PEMERINTAH
PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN DASAR
MUSYAWARAH KERJA
KEPALA SEKOLAH (MMKS) SMP DKI JAKARTA
KISI-KISI
SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
Tahun 2013/2014
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas : VIII (Delapan)
Kurikulum Acuan :
KTSP
Waktu :
120 menit
Aspek :
Membaca dan Menulis
Disusun oleh:
Penyusun : Tim MGMP Bahasa Indonesia
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan/Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator
|
No Soal
|
1
|
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui
membaca intensif
|
VIII / 2
|
Isi berita
|
Disajikan kutipan teks
berita, siswa dapat:
|
1
|
Informasi yang kontradiktif
|
|
2
|
||||
Rumusan permasalahan
|
·
menentukan perumusan kalimat permasalahan yang
tepat untuk bahan diskusi.
|
3
|
||||
2
|
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
VIII / 2
|
Masalah utama teks berita
|
Disajikan dua teks
berita bertopik sama, siswa dapat:
·
menentukan persamaan masalah utama kedua teks
berita tersebut.
|
4
|
Penyajian teks berita
|
·
menentukan perbedaan unsur berita yang
mengakhiri penulisan kedua teks berita
tersebut.
|
5
|
||||
Penyajian teks berita
|
Disajikan dua teks
berita bertopik sama, siswa dapat menentukan perbedaan unsur berita yang
mengawali penulisan kedua teks berita
tersebut.
|
6
|
||||
3
|
Memahami buku novel remaja (asli atau
terjemahan) dan antologi puisi
|
Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel
remaja (asli atau terjemahan)
|
VIII / 2
|
Pelaku protagonis
|
Disajikan kutipan novel
remaja terjemahan, siswa dapat:
|
7
|
Bukti watak
|
|
8
|
||||
Latar waktu
|
|
9
|
||||
Perbedaan budaya
|
|
10
|
||||
Latar suasana
|
Disajikan kutipan novel
remaja asli/Indonesia, siswa dapat:
|
11
|
||||
Latar tempat
|
|
12
|
||||
Konflik
|
|
13
|
||||
Amanat cerita
|
Disajikan kutipan novel
remaja terjemahan, siswa dapat :
|
14
|
||||
Watak pelaku
|
|
15
|
||||
Latar waktu
|
|
16
|
||||
Pelaku antagonis
|
Disajikan kutipan novel
remaja asli/Indonesia, siswa dapat :
|
17
|
||||
Sudut pandang
|
|
18
|
||||
Nilai kehidupan
|
|
19
|
||||
4
|
Memahami buku novel remaja (asli atau
terjemahan) dan antologi puisi
|
Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku
antologi puisi
|
VIII / 2
|
Tema puisi
|
Disajikan dua puisi pendek, siswa dapat:
|
20
|
Isi puisi
|
|
21
|
||||
Amanat puisi
|
|
22
|
||||
Citraan puisi
|
|
23
|
||||
Majas
puisi
|
|
24
|
||||
5
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman,
teks berita, slogan/poster
|
Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
populer
|
VIII / 2
|
Isi buku
|
Disajikan kutipan
buku ilmu pengetahuan populer (2
paragraf) siswa dapat:
·
menentukan isi kutipan buku ilmu pengetahuan populer tersebut.
|
25
|
Rangkuman
|
·
menentukan rangkuman isi buku tersebut yang
tepat.
|
26
|
||||
Perbaikan penulisan rangkuman
|
Disajikan rangkuman isi
buku ilmu pengetahuan populer yang salah satu
penulisan kalimatnya tidak
tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya.
|
27
|
||||
6
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman,
teks berita, slogan/poster
|
Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
jelas
|
VIII / 2
|
Penentuan judul
|
Disajikan teks berita
tanpa judul, siswa dapat menentukan judul yang tepat.
|
28
|
Penulisan teks berita
|
Disajikan gambar
peristiwa, siswa dapat menentukan teks berita yang sesuai dengan gambar
tersebut.
