KISI KISI PENULISAN SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS SEMESTER GENAP (2)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Jenjang Sekolah : SMP/MTs Koord. Penyusun : Drs. Budiantoro
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Penyusun :
Dadi Ardiansyah
Kelas /Semester :
VII/ 2 (dua) Drs. Sumarno
Bentuk Soal : Pilihan Ganda Sahrudin, S.Kom
Jumlah Soal : 50 Soal
Alokasi Waktu : 90 Menit
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
3. Mempraktekkan keterampilan dasar komputer
|
3. 1 Mengidentifikasi berbagai
komponen perangkat keras komputer
|
Perangkat keras
(hardware)
Ø Alat input
Ø Alat Proses
Ø Alat Output
Ø Perangkat Tambahan
Ø Media Penyimpanan
|
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan definisi komputer
Peserta didik dapat menyebutkan
sistem kerja komputer
Peserta didik dapat menyebutkan
fungsi komputer dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan generasi komputer berdasarkan ciri-cirinya
Peserta didik dapat menyebutkan
definisi dari perangkat keras komputer
Peserta didik dapat menyebutkan
fungsi dari perangkat masukan
Disajikan gambar, peserta didik
dapat memilih perangkat keras masukan
Peserta didik dapat menyebutkan
fungsi dari perangkat proses
Disajikan tabel, peserta didik
dapat menyebutkan perangkat yang termasuk perangkat proses
Disajikan pilihan gambar, peserta
didik dapat menyebutkan perangkat yang termasuk perangkat keluaran
Peserta didik dapat menyebutkan
jenis-jenis media cetak/printer sesuai dengan yang ada di pasaran saat ini
Disajikan tabel, siswa dapat
menyebutkan perangkat keluaran
Peserta didik dapat menyebutkan
fungsi perangkat perangkat tambahan
Disajikan pilihan gambar, peserta
didik dapat menyebutkan perangkat tambahan
Peserta didik dapat menyebutkan
fungsi media penyimpanan
Disajikan tabel, peserta didik
dapat menyebutkan macam-macam media penyimpanan
Peserta didik dapat menyebutkan
kafasitas media penyimpanan
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan media penyimpanan
|
1
2
3, 4
5,6
7
8
9, 10
11
12
13, 14
15, 16
17
18
19, 20
21
22
23, 24
25
|
|
3.2. Mengidentifikasi berbagai
perangkat lunak program aplikasi
|
Ø Perangkat lunak aplikasi (Application Software )
-
Pengolah kata
-
Pengolah angka
-
Pengolah grafis
-
Pengolah berbasis
presentasi
|
Peserta didik dapat menyebutkan
pengertian perangkat lunak komputer
Peserta didik dapat menyebutkan
pengertian program aplikasi
Disajikan tabel, peserta didik dapat
menyebutkan jenis software sistem operasi
Disajikan tabel, peserta didik
dapat menyebutkan jenis software program aplikasi
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan salah satu program aplikasi yang termasuk pengolah kata
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan salah satu program aplikasi yang termasuk pengolah angka
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menyebutkan salah satu program aplikasi yang termasuk pengolah presentasi
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh-contoh perangkat lunak pengolah kata
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh-contoh perangkat lunak pengolah angka
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh-contoh perangkat lunak pengolah presentasi/multimedia
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh-contoh sofware perangkat lunak pengolah grafis
|
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
,
|
|
3.3. Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa
program aplikasi
|
Kegunaan program aplikasi
-
Pengolah kata
-
Pengolah angka
-
Pengolah grafis
-
Pengolah berbasis
presentasi
-
Terdapat pada komputer
sekolah
|
Peserta didik dapat menyebutkan kegunaan
perangkat lunak program aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah kata dalam
kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah angka dalam
kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah presentasi dalam
kehidupan sehari-hari
Peserta didik dapat menyebutkan
contoh kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah grafis dalam
kehidupan sehari-hari
|
37
38, 39
40, 41
42
43
|
|
3.4. Mempraktikan satu program
aplikasi
|
Ø Menu dan shortcut program
aplikasi
|
Disajikan langkah mengaktifkan program aplikasi secara acak,
peserta didik dapat menyusun langkah yang benar mengaktifkan salah satu
program aplikasi
Peserta didik dapat menyebutkan
langkah mengaktifkan salah satu program aplikasi melalui tombol start atau tombol
shotcut
Disajikan gambar, peserta didik
dapat memilih ikon shotcut program aplikasi
Disajikan gambar, peserta didik
dapat memilih yang termasuk ikon objek di dektop
Peserta didik dapat menyebutkan
langkah menyimpan file pada salah satu program aplikasi
Peserta didik dapat menyebutkan
langkah mencetak file pada salah satu program aplikasi
Peserta didik dapat menyebutkan
langkah membuka file yang telah tersimpan pada salah satu program aplikasi
|
44
45
46
47
48
49
50
|
No comments:
Post a Comment