Powered By Blogger

Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA ULANGAN KENAIKAN KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2013-2014




PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN DASAR
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MMKS) SMP DKI JAKARTA


KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
Tahun 2013/2014


Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia                                                                                      
Kelas                              : VIII (Delapan)                                                                                        
Kurikulum Acuan        : KTSP
Waktu                           : 120 menit
Aspek                            : Membaca dan Menulis

                             Disusun oleh:

Penyusun                       : Tim MGMP Bahasa Indonesia





No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bahan/Kelas
Semester
Materi
Indikator
No Soal
1
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring

Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif

VIII / 2

Isi berita

Disajikan kutipan teks berita, siswa dapat:
  • menentukan isi berita tersebut.

1
Informasi yang kontradiktif
  • menentukan informasi yang kontradiktif dalam teks berita tersebut.
2
Rumusan permasalahan

·         menentukan perumusan kalimat permasalahan yang tepat untuk bahan diskusi.
3
2
Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring

Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring

VIII / 2

Masalah utama teks berita
Disajikan dua teks berita bertopik sama, siswa dapat:
·         menentukan persamaan masalah utama kedua teks berita tersebut.  
4
Penyajian teks berita
·         menentukan perbedaan unsur berita yang mengakhiri penulisan  kedua teks berita tersebut.
5
Penyajian teks berita
Disajikan dua teks berita bertopik sama, siswa dapat menentukan perbedaan unsur berita yang mengawali penulisan  kedua teks berita tersebut.
6
3
Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi

Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan)
VIII / 2

Pelaku protagonis


Disajikan kutipan novel remaja terjemahan, siswa dapat:
  • menentukan pelaku protagonis dalam kutipan novel tersebut.


7
Bukti watak

  • menentukan bukti watak pelaku protagonis dalam kutipan tersebut.
8
Latar waktu

  • menentukan latar waktu dalam kutipan novel tersebut.
9
Perbedaan budaya

  • menentukan perbedaan budaya yang terdapat dalam novel tersebut dengan budaya Indonesia
10
Latar suasana


Disajikan kutipan novel remaja asli/Indonesia, siswa dapat:
  • menentukan latar suasana dalam kutipan novel  tersebut.


11
Latar tempat

  • menentukan latar tempat dalam kutipan novel  tersebut.
12
Konflik

  • menentukan konflik (bukan jenis konflik) yang terjadi dalam kutipan novel tersebut.
13
Amanat cerita

Disajikan kutipan novel remaja terjemahan, siswa dapat :
  • menentukan amanat novel  tersebut.

14
Watak pelaku

  • menentukan watak salah satu tokoh dalam kutipan novel tersebut.
15
Latar waktu

  • menentukan latar waktu dalam kutipan novel tersebut.
16

Pelaku antagonis

Disajikan kutipan novel remaja asli/Indonesia, siswa dapat :
  • menentukan pelaku antagonis dalam kutipan novel tersebut
17
Sudut pandang
  • menentukan sudut pandang yang digunakan dalam novel tersebut.
18
Nilai kehidupan
  • menentukan nilai kehidupan yang terdapat dalam   novel  tersebut.
19
4
Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi
VIII / 2


Tema puisi
Disajikan  dua puisi pendek, siswa dapat:
  • menentukan tema kedua puisi tersebut.
20
Isi puisi
  • menentukan isi kedua puisi tersebut.
21
Amanat puisi
  • amanat kedua  puisi tersebut.
22
Citraan puisi
  • menentukan citraan yang menonjol pada kedua puisi.
23
Majas  puisi
  • menentukan majas dalam  kedua puisi tersebut.
24
5
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer


VIII / 2


Isi buku


Disajikan kutipan buku  ilmu pengetahuan populer (2 paragraf) siswa dapat:
·         menentukan isi kutipan buku  ilmu pengetahuan populer tersebut.


25
Rangkuman
·         menentukan rangkuman isi buku tersebut yang tepat.
26
Perbaikan penulisan rangkuman
Disajikan rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer yang salah satu  penulisan kalimatnya  tidak tepat, siswa dapat menentukan perbaikannya.
27
6
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas

VIII / 2

Penentuan judul

Disajikan teks berita tanpa judul, siswa dapat menentukan judul yang tepat.
28
Penulisan teks berita
Disajikan gambar peristiwa, siswa dapat menentukan teks berita yang sesuai dengan gambar tersebut.
29


Perbaikan ejaan

Disajikan teks berita dengan  penulisan ejaan dan tanda bacanya salah,  siswa dapat:
·         menentukan perbaikan penulisan ejaan dalam teks berita tersebut.


30
Perbaikan tanda baca
·         menentukan perbaikan penulisan tanda baca dalam teks berita tersebut.
31
7
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster

Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif
VIII / 2


Poster

Disajikan ilustrasi kegiatan pengumpulan dana bantuan bencana banjir, siswa dapat menentukan kalimat poster yang berisi imbauan sesuai dengan ilustrasi  tersebut.

32
Slogan

Disajikan ilustrasi kegiatan kebersihan di sekolah, siswa dapat: 
  • menentukan slogan yang sesuai.
33
Poster

·         menentukan kalimat poster yang tepat sesuai dengan ilustrasi.
34
8
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster
Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas

VIII / 2

Penulisan teks berita
Disajikan pokok-pokok berita, siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang tepat.
35
Penulisan teks berita
Siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang diawali dengan  unsur berita apa.
36
Penulisan teks berita
Siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang diakhiri dengan  unsur berita kapan.
37
Penulisan teks berita
Siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang diawali dengan  unsur berita di mana.
38
Penulisan teks berita
Siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang diakhiri dengan  unsur berita siapa.
39
Penulisan teks berita
Siswa dapat menentukan penulisan teks berita yang berisi  unsur apa, kapan, di mana, siapa.
40
Penulisan teks berita
Disajikan teks berita yang salah satu bagiannya dirumpangkan, siswa dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapi teks berita tersebut.
41
9
Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster

Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi serta persuasif
VIII / 2

Poster


Disajikan ilustrasi kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, siswa dapat menentukan kalimat poster yang berisi pengumuman sesuai dengan kegiatan tersebut.
42
Poster

Disajikan ilustrasi kegiatan penghijauan di sekolah, siswa dapat menentukan kalimat poster yang berisi ajakan sesuai dengan kegiatan tersebut.
43
Perbaikan poster

Disajikan sebuah ilustrasi kegiatan siswa disertai dengan kalimat poster yang kurang tepat, siswa dapat memperbaiki kalimat poster tersebut.
44
10
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas

Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
VIII / 2

Penulisan puisi

Disajikan ilustrasi pengalaman seseorang, siswa dapat menentukan penulisan puisi yang sesuai ilustrasi tersebut.
45
Penulisan puisi
Disajikan sebuah gambar pemandangan, siswa dapat menentukan penulisan puisi yang sesuai gambar tersebut.
46
Penulisan puisi
Disajikan sebuah puisi pendek yang salah satu lariknya dihilangkan, siswa dapat menentukan larik bermajas  yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut.
47
11
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam puisi bebas

Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
VIII / 2


Penulisan puisi

Disajikan sebuah puisi pendek yang dua  katanya dihilangkan, siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat agar puisi tersebut  berima baris.
48
Penulisan puisi

Disajikan sebuah puisi pendek yang dua katanya dihilangkan, siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat agar puisi tersebut  berima sama.
49
Penulisan puisi

Disajikan sebuah puisi pendek yang beberapa katanya dihilangkan, siswa dapat menentukan pilihan kata yang tepat agar puisi tersebut  berima silang.
50



                       







No comments:

Post a Comment