PEMERINTAH PROPINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
MUSYAWARAH
KEPALA SEKOLAH (MKS) SMP
DKI
JAKARTA
|
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
|
Mata
Pelajaran
|
: IPS
|
|
Penyusun :
|
Kelas /
Smt
|
: VIII
|
|
1.
Sutarjo, SPd
|
Jumlah
Soal
|
: 50
butir
|
|
2. Drs. Warno, M.Si
|
Bentuk
Soal
|
: Pilihan Ganda
|
|
3.
Drs. H. Subadri, MM
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
1.
|
6. Memahami pranata dan
penyimpangan sosial
|
6.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan
sosial
|
Syarat terjadinya hubungan sosial
|
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat
menentukan syarat terjadinya hubungan sosial.
|
1.
|
|
|
|
Kontak sosial
|
Disajikan gambar tentang kontak sosial, peserta didik
dapat menentukan jenis kontak sosial yang terjadi dalam gambar tersebut.
|
2.
|
|
|
|
Jenis hubungan sosial
|
Disajikan contoh peristiwa hubungan sosial peserta didik mampu mengidentifikasi
hubungan sosial tersebut.
|
3.
|
|
|
|
Akomodasi
|
Disajikan contoh akomodasi, Peserta
didik dapat menentukan jenis akomodasi seperti dalam contoh.
|
4.
|
|
|
|
Bentuk-bentuk hubungan disosiatif
|
Disajikan gambar bentuk hubungan soaial tertentu (asosiatif/disosiatif), peserta didik dapat
menentukan bentuk hubungan sosial seperti pada gambar.
|
5.
|
|
|
|
Pertentangan (konflik)
|
Disajikan contoh pertentangan(konflik) di masyarakat, peserta didik
dapat menentukan penyebab terjadinya konflik tersebut.
|
6.
|
|
|
6.2 .Mendeskripsikan pranata sosial
dalam kehidupan masyarakat
|
Pranata dan lembaga sosial
|
Peserta didik dapat menentukan kaitan pranata sosial
dengan lembaga sosial.
|
7.
|
|
|
|
Manfaat pranata sosial
|
Peserta didik dapat menentukan manfaat pranata sosial dalam masyarakat.
|
8.
|
|
|
|
Ciri-ciri pranata sosial
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan ciri
pranata sosial dari pernyataan tersebut.
|
9.
|
|
|
|
Jenis-jenis pranata sosial
|
Disajikan daftar tujuan pranata sosial,
peserta didik dapat menentukan tujuan pranata tertentu.
|
10.
|
|
|
|
Pranata keluarga
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi salah satu fungsi pokok pranata
keluarga.
|
11.
|
|
|
|
Peranan pranata politik dalam masyarakat
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi peranan
pranata politik dalam kehidupan masyarakat
|
12.
|
|
|
6.3. Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial
|
Tujuan pengendalian sosial
|
Peserta didik dapat menentukan tujuan pengendalian sosial.
|
13.
|
|
|
|
Bentuk penyimpangan sosial dan
pengendalian sosial yang sesuai
|
Disajikan d bentuk penyimpangan sosial di masyarakat, peserta didik
dapat menentukan bentuk pengendalian sosial yang sesuai dengan penyimpangan
sosial tersebut.
|
14.
|
|
|
|
Pengendalian sosial yang bersifat represif/prefentif
dalam masyarakat
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi pengendalian sosial yang bersifat represif/
prefentif dalam kehidupan masyarakat
|
15.
|
|
|
|
Bentuk pengendalian sosial oleh
lembaga pengendalian sosial
|
Disajikan gambar pengendalian sosial di masyarakat yang dilakukan oleh
lembaga tertentu, peserta didik dapat menentukan bentuk pengendalian sosial
tersebut.
|
16.
|
|
|
|
Tindakan positif untuk
pengendalian sosial
|
Peserta didik dapat menentukan contoh tindakan positif untuk
pengendalian sosial.
|
17.
|
|
|
|
Peranan lembaga pengendalian
sosial
|
Disajikan daftar
peranan pengendalian sosial, peserta didik dapat menentukan lembaga yang
sesuai dengan peranan tersebut.
|
18.
|
|
5. Memahami
usaha persiapan kemerdekaan.
|
5.2.Menjelaskan Proses persiapan
kemerde-kaan Indonesia.
|
Alasan Jepang
membentuk BPUPKI.
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan alasan/latar
belakang dibentuknya BPUPKI.
|
19.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi nama tokoh yang
terpilih sebagai Ketua BPUPKI.
|
20.
|
|
|
|
Penyusunan
dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan hal/materi/masalah
yang dibahas pada sidang BPUPKI yang pertama.
|
21.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan tugas Panitia
Sembilan.
|
22.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi tokoh ahli hukum
tata negara yang menjadi ketua tim perancang UUD 1945.
|
23.
|
|
|
|
Peranan PPKI
dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi nama tokoh yang
terpilih sebagai Ketua PPKI
|
24.
|
|
|
5.1.Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa
sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik
Indonesia
|
Perbedaan
perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi faktor perbedaan
yang mendasar antara Golongan Pemuda dengan Golongan Dewasa mengenai
proklamasi kemerdekaan Indonesia.
|
25.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan alasan para pemuda
menculiki Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.
|
26.
