KISI–KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS 9 TAPEL 2013/2014
SMP PROVINSI DKI JAKARTA
Mata
Pelajaran : Matematika
Kurikulum : Standar
Isi
Alokasi Waktu
: 120 menit
Banyak Soal : 40
Bentuk Soal : Pilihan
Ganda
No
|
SK/KD
|
Materi Pelajaran
|
Indikator soal
|
No Soal
|
1
|
5.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
Peserta didik dapat menyatakan bentuk pecahan aljabar yang pembilang dan
penyebutnya berpangkat negatif menjadi bentuk aljabar berpangkat positif.
|
1
|
Bilangan
berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat menentukan nilai dari
bentuk dengan a bilangan asli antara 2 dan 5, p, q, r
bilangan asli dan t, u, v merupakan bilangan pecahan biasa.
|
2
|
||
Bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
Peserta didik dapat
menuliskan bilangan dalam bentuk akar menjadi
bilangan berpangkat pecahan atau sebailknya.
|
3
|
||
Bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
Peserta didik dapat
menuliskan (abp ´ bq )r dalam bentuk
paling sederhana (a, p, q
dan r bilangan bulat positif dan
negatif).
|
4
|
||
Bilangan berpangkat dan
bentuk akar
|
Peserta didik dapat
menentukan hasil dari dengan a, b, m, dan n bilangan bulat selain nol dan
satu.
|
5
|
||
2
|
5.2 Melakukan operasi aljabar
yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat menentukan hasil
penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat berpangkat bilangan bulat
negatif.
|
6
|
operasi aljabar yang
melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat menentukan hasil
penjumlahan atau pengurangan bilangan bulat berpangkat bilangan pecahan.
Peserta didik dapat menentukan hasil penarikan akar dari bilangan bulat
berpangkat bilangan pecahan.
Peserta didik dapat menentukan hasil operasi am : an , (a bilangan bulat positif
dan m, n bilangan bulat negatif).
Peserta didik
dapat menentukan hasil operasi an
ap ( a bilangan bulat positif, dan n, p
bilangan bulat negatif)
Peserta didik dapat menentukan hasil
operasi (ak) h (a bilangan bulat positif, serta k, h keduanya
bilangan bulat negatif.
Peserta didik dapat menentukan hasil
operasi ( bh)t
(b bilangan bulat positif, h bilangan bulat positif serta t bilangan
pecahan negatif).
Peserta didik dapat
menyederhanakan bentuk akar menjadi bentuk paling sederhana, dengan a bukan kuadrat sempurna.
Peserta didik dapat menyederhanakan
bentuk pmenjadi bentuk paling sederhana (a, dan b bilangan bulat positif berbeda ).
Peserta didik dapat menentukan hasil
dalam
bentuk akar paling sederhana. (p, q dan hasil
perkaliannya bukan bilangan kuadrat sempurna)
Peserta didik dapat menentukan hasil
dengan a, p,
q dan r bilangan bulat.
|
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
||
3
|
5.3 Memecahkan masalah sederhana
yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Pemecahan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat
merasionalkan bentuk dengan n pecahan campuran
|
17
|
Pemecahan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat
merasionalkan bentuk (a, p, q
bilangan positif)
|
18
|
||
Pemecahan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
Peserta didik dapat
merasionalkan bentuk (a, p, q bilangan positif).
Diketahui = a dan = b, Peserta didik dapat
menentukan nilai dari - , ( dan bentuk akar
yang dapat disederhanakan).
Diketahui , peserta didik dapat menentukan nilai x jika a, b, n, p,
dan q bilangan positif.
|
19
20
21
|
||
4
|
6.1 Menentukan pola
barisan bilangan sederhana
|
Pola bilangan
|
Diberikan 4 suku
pertama pola bilangan segitiga atau fibonacci, peserta didik dapat menentukan
tiga suku berikutnya.
Diberikan 4 suku
pertama barisan bilangan (beda antar suku tidak sama), peserta didik dapat
menentukan suku ke-n. ( n antara 8 dan 13).
Di berikan rumus
Un ( bukan aritmatika maupun geometri), peserta didik dapat
menentukan Ux , ( x antara 20 dan 30).
|
22
23
24
|
Gambar berpola
|
Diberikan gambar berpola yang terbentuk dari segitiga-segitiga sama sisi,
peserta didik dapat menyelesaikan soal
yang berkaitan dengan banyak segitiga pada pola tertentu.
Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan gambar
berpola (pola persegipanjang).
|
25
26
|
||
5
|
6.2 Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan
geometri
|
Barisan aritmatika dan geometri
Barisan aritmatika dan geometri
|
Diberikan 4 suku pertama barisan aritmatika, peserta didik dapat
menentukan suku ke-n ( 50 < n < 80 ) .
Diberikan 4 suku
pertama barisan geometri, peserta didik dapat menentukan rumus suku ke-n.
Diberikan barisan aritmatika yang diketahui suku ke-p dan suku ke-q, peserta
didik dapat menentukan suku ke-n. (20 < n< 30, p dan q bilangan bulat).
Diketahui suku ke-p
dan suku ke-q barisan geometri, peserta didik dapat menentukan suku ke-n. (10
< n < 15, p dan q bilangan bulat).
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan konsep barisan aritmetika.
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan konsep barisan geometri.
|
27
28
29
30
31
32
|
6
|
6.3 Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri
|
Deret aritmatika dan geometri
|
Peserta didik dapat menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama deret aritmatika yang diberikan . (30 < n< 50).
Peserta didik dapat
menentukan jumlah n suku pertama dari 5 suku pertama
deret geometri yang diberikan . (8 < n< 13).
Diketahui suku ke-p dan suku ke-q barisan aritmatika, peserta didik dapat
menentukan jumlah n suku pertama. (50 < n< 80, p dan q bilangan bulat).
Diketahui suku ke-p
dan suku ke-q barisan geometri, peserta didik dapat menentukan jumlah n suku
pertama. (8 < n < 13, p dan q bilangan bulat).
|
33
34
35
36
|
Masalah
berkaitan dengan deret
|
Peserta didik dapat
menentukan jumlah bilangan kelipatan n dari
100 sampai 200 (2 <
n< 7).
Peserta didik
dapat menentukan jumlah bilangan kelipatan n antara 200 dan 300. (2 < n< 7).
|
37
38
|
||
7
|
6.4 Memecahkan masalah yang
berkaitan dengan barisan dan deret
|
Masalah
berkaitan dengan deret
|
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret aritmetika.
|
39
|
Masalah
berkaitan dengan deret
|
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal cerita menggunakan konsep deret geometri.
|
40
|
No comments:
Post a Comment