KISI-KISI
PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
Jenis Sekolah :
SMP /MTs
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/smtr : VII( Tujuh)/ 2
Kurikulum
Acuan : KTSP
Alokasi
Waktu : 120 menit
Jumlah
Soal : 50
Bentuk
Soal : Pilihan Ganda
Bahan
Kelas/Semester : VII/2
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN KELAS/
SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
1
|
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat,lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan linkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa,meminta dan
memberi barang ,serta meminta dan memberi fakta.
|
VII/2
|
Ungkapan
meminta barang.
|
Disajikan
sebuah dialog singkat yang memuat ungkapan meminta barang, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
gambaran umum dialog dengan
tepat.
|
1
|
|
Disajikan
sebuah dialog yangsama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
informasi tertentu dalam dialog dengan tepat
|
2
|
||||
|
Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang sama yang memuat kata ganti
tertentu yang digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.
|
3
|
||||
2
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksionaldan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional ( toget things done ) dan interpersonal
(bersosialisasi)sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisansecara
akurat , lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member pendapat, menyatakan suka
dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal.
|
VII/2
|
Transactional/Interpersonal
( Asking for clarification)
·
Gambaran umum
|
Disajikan
sebuah dialog singkat yang memuat ungkapan meminta klarifikasi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
gambaran umum dalam dialog
dengan tepat.
|
4
|
|
|
|
|
·
Makna ungkapan
|
\
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip
dari dialog yang sama yang memuat ungkapan klarifikasi , siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
makna dari ungkapan tersebut dengan tepat.
|
5
|
|
Disajikan
sebuah dialog yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
informasi tersirat dalam teks dengan tepat
|
6
|
||||
3
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksionaldan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional ( toget things done ) dan interpersonal
(bersosialisasi)sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisansecara
akurat , lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon
secara interpersonal.
|
VII/2
|
Transaksional/Interpersonal.
|
Disajikan
sebuah dialog pendek sederhana yang belum lengkap, siswa dapat menentukan ungkapan
menyatakan suka yang tepat untuk melengkapinya.
|
7
|
4
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksionaldan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional ( toget things done ) dan interpersonal
(bersosialisasi)sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisansecara
akurat , lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
yang melibatkan tindak tutur: meminta dan member pendapat, menyatakan suka
dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal.
|
VII/2
|
·
Ungkapan
meminta pendapat
|
Disajikan
sebuah dialog pendek sederhana yang
belum lengkap siswa dapat menentukan ungkapan meminta pendapat yang tepat
untuk melengkapinya.
|
8
|
5
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat.
|
VII/2
|
Short
Functional Text
Greeting
Card
·
Informasi
tertentu
|
Disajikan sebuah teks berbentuk greeting card,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu
dalam teks dengan tepat.
|
9
|
·
Tujuan
komunikatif.
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan
komunikatif teks tersebut dengan
tepat.
|
10
|
||||
6
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat.
|
VII/2
|
Prohibition
·
Makna
teks
|
Disajikan sebuah teks berbentuk prohibition, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari prohibition tersebut dengan tepat.
|
11
|
7
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat.
|
VII/2
|
Shopping List
·
Informasi
tertentu
|
Disajikan
sebuah teks berupa shopping list terkait dunia sekolah, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut
dengan tepat.
|
12
|
·
Makna
kata/frasa/kalimat
|
Disajikan
sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang sama yang salah satu katanya di
garis bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata tersebut dengan tepat.
|
13
|
||||
·
Informasi
rinci
|
Disajikan
sebuah teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
Informasi
rinci
|
14
|
||||
·
Tujuan
komunikatif
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
|
15
|
||||
8
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat.
|
VII/2
|
Short
Instruction
|
Disajikan
sebuah teks berupa short instruction, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang makna dari instruction tersebut dengan tepat.
|
16
|
9
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
VII/2
|
Announcement
|
Disajikan sebuah teks berupa announcement terkait
dengan kegiatan siswa, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi
tertentu dalam teks dengan tepat.
|
17
|
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks dengan tepat.
|
18
|
||||
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan
komunikatif dari teks dengan tepat.
|
19
|
||||
|
Disajikan
sebuah kalimat yang di kutip dari teks yang sama, yang salah satu katanya digaris
bawahi , siswa dapat menentukan makna kata/frasa tersebut dengan tepat.
