Powered By Blogger

Monday 20 May 2013

POLIMERISASI MONOMER HINGGA MENGHASILKAN MAKROMOLEKUL

POLIMERISASI MONOMER HINGGA MENGHASILKAN MAKROMOLEKUL

Polimerisasi suatu monomer untuk menghasilkan makromolekul seperti proein dan asam nukleat membutuhkan energi untuk membangun ikatan dan pelepasan H2O. Tidak seperti sel masa kini yang menggunakan pospat berenegi tinggi, sel di masa lampau menggunakan sumber energi yang lain. Protein yang pertama kali tercipta adalah suatu polimer yang memiliki urutan asam amino yang acak disebut sebagai proteinoid. Senyawa ini dapat dibuat dengan cara memanaskan asam amino kering pada suhu 150oC selama beberapa jam. Bila protein masa kini membangun ikatan antar asam amino pada gugus amin dan hidroksil, maka protein di masa lampau bahkan dapat membuat ikatan pada gugus rantai samping. Proteinoid ini terkadang tersusun atas 250 asam amino dan sudah memiliki kemampuan enzimatik.

Terbentuknya proteinoid ini diperkirakan terjadi disekitar gunung berapi. Pengamatan tentang terbentuknya proteinoid banyak dilakukan oleh seorang pakar bernama Sydney Fox.

Terjadinya polimerisasi asam amino juga dapat terjadi melalui pengikatan dengan mineral tanah liat yang disebut ”clay”. Ikatan antara tanah liat ini dengan molekul-molekul kecil organik dapat memicu terjadinya reaksi polimerisasi. Sebagai contoh, jenis tanh liat tertentu seperti Montmorillonite dapat mengkondensasi asam amino menjadi polipeptida sepanjang 200 residu.

Polimerisasi asam amino juga dapat terjadi dalam suatu larutan yang mengandung agen kondensasi. Beberapa agen kondensasi yang telah dikenal adalah sejenis derivat sianida reaktif yang disebut poliphospat. Polifosfat dapat bereaksi dengan beragam molekul organik untuk menghasilkan fosfat organik. Salah satu produk dari reaksi ini adalah asam amino asil fosfat dan fosforamidat. Asil fosfat adalah asam amino yang memiliki gugus fosfat yang terikat pada gugus karboksil, sedangkan fosforamidat adalah asam amino yang gugus fosfatnya berikatan pada gugus amin.

Bila senyawa derivat semacam ini dipanaskan, maka akan terbentuk polipeptida. Melalui cara yang serupa, molekul AMP dapat dibuat dari adenin yang ditambah polifosfat, dan selanjutnya dapat terbentuk polipeptida melalui polimerisasi. 

No comments:

Post a Comment