Pengaruh Strategi
Pembelajaran Assurance Relevance Interest
Assessment Satisfaction (Puzzle Vs Video) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Tentang Ekosistem Di Man 8 Jakarta
Rosid Marwanto, M.
Nurdin Matondang S., Hanum
Isfaeni
Jurusan
Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam - Universitas Negeri Jakarta
Jl.
Pemuda 10 Rawamangun Jakarta 13220 Indonesia
Telp/fax,
+62.21.4894909
Salah satu permasalahan pembelajaran adalah lemahnya proses pembelajaran, sehingga
siswa akan
bosan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran harus
menggunakan strategi pembelajaran yang menyenangkan seperti ARIAS. Penelitian
ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran puzzle dengan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran
video terhadap hasil belajar kognitif
siswa tentang ekosistem di MAN 8 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 8 Jakarta pada bulan November 2012. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Post test-only
Group Design). Sampel penelitian yang digunakan
adalah siswa kelas X.1 dan X.3
masing-masing 30
siswa dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan
ganda dengan lima pilihan
jawaban. Berdasarkan
hasil perhitungan didapatkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dengan puzzle sebesar 74,03,
sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa di kelas kontrol dengan video
sebesar 61,93. Uji
prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji
Kolmogorov–Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F. Berdasarkan hasil
perhitungan diperoleh data berasal dari populasi
berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pada
α = 0,05 diperoleh hasil t hitung > t tabel (1,91 >
1,67), maka tolak H0 yang
berarti hasil belajar kognitif siswa tentang ekosistem menggunakan strategi pembelajaran ARIAS dan media pembelajaran puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran ARIAS
dan media
pembelajaran video.
Kata kunci: ARIAS, ekosistem,
kognitif, siswa
No comments:
Post a Comment