014
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : IX (Sembilan)
Kurikulum Acuan : KTSP
Waktu : 120 menit
Aspek : Membaca dan Menulis
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Bahasa Indonesia SMP
Provinsi DKI Jakarta
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
Kls/Smstr
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
11.Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif, dan membaca cepat.
|
11.1. Menemukan gagasan dari beberapa
artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif.
|
IX/2
|
Gagasan utama
|
Disajikan teks bacaan artikel satu paragraf, peserta
didik dapat menentukan gagasan
utama paragraf tersebut.
|
1
|
Isi artikel
|
Disajikan teks bacaan artikel satu paragraf, peserta
didik dapat menentukan isi kutipan artikel tersebut.
|
2
|
|||
Tujuan penulisan artikel
|
Disajikan teks bacaan artikel satu paragraf, peserta
didik dapat menentukan tujuan
penulisan artikel
tersebut.
|
3
|
|||
Pertanyaan isi artikel
|
Disajikan teks bacaan
artikel satu paragraf, peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam artikel tersebut.
|
4
|
|||
Persamaan isi artikel
|
Disajikan dua teks bacaan artikel, peserta didik dapat
menentukan persamaan isi kedua kutipan artikel tersebut.
|
5
|
|||
|
11.2. Mengubah sajian grafik, tabel,
atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif.
|
IX/2
|
Simpulan grafik
|
Disajikan sebuah grafik, peserta didik dapat menentukan simpulan isi
grafik tersebut.
|
6
|
Isi tabel
|
Disajikan sebuah tabel, peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai isi data tabel
tersebut.
|
7
|
|||
Narasi isi tabel
|
Disajikan sebuah tabel, peserta didik dapat menarasikan isi data tabel tersebut.
|
8
|
|||
Pertanyaan isi bagan
|
Disajikan sebuah bagan
organisasi yang populer, peserta didik dapat menentukan pertanyaan yang sesuai isi
bagan tersebut.
|
9
|
|||
11.3. Menyimpulkan gagasan
utama suatu teks dengan membaca cepat ± 200 kata per menit.
|
IX/2
|
Kalimat fakta
|
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan kalimat fakta dalam bacaan
tersebut.
|
10
|
|
Simpulan paragraf
|
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan simpulan bacaan tersebut.
|
11
|
|||
Jawaban pertanyaan isi paragraf
|
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan jawaban
pertanyaan isi bacaan tersebut.
|
12
|
|||
Gagasan utama paragraf
|
Disajikan teks bacaan satu paragraf, peserta didik dapat menentukan gagasan utama bacaan tersebut.
|
13
|
|||
Rangkuman
|
Disajikan teks bacaan dua paragraf, peserta didik dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.
|
14
|
|||
12.Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca.
|
12.1. Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber.
|
IX/2
|
Rumusan masalah karya ilmiah
|
Disajikan tema karya ilmiah,
peserta didik dapat menentukan rumusan masalah yang tepat berdasarkan tema
tersebut.
|
15
|
Latar belakang karya ilmiah
|
Disajikan tujuan penulisan karya ilmiah sederhana, peserta didik dapat menentukan paragraf
latar belakang
masalah tersebut.
|
16
|
|||
Saran karya ilmiah
|
Disajikan kesimpulan karya ilmiah, peserta
didik dapat menentukan saran yang tepat.
|
17
|
|||
Daftar pustaka
|
Disajikan dua data buku, peserta didik dapat
menentukan penulisan daftar pustaka yang tepat berdasarkan data buku tersebut.
|
18
|
|||
Menyunting karya ilmiah
sederhana
|
Disajikan paragraf kesimpulan
karya ilmiah tanpa diberi tanda baca, peserta dapat menentukan penggunaan
tanda baca yang tepat pada kesimpulan tersebut.
|
19
|
|||
Pilihan kata
|
Disajikan kalimat yang di
dalamnya terdapat beberapa pilihan kata yang tidak tepat, peserta didik dapat
menentukan perbaikan yang tepat.
|
20
|
|||
Paragraf padu
|
Disajikan lima kalimat yang
diacak urutannya, peserta dapat
menentukan urutannya sehingga menjadi paragraf padu.
|
21
|
|||
12.2. Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang
efektif.
|
IX/2
|
Teks pidato rumpang
|
Disajikan bagian pidato
(pembukaan, isi, penutup) yang belum lengkap, peserta didik dapat
melengkapinya dengan tepat.
|
22
|
|
Paragraf pembuka pidato sesuai konteks
|
Disajikan ilustrasi suatu
kegiatan, peserta didik dapat menentukan
paragraf bagian pembuka teks
pidato tersebut.
|
23
|
|||
Paragraf isi pidato sesuai konteks
|
Disajikan ilustrasi suatu
kegiatan, peserta didik dapat menentukan
paragraf bagian isi teks pidato tersebut.
|
24
|
|||
Paragraf penutup pidato sesuai konteks
|
Disajikan ilustrasi suatu
kegiatan, peserta didik dapat menentukan
paragraf bagian penutup teks pidato tersebut.
