KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VIII/2
Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 40 butir soal
NO
|
Kompetensi
dasar
|
Materi
|
Inikator
Soal
|
Nomor
soal
|
1
|
Mengindentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan
pengarunhya pada suatu gaya yang dikenai gaya
|
Jenis
Gaya dan resultan gaya
|
Disajikan beberapa pernyataan,
peserta didik dapat menentukan pengaruh gaya terhadap gerak benda
|
1
|
Disajikan beberapa jenis gaya, siswa
dapat menetukan gaya sentuh atau gaya tak sentuh
|
2
|
|||
Diasikan gambar beberapa gaya dalam
bentuk garis vekor yang bekerja pada benda, siswa dapat menentukan percepatan
terbesar/terkecil
|
3
|
|||
2
|
Menerapkan
Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum
Newton
|
Peserta didik dapat memberikan
beberapa contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
4
|
Siswa dapat menentukan salah satu
besaran pada Hukum II Newton jika parameter lain diketahui.
|
5
|
|||
Peserta didik dapat memberikan
contoh penerapan hukum Newton III dalam kehidupan sehari-hari
|
6
|
|||
3
|
Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prisip usaha dan energi serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Prinsip
usaha dan energi dan perubahan energi
|
Peserta didik dapat menjelaskan urutan
perubahan energi pada saat benda jatuh atau dilempar ke atas
|
7
|
Peserta didik dapat menentukan
besarnya usaha jika beberapa gaya segaris bekerja pada satu benda melalui
gambar sebagai stimulus
|
8
|
|||
Peserta didik dapat menentukan perbandingan
energi antara dua benda yang massa dan ketinggiannya berbeda
|
9
|
|||
Peserta didik dapat menentukan salah
satu besaran pada energi kinetik ( E = ½ m.v2)
|
10
|
|||
4
|
Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pesawat
sederhana
|
Peserta didik dapat menyebutkan
prinsip-prinsip yang berlaku pada tuas
|
11
|
Peserta didik dapat menentukan kuasa
minimal untuk menahan beban pada katrol bergerak
|
12
|
|||
Peserta didik dapat menetukan
keuntungan mekanis terbesar atau terkecil dari beberapa bidang miring melalui
gambar
|
13
|
|||
Disajikan beberapa gambar pesawat
sederhana, peserta didik dapat menentukan beberapa pesawat sederhana yang memiliki
keuntungan mekanis sama
|
14
|
|||
5
|
Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tekanan
benda padat, cair dan gas
|
Disajikan gambar beberapa balok yang
berbeda, peserta didik dapat menentukan tekanan yang terbesar atau terkecil
jika massa benda sama
|
15
|
Peserta didik dapat menentukan perbandingan
tekanan hidrostatik antar kedalaman zat cair melalui gambar
|
16
|
|||
Disajikan gambar beberapa posisi
benda padat pada zat cair yang berbeda, peserta didik dapat menentukan zat cair yang
massa jenisnya terbesar atau terkecil
|
17
|
|||
Peserta didik dapat menentukan gaya
angkat atau gaya tekan pada alat hidrolik jika besaran lain diketahui melalui
gambar sebagai stimulus
|
18
|
|||
6
|
Mendiskripsikan
konsep getaran dan gelombang serta parameternya
|
Getaran
dan gelomabang
|
Peserta didik dapat menentukan gerak
ayunan bandul yang melakukan sejumlah getaran melalui gambar sebagai stimulus
|
19
|
Disajikan gambar ayunan
bandul,peserta didik dapat menentukan frekuensi ayunan jika data-data yang
diperlukan diketahui
|
20
|
|||
Peserta didik dapat menjelaskan
bagian yang berpindah/tidak berpindah pada saat terjadi perambatan gelombang
|
21
|
|||
Peserta didik dapat memberikan
contoh gelombang transversal/longitudinal dalam kehidupan sehari-hari
|
22
|
|||
Disajikan gambar gelombang dan
parameternya, peserta didik dapat menentukan cepat rambat gelombang
|
23
|
|||
7
|
Mendiskripsikan
konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
Bunyi
|
Peserta didik dapat menentukan beberapa
syarat terdengarnya bunyi
|
24
|
Peserta didik dapat menentukan salah
satu besaran pada peristiwa pemantulan bunyi
|
25
|
|||
Disajikan gambar beberapa bandul
yang digantung pada tali yang berbeda, peserta didik dapat menunjukkan bandul
yang dapat berresonansi jika salah satu bandul diayunkan
|
26
|
|||
Disajikan beberapa pernyataan
berkaitan dengan bunyi pantul, peserta didik dapat menentukan manfaat bunyi
pantul
|
27
|
|||
8
|
Menyelidiki
sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
|
Pemantulan
cahaya pada cermin datar
|
Disajikan gambar sinar jatuh pada
cermin datar yang diketahui sudut antara sinar datang dengan cermin, peserta
didik dapat menentukan besar sudut datang atau sudut pantul sinar tersebut.
|
28
|
Disajikan gambar benda di depan
cermin datar, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk
|
29
|
|||
Penatulan
cahaya pada cermin cekung dan cembung
|
Disajikan beberapa pemantulan cahaya
pada cermin cekung, peserta didik dapat menentukan arah pemantulan arah
pemantulan cahaya yang benar
|
30
|
||
Disajikan gambar benda yang terletak
di depan cermin cekung, dan bayangannya, peserta didik dapat menentukan posisi
benda
|
31
|
|||
Disajikan gambar benda di depan
cermin cekung dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan perbesaran
bayangan
|
32
|
|||
Peserta didik dapat memberikan
contoh pemakaian cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari
|
33
|
|||
Pembiasan
cahaya
|
Disajikan beberapa gambar pembiasan
cahaya dari dua medaia optic berbeda, peserta didik dapat menentukan arah
pembiasan cahaya yang benar
|
34
|
||
Disajikan beberapa pembiasan cahaya
pada lensa cembung, peserta didik dapat menentukan arah pembiasan yang benar
|
35
|
|||
Disajikan gambar benda di depan
lensa cembung, peserta didik dapat menentukan perbesaran bayangan jika
besaran lain diketahui
|
36
|
|||
Disajikan gambar benda di depan lensa cembung pada posisi
tertentu, peserta didik dapat menentukan sifat bayangan yang terbentuk
|
37
|
|||
Disajikan gambar benda didepan lensa
cekung dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan jarak bayangan
yang terbentuk
|
38
|
|||
9
|
Mendiskripsikan
alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Alat-alat
optik
|
Peserta didik dapat menjelaskan
letak jatuhnya bayangan pada mata miopi dan menentukan jenis lensa kacamata
yang dapat membantunya
|
39
|
Peserta didik dapat menentukan letak
benda pada lup dengan pengamatan mata berakomodasi maksimum atau akomodasi
minimum dengan gambar.
|
40
|
No comments:
Post a Comment