|
|
|
|
Kronologi
proklamasi kemerdekaan Indonesia
|
Disajikan daftar tata laksana upacara poklamasi
kemerdekaan 1945 peserta didik dapat menentukan urutan acara yang benar.
|
27.
|
|
|
|
Penyebaran
berita proklamasi kemerdekaan melalui berita
radio,panflet,selebaran
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan media yang digunakan
untuk menyebarluaskan berita proklamasi beberapa saat setelah proklamasi
kemerdekaan Indonesia.
|
28.
|
|
|
|
Proses
terbentuknya negara dan pemerintah
Republik Indonesia dengan sidang PPKI
|
Disajikan hasil-hasil sidang PPKI peserta didik dapat mengidentifikasi
hasil sidang PPKI pertama.
|
29.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan jumlah pembagian
wilayah provinsi di Indonesia pada awal kemerdekaan.
|
30.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifiksi lembaga yang pada
awal kemerdekaan menjalankan fungsi sebagai parlemen (DPR).
|
31.
|
|
|
|
Dukungan dari
berbagai daerah berupa dukungan spontan dan tindakan heroik dari berbagai
daerah
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi arti penting
pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada tanggal 5 September 1945.
|
32.
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi dua peristiwa
dukungan spontan rakyat terhadap proklamasi yang terjadi pada tanggal yang
sama, yaitu tanggal 19 September 1945
|
33.
|
|
|
7.2.Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam
sistem perekonomian Indonesia
|
Sektor
usaha informal
|
Disajikan
daftar sektor usaha yang banyak
berkembang di kota Jakarta, peserta didik dapat mengidentifikasi sektor usaha informal yang keberadaannya
sangat membantu masyarakat ekonomi lemah
|
34.
|
|
|
|
Perbedaan
sektor usaha formal dan informal
|
Melalui tabel peserta
didik dapat menjelaskan perbedaan sektor usaha formal dan informal dalam
sistem perekonomian Indonesia
|
35.
|
|
|
|
Ciri negatif
yang harus dihindari dalam sistem perekonomian Indonesia
|
Disajikan
daftar ciri-ciri sistem perekonomian, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri negatif yang harus dihindari dalam sistem
perekonomian Indonesia
|
36.
|
|
|
|
Misi BUMN
|
Mengidentifikasi misi didirikannya BUMN bagi kesejahteraan masyarakat
|
37.
|
|
|
|
Jenis
Perusahaan yang dikelola oleh BUMN
|
Disajikan
tabel nama-nama perusahaan, peserta didik dapat menentukan jenis perusahaan
yang termasuk BUMN
|
38.
|
|
|
|
Pengelola
perusahaan bentuk PT
|
Disajikan
daftar pengelola perusahaan, peserta didik dapat menentukan pengelola perusahaan bentuk PT
|
39.
|
|
|
7.3.Mendeskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian nasional
|
Manfaat pajak
bagi masyarakat
|
Menjelaskan
manfaat pajak yang bisa langsung dinikmati masyaarakat umum
|
40.
|
|
|
|
Pajak Negara
dan Pajak Daerah
|
Disajikan
table jenis-jenis pajak, peserta didik dapat menentukan contoh
pajak yang dipungut oleh pemerintah
daerah/pajak pusat
|
41.
|
|
|
|
Fungsi Pajak
|
Disajikan
daftar fungsi-fungsi pajak, peserta didik dapat menunjukkan fungsi pajak tertentu (fungsibudgeter/fungsi regulasi/fungsi sosial/fungsi
retribusi pendapatan).
|
42.
|
|
|
|
Jenis pajak
yang menjadi tanggungan keluarga peserta didik
|
Disajikan
tabel jenis-jenis pajak, peserta didik dapat menunjukkan jenis pajak yang
menjadi tanggungan keluarga peserta didik
|
43.
|
|
|
|
Pajak langsung
dan tidak langsung
|
Disajikan
ilustrasi kegiatan usaha tertentu, peserta didik dapat menentukan pajak
langsung/tidak langsung
|
44.
|
|
|
|
Pajak pusat
dan pajak daerah
|
Disajikan daftar jenis-jenis pajak, peserta didik dapat menunjukkan
jenis pajak perseorangan/badan
usaha.
|
45.
|
|
|
7.4 Mendeskripsikan permintaan
dan penawaran
serta terbentuknya harga pasar
|
Permintaan/penawaran
|
Peserta didik dapat menjelaskan
keterkaitan antara harga dengan jumlah permintaan/penawaran
|
46.
|
|
|
|
Kurve permintaan dan kurve penawaran
|
Disajikan beberapa contoh kurva, peserta
didik dapat menentukan bentuk kurva tertentu (permintaan/penawaran)
|
47.
|
|
|
|
Proses terbentuknya harga
|
Menjelaskan proses terbentuknya harga
pasar
|
48.
|
|
|
|
Peranan konsumen terhadap pembentukan
harga pasar
|
Peserta didik dapat menjelaskan peranan konsumen terhadap pembentukan harga pasar
|
49.
|
|
|
|
Kurve harga keseimbangan
|
Disajikan kurva permintaan dan penawaran
dalam satu gambar, peserta didik dapat menentukan letak titik harga
keseimbangan
|
50.
|
No comments:
Post a Comment