Powered By Blogger

Monday, 10 March 2014

KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 6 GENAP IPA KELAS IX SMP TAHUN PELAJARAN 2013-2014

KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 6 
TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Satuan Pendidikan      : SMP                                                         Alokasi Waktu            :  120 MENIT

Mata Pelajaran          : IPA                                                            Jumlah Soal    :  40 SOAL

Kelas/Semester           : IX / VI                                                                                 

Kurikulum acuan        : KTSP                                                                                                                       


No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No. Soal
1
Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet


Benda magnetik dan non magnetik
Siswa dapat memberikan contoh bendan magnetik.


PG
1
Sifat-sifat magnet
Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat magnet
PG
2
Cara membuat magnet
Peserta didik dapat menunjukkan kutub magnet pada pembuatan magnet dengan gosokan
PG
3
Peserta didik dapat menentukan kutub-kutub magnet pada elektromagnet
PG
4
Teori magnet
Peserta didik dapat menjelaskan alasan besi mudaah menjadi magnet
PG
5
Medan magnet
Peserta didik dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet batang
PG
6
Peserta didik  dapat menunjukkan bentuk dan arah garis gaya magnet yang terbentuk oleh dua magnet yang berdeekatan
PG
7
Peserta didik dapat menunjukkan bagian magnet yang garis gaya magnetnyapaling rapat.
PG
8
Peserta didik dapat menjelaskan gaya yang terjadi jika beberapa magnet batang berdekatan
PG
9
Kemagnetan Bumi
Peserta didik  dapat menjelaskan letak kutub-kutub magnet bumi
PG
10
Peserta didik dapat menjelaskan alasan bahwa kompas menunjuk arah utara selatan
PG
11
Peserta didik dapat menunjukkan sudut deklinasi
PG
12
Peserta didik dapat menjelaskan sudut inklinasi
PG
13
Peserta didik dapat menentukan daerah yang memiliki sudut inklinasi terkecil atau terbesar
PG
14
Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
Medan magnet di sekitar arus listrik
Peserta didik dapat menentukan arah garis gaya magnet di sekitar arus listrik,
PG
15
Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang memperbesar medan magnet pada elektromagnet
PG
16
Peserta didik dapat menjelaskan alasan electromagnet menggunakan inti besi
PG
17
Siswa dapat menunjukkan elektromagnet yang memiliki kemagnetan terkuat melalui gambar sebagai pilihan jawaban
PG
18
Siswa dapat memberikan contoh alat-alat yang memanfaatkan elektromagnet
PG
19
Gaya Lorentz
Peserta didik dapat menentukan arah gaya Lorent
PG
20
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi gaya Lorentz
PG
21
Peserta didik dapat memberikan contoh pemanfaatan gaya Lorentz
PG
22
. Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik.

Induksi elektromagnet
Peserta didik dapat menjelaskan syarat terjadinya induksi elektromagnet
PG
23
Peserta didik dapat menjelaskan terjadinya induksi electromagnet pada kumparan sekunder yang berdekatan dengan kumparan primer
PG
24
Peserta didik dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi ggl induksi
PG
25
Peserta didik dapat menjelaskan cara untuk memperbesar ggl induksi
PG
26
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan antara nyala lampu dengan putaran generator sepeda
PG
27
Transformator
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada trafo yang berkaitan antara tegangan dengan jumlah lilitan
PG
28
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada trafo yang berkaitan antara kuat arus dengan jumlah lilitan
PG
29
Peserta didik dapat menentukan salah satu besaran pada trafo yang berkaitan antara tegangan dengan kuat arus
PG
30
Peserta didik dapat menjelaskan prinsip pada trafo step up atau trafo step down
PG
31
2
Tatasurya
Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya.
Tatasurya
Peserta didik dapat memberikan ciri anggota tata surya (komet/asteroid/meteorit/satelit)
PG
32
Peserta didik dapat menentukan ciri-ciri planet tertentu
PG
33
. Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
Peredaran  Buidan bulan terhadap matahari dan fenomena alam yang ditimbulkannya
Peserta didk dapat menjelaskan terjadinya gerhana
PG
34
Peserta didik dapat menjelaskan akibat rotasi bumi
PG
35
Peserta didik dapat menjelaskan akibat revolusi bumi
PG
36
3
. Memahami proses-prose yang terjadi dilapisan atmosfer dan lithosfer dan akibat kenaikan suhu pada atmosfer dan lithosfer

Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi dilapisan litosfir dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.
Pemanasan global dan dampaknya bagi lingkungan
Peserta didik dapat menjelaskan penyebab  terjadinya pemanasan global
PG
37
Peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif pemanasan global
PG
38
Penipisan lapisan ozon pada atmosfer dan dampaknya bagi kesehatan dan lingkungan hidup
Peserta didik dapat memberikan contoh manfaat atmosfer bagi kehidupan manusia
PG
39
Peserta didik dapat menjelaskan dampak negatif radiasi ultraviolet dari matahari bagi kehidupan
PG
40


No comments:

Post a Comment