|
29
|
||||
Perbaikan ejaan
|
Disajikan teks berita
dengan penulisan ejaan dan tanda
bacanya salah, siswa dapat:
·
menentukan perbaikan penulisan ejaan dalam teks
berita tersebut.
|
30
|
||||
Perbaikan tanda baca
|
·
menentukan perbaikan penulisan tanda baca dalam
teks berita tersebut.
|
31
|
||||
7
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman,
teks berita, slogan/poster
|
Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif
|
VIII / 2
|
Poster
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan pengumpulan dana bantuan bencana banjir, siswa dapat menentukan
kalimat poster yang berisi imbauan sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
32
|
Slogan
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan kebersihan di sekolah, siswa dapat:
|
33
|
||||
Poster
|
·
menentukan kalimat poster yang tepat sesuai
dengan ilustrasi.
|
34
|
||||
8
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman,
teks berita, slogan/poster
|
Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
jelas
|
VIII / 2
|
Penulisan teks berita
|
Disajikan pokok-pokok
berita, siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang tepat.
|
35
|
Penulisan teks berita
|
Siswa dapat menentukan
penulisan teks berita yang diawali dengan
unsur berita apa.
|
36
|
||||
Penulisan teks berita
|
Siswa dapat menentukan
penulisan teks berita yang diakhiri dengan
unsur berita kapan.
|
37
|
||||
Penulisan teks berita
|
Siswa dapat menentukan
penulisan teks berita yang diawali dengan
unsur berita di mana.
|
38
|
||||
Penulisan teks berita
|
Siswa dapat menentukan
penulisan teks berita yang diakhiri dengan
unsur berita siapa.
|
39
|
||||
Penulisan teks berita
|
Siswa dapat menentukan
penulisan teks berita yang berisi
unsur apa, kapan, di mana,
siapa.
|
40
|
||||
Penulisan teks berita
|
Disajikan teks berita
yang salah satu bagiannya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang
tepat untuk melengkapi teks berita tersebut.
|
41
|
||||
9
|
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman,
teks berita, slogan/poster
|
Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif
|
VIII / 2
|
Poster
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, siswa dapat menentukan kalimat
poster yang berisi pengumuman sesuai dengan kegiatan tersebut.
|
42
|
Poster
|
Disajikan ilustrasi
kegiatan penghijauan di sekolah, siswa dapat menentukan kalimat poster yang
berisi ajakan sesuai dengan kegiatan tersebut.
|
43
|
||||
Perbaikan poster
|
Disajikan sebuah ilustrasi
kegiatan siswa disertai dengan kalimat poster yang kurang tepat, siswa dapat
memperbaiki kalimat poster tersebut.
|
44
|
||||
10
|
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi
bebas
|
Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan
kata yang sesuai
|
VIII / 2
|
Penulisan puisi
|
Disajikan ilustrasi
pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan penulisan puisi yang sesuai
ilustrasi tersebut.
|
45
|
Penulisan puisi
|
Disajikan sebuah gambar
pemandangan, siswa dapat menentukan penulisan puisi yang sesuai gambar tersebut.
|
46
|
||||
Penulisan puisi
|
Disajikan sebuah puisi pendek
yang salah satu lariknya dihilangkan, siswa dapat menentukan larik
bermajas yang tepat untuk melengkapi
puisi tersebut.
|
47
|
||||
11
|
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi
bebas
|
Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur
persajakan
|
VIII / 2
|
Penulisan puisi
|
Disajikan sebuah puisi
pendek yang dua katanya dihilangkan,
siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat agar puisi tersebut berima baris.
|
48
|
Penulisan puisi
|
Disajikan sebuah puisi
pendek yang dua katanya dihilangkan, siswa dapat menentukan pilihan kata yang
tepat agar puisi tersebut berima sama.
|
49
|
||||
Penulisan puisi
|
Disajikan sebuah puisi
pendek yang beberapa katanya dihilangkan, siswa dapat menentukan pilihan kata
yang tepat agar puisi tersebut berima
silang.
|
50
|
No comments:
Post a Comment