|
20
|
||||
10
|
Memahami
makna teks tulis fungsional dan esei
pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
|
Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Descriptive
Text:
Tempat(Library))
|
Disajikan sebuah teks berbentuk descriptive tentang
Library, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu
dalam teks dengan tepat.
|
21
|
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi
rinci dalam teks dengan tepat
|
22
|
||||
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok
pikiran dari paragraph tertentu dalam
teks dengan tepat.
|
23
|
||||
|
Disajikan
sebuah kalimat yang di kutip dari teks
yang sama, yang memuat kata ganti tertentu
yang di garis bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.
|
24
|
||||
11
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
VII/2
|
ProcedureText
Tentang membuat
sesuatu
|
Disajikan sebuah teks procedure tentang cara
membuat sesuatu, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi
tertentu dalam teks dengan tepat.
|
25
|
|
Disajikan sebuah teks procedure yang sama, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks dengan
tepat.
|
26
|
||||
|
Disajikan
teks yang sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks dengan tepat.
|
27
|
||||
|
Disajikan
sebuah kalimat yang di kutip dari teks yang sama yang memuat kata ganti
tertentu yang di garis bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut dengan tepat.
|
28
|
||||
12
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Descriptive
text.
Orang/Tokoh
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang seseorang,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks tersebut dengan
tepat.
|
29
|
|
Disajikan teks
yang sama,siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks dengan tepat
|
30
|
||||
|
Disajikan
teks yang sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok
pikiran paragraf tertentu dengan tepat.
|
31
|
||||
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan
komunikatif teks dengan tepat.
|
32
|
||||
13
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive dan procedure
|
VJJ/2
|
Procedure
text
Tentang
Minuman
|
Disajikan sebuah teks procedure terkait dengan minuman,siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi tertentu
dalam teks dengan tepat
|
33
|
|
|
|
|
|
Disajikan teks procedure yang sama, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
informasi rinci dalam teks
dengan tepat.
|
34
|
|
Disajikan
sebuah kalimat yang di kutip dari teks yang sama, yang salah satu katanya
digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
makna kata tersebut dengan tepat.
|
35
|
||||
14
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Descriptive
text
Tentang
Benda kesayangan
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang benda
kesayangan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks dengan tepat.
|
36
|
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pokok
pikiran salah satu paragraph teks dengan tepat.
|
37
|
||||
|
Disajikan sebuah teks yang sama,siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang
informasi rinci dalam teks dengan tepat
|
38
|
||||
15
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Procedure
text
Tentang
cara membuat sesuatu/mengoperasikan sesuatu
|
Disajikan
sebuah teks procedure tentang cara membuat sesuatu dengan empat rumpang yang
masing- masing rumpangnya diberi nomor, siswa dapat menentukan kata benda
yang tepat untuk melengkapinya.
|
39
|
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk
melengkapinya.
|
40
|
||||
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk
melengkapinya.
|
41
|
||||
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan kata keterangan (adverb of manner)
yang tepat untuk melengkapinya.
|
42
|
||||
16
|
Memahami
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk
descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
Merespon
makna dan langkah retorika secara akurat,lancar dan berterima dalam esei
sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks
berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Descriptive
text
Tentang
binatang kesayangan
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang binatang
kesayangan,siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dari teks dengan tepat.
|
43
|
|
Disajikan
teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang pokok pikiran dari salah satu paragraf dengan tepat.
|
44
|
||||
|
Disajikan sebuah kutipan kalimat dari teks yang
sama, yang salah satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang makna kata /frasa
tersebut dengan tepat.
|
45
|
||||
17
18
|
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Teks
descriptive
|
Disajikan sebuah teks descriptive tentang tokoh
tertentu dengan tiga rumpang yang masing-masing rumpangnya diberi nomor, siswa dapat
menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
|
46
|
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
kata kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
|
47
|
||||
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
kata kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
|
48
|
||||
|
Disajikan kata-kata acak dari sebuah kalimat
perintah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kata-kata yang tepat untuk
membentuk kalimat perintah yang tepat.
|
49
|
||||
19
|
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat ,lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
|
VII/2
|
Prosedure text
|
Disajikan kalimat – kalimat dari teks procedure
sederhana yang diacak, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang
susunan kalimat yang tepat untuk membentuk teks procedure yang padu.
|
50
|
No comments:
Post a Comment