KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 6
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Satuan Pendidikan : SMP Alokasi
Waktu : 120 MENIT
Mata Pelajaran :
IPA Jumlah
Soal : 40 SOAL
Kelas/Semester : IX / VI
Kurikulum acuan :
KTSP
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
1
|
. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
|
Benda magnetik
dan non magnetik
|
Siswa
dapat memberikan contoh bendan magnetik.
|
PG
|
1
|
Sifat-sifat
magnet
|
Siswa
dapat menyebutkan sifat-sifat magnet
|
PG
|
2
|
|||
Cara membuat
magnet
|
Peserta
didik dapat menunjukkan kutub magnet pada pembuatan magnet dengan gosokan
|
PG
|
3
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan kutub-kutub magnet pada elektromagnet
|
PG
|
4
|
||||
Teori magnet
|
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan besi mudaah menjadi magnet
|
PG
|
5
|
|||
Medan magnet
|
Peserta
didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet batang
|
PG
|
6
|
|||
Peserta
didik dapat menunjukkan bentuk dan
arah garis gaya magnet yang terbentuk oleh dua magnet yang berdeekatan
|
PG
|
7
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan bagian magnet yang garis gaya magnetnyapaling rapat.
|
PG
|
8
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan gaya yang terjadi jika beberapa magnet batang
berdekatan
|
PG
|
9
|
||||
Kemagnetan Bumi
|
Peserta
didik dapat menjelaskan letak
kutub-kutub magnet bumi
|
PG
|
10
|
|||
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan bahwa kompas menunjuk arah utara selatan
|
PG
|
11
|
||||
Peserta
didik dapat menunjukkan sudut deklinasi
|
PG
|
12
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan sudut inklinasi
|
PG
|
13
|
||||
Peserta
didik dapat menentukan daerah yang memiliki sudut inklinasi terkecil atau
terbesar
|
PG
|
14
|
||||
Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
|
Medan magnet di
sekitar arus listrik
|
Peserta
didik dapat menentukan arah garis gaya magnet di sekitar arus listrik,
|
PG
|
15
|
||
Siswa
dapat menyebutkan faktor-faktor yang memperbesar medan magnet pada
elektromagnet
|
PG
|
16
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan electromagnet menggunakan inti besi
|
PG
|
17
|
||||
Siswa
dapat menunjukkan elektromagnet yang memiliki kemagnetan terkuat melalui
gambar sebagai pilihan jawaban
|
PG
|
18
|
||||
Siswa
dapat memberikan contoh alat-alat yang memanfaatkan elektromagnet
|
PG
|
19
|
||||
Gaya Lorentz
|
Peserta
didik dapat menentukan arah gaya Lorent
|
PG
|
20
|
|||
Peserta
didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya Lorentz
|
PG
|
21
|
||||
Peserta
didik dapat memberikan contoh pemanfaatan gaya Lorentz
|
PG
|
22
|
||||
. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip
kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.
|
Induksi
elektromagnet
|
Peserta
didik dapat menjelaskan syarat terjadinya induksi elektromagnet
|
PG
|
23
|
||
Peserta didik
dapat menjelaskan terjadinya induksi electromagnet pada kumparan sekunder
yang berdekatan dengan kumparan primer
|
PG
|
24
|
||||
Peserta
didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
|
PG
|
25
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan cara untuk memperbesar ggl induksi
|
PG
|
26
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan hubungan antara nyala lampu dengan putaran generator
sepeda
|
PG
|
27
|
||||
Transformator
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu besaran pada trafo yang berkaitan antara
tegangan dengan jumlah lilitan
|
PG
|
28
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan salah satu besaran pada trafo yang berkaitan antara
kuat arus dengan jumlah lilitan
|
PG
|
29
|
||||
Peserta
didik dapat menentukan salah satu besaran pada trafo yang berkaitan antara
tegangan dengan kuat arus
|
PG
|
30
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan prinsip pada trafo step up atau trafo step down
|
PG
|
31
|
||||
2
|
Tatasurya
|
Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
|
Tatasurya
|
Peserta
didik dapat memberikan ciri anggota tata surya (komet/asteroid/meteorit/satelit)
|
PG
|
32
|
Peserta
didik dapat menentukan ciri-ciri planet tertentu
|
PG
|
33
|
||||
. Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan dan satelit
buatan serta pengaruh interaksinya
|
Peredaran Buidan bulan terhadap matahari dan fenomena
alam yang ditimbulkannya
|
Peserta
didk dapat menjelaskan terjadinya gerhana
|
PG
|
34
|
||
Peserta
didik dapat menjelaskan akibat rotasi bumi
|
PG
|
35
|
||||
Peserta
didik dapat menjelaskan akibat revolusi bumi
|
PG
|
36
|
||||
3
|
. Memahami proses-prose yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer dan
akibat kenaikan suhu pada atmosfer dan lithosfer
|
Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi
dilapisan litosfir dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.
|
Pemanasan
global dan dampaknya bagi lingkungan
|
Peserta
didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya pemanasan global
|
PG
|
37
|
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak negatif pemanasan global
|
PG
|
38
|
||||
Penipisan
lapisan ozon pada atmosfer dan dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan hidup
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh manfaat atmosfer bagi kehidupan manusia
|
PG
|
39
|
|||
Peserta
didik dapat menjelaskan dampak negatif radiasi ultraviolet dari matahari bagi
kehidupan
|
PG
|
40
|
No comments:
Post a Comment