|
25
|
|||
Perbaikan urutan sapaan pidato
|
Disajikan teks pidato yang
penggunaan urutan sapaannya tidak tepat, peserta didik dapat
menentukan perbaikannya.
|
26
|
|||
Perbaikan sapaan pidato
|
Disajikan teks pidato yang
penggunaan kalimat sapaannya tidak tepat, peserta didik dapat menentukan perbaikannya.
|
27
|
|||
12. 3. Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah.
|
IX/2
|
Surat pembaca rumpang
|
Disajikan sebuah surat pembaca
yang rumpang pada bagian alamat, pengirim, isi, atau penutup, peserta didik dapat melengkapinya
dengan tepat.
|
28
|
|
Surat pembaca sesuai konteks
|
Disajikan data hasil pengamatan
objek di lingkungan sekolah, peserta didik dapat menentukan kalimat surat
pembaca yang tepat.
|
29
|
|||
Surat pembaca sesuai isi gambar
|
Disajikan gambar
tentang kondisi
lingkungan sekolah yang tidak nyaman, peserta
didik dapat menentukan kalimat surat pembaca sesuai ilustrasi tersebut.
|
30
|
|||
15. Memahami novel dari
berbagai angkatan.
|
15.1. Mengidentifikasi
kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30 an.
|
IX/2
|
Kebiasaan dalam novel
|
Disajikan kutipan novel
angkatan 20-30 an,
peserta didik dapat menentukan kebiasaan
salah satu tokoh dalam novel tersebut.
|
31
|
Adat dalam novel
|
Disajikan
kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan adat dalam novel tersebut.
|
32
|
|||
Konflik dalam novel
|
Disajikan kutipan
novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan konflik yang terdapat dalam novel tersebut.
|
33
|
|||
Etika dalam novel
|
Disajikan kutipan
novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan etika yang terdapat dalam novel tersebut.
|
34
|
|||
Bukti nilai agama dalam novel
|
Disajikan kutipan
novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan bukti nilai agama dalam novel tersebut.
|
35
|
|||
Nilai budaya dalam novel
|
Disajikan kutipan
novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan nilai budaya dalam kutipan
novel tersebut.
|
36
|
|||
Bukti nilai moral
|
Disajikan kutipan
novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan bukti nilai moral dalam
novel tersebut.
|
37
|
|||
15.2. Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an.
|
IX/2
|
Ciri-ciri novel angkatan 20-30 an
|
Disajikan kutipan
novel angkatan 20-30 an, peserta didik dapat menentukan ciri-ciri novel
tersebut.
|
38
|
|
Perbedaan
karakteristik novel angkatan 20-30 an
|
Disajikan
dua kutipan novel, peserta didik dapat menentukan perbedaan karakteristik
kedua kutipan novel tersebut.
|
39
|
|||
Watak tokoh
|
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta didik
dapat menentukan perbedaan watak tokoh
pada kedua kutipan novel tersebut.
|
40
|
|||
Sudut pandang
|
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta
didik dapat menentukan perbedaan sudut pandang pada kedua kutipan novel tersebut.
|
41
|
|||
Bahasa yang digunakan
|
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta
didik dapat menentukan perbedaan bahasa yang digunakan pada kedua kutipan novel tersebut.
|
42
|
|||
Pesan
|
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta
didik dapat menentukan perbedaan pesan pada kedua kutipan novel tersebut.
|
43
|
|||
Konflik
|
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta
didik dapat menentukan perbedaan konflik pada kedua kutipan novel tersebut.
|
44
|
|||
Latar
|
Disajikan dua kutipan novel angkatan 20-30 an, peserta
didik dapat menentukan perbedaan latar kedua kutipan novel tersebut.
|
45
|
|||
16. Menulis naskah drama.
|
16.1. Menulis naskah drama berdasarkan cerpen
yang sudah dibaca.
|
IX/2
|
Naskah drama sesuai cerpen
|
Disajikan sebuah kutipan cerpen, peserta didik
dapat menentukan dialog sederhana berdasarkan kutipan cerpen tersebut.
|
46
|
Petunjuk lakuan dalam naskah
drama
|
Disajikan sebuah kutipan naskah drama yang beberapa petunjuk lakuannya dirumpangkan, peserta
didik dapat menentukan petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapinya.
|
47
|
|||
16.2. Menulis naskah drama
berdasarkan peristiwa nyata.
|
IX/2
|
Naskah drama rumpang
|
Disajikan sebuah kutipan naskah drama yang
beberapa dialognya dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan dialog yang
tepat untuk melengkapinya.
|
48
|
|
Menyunting naskah drama
|
Disajikan naskah drama petunjuk lakuannya tidak tepat, peserta didik dapat
menentukan perbaikan
petunjuk lakuan tersebut.
|
49
|
|||
Naskah drama sesuai konteks
|
Disajikan ilustrasi berupa pengalaman yang
mengesankan, peserta didik dapat menentukan naskah drama pendek yang sesuai
ilustrasi tersebut.
|
50
|
No comments:
Post a Comment