Powered By Blogger

Tuesday 28 May 2013

TEORI EVOLUSI ERNST MAYER

TEORI EVOLUSI ERNST MAYER

Ahli biologi evolusi Ernst Mayr telah menguraikan logika teori Darwin mengenai seleksi alam menjadi tiga inferensi berdasarkan 5 pengamatan:
1. Observasi pertama: Semua spesies memiliki potensi fertilitas yang sedemikian besar sehingga jumlah populasinya akan mneingkat secara eksponensial jika semua individu yang dilahirkan berhasil bereproduksi dengan baik
2. Observasi kedua : Populasi cenderung menjadi stabil dalam jumlah, kecuali ada fluktuasi musiman
3. Observasi ketiga:  Sumber daya lingkungan adalah terbatas

Kesimpulan #1: Produksi individu yang lebih banyak dibandingkan dengan yang dapat didukung dnegan lingkungan akan mengakibatkan adanya persaingan untuk mempertahankan keberadaan individu di dalam populasi itu, sehingga hanya sebagian individu di dalam populasi itu, sehingga hanya sebagian  keturunan yang dapat bertahan hidup pada setiap generasi.
4.  Observasi keempat: Individu-individu dalam suatu populasi sangat jauh berbeda dalam hal ciri-ciri khasnya, tidak akan ada dua individu yang persis sama.
5.  Observasi kelima: Banyak di antara variasi tersebut dapat diturunkan.
       
Kesimpulan#2: Kelangsungan hidup dalam perjuangan untuk mempertahankan hidup tidak terjadi secara acak, tetapi bergantung sebagian pada susunan sifat yang terwarisi dari individu yang bertahan hidup. Individu yang mewarisi sifat-sifat baik yang membuat individu-individu tersebut cocok dengan lingkungannya, besar kemungkinan akan menghasilkan lebih banyak keturunan dibandingkan dnegan individu yang kurang cocok sifatnya terhadap lingkungannya.

Kesimpulan #3: Kemampuan individu untuk bertahan hidup dan bereproduksi yang tidak sama ini akan mnegakibatakan suatu perubahan secara bertahap dalam suatu populasi, dan sifat-sifat menguntungkan akan berakumulasi sepanjang generasi.

No comments:

Post a Comment