PEMERINTAH
PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS
SEKOLAH MENENGAH
PERTAMA (SMP)
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BENTUK
SOAL : PILIHAN GANDA
KELAS : VII JUMLAH
SOAL : 50 SOAL
SEMESTER : 2 WAKTU : 90 MENIT
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO
SOAL
|
|
9. Menerapkan Hukum bacaan nun mati/tanwin dan
mim mati.
|
9.1. Menjelaskan hukum bacaan nun mati / tanwin
dan mim mati
|
Hukum
Bacaan Nun Mati / Tanwin Dan Mim Mati
|
Disajikan
beberapa nama hukum bacaan tajwid, peserta didik dapat menentukan nama hukum
bacaan yang berkaitan dengan nun mati/tanwin.
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan iqlab .
Disajikan
beberapa huruf hijaiyah, peserta didik dapat menunjukkan huruf idzhar halqi.
Disajikan
beberapa huruf hijaiyah, peserta didik dapat menunjukkan huruf idghom
bigunnah.
|
1
2
3
4
|
|
|
9.2. Memebedakan hukum bacaan nun mati/tanwin
dan mim mati
|
Hukum Bacaan Nun Mati
/ Tanwin Dan Mim Mati
|
Peserta
didik dapat membedakan antara hukum bacaan idzhar halqi dan idzhar syafawi.
Peserta
didik dapat membedakan antara hukum bacaan idgham bigunah dengan idgham
mutamatsilaini
|
5
6
|
|
|
9.3. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan
mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Quran dengan benar
|
Hukum Bacaan Nun Mati
/ Tanwin Dan Mim Mati
|
Disajikan
lafadz-lafadz yang mengandung hukum nun sukun/mati dan tanwin, peserta didik
dapat menunjukkan contoh hukum bacaan ikhfa.
Disajikan
beberapa ayat al quran, peserta didik dapat menunjukkan contoh hukum bacaan
iqlab.
Disajikan
ayat Al-Quran , peserta didik dapat menunjukkan contoh
hukum bacaan idghom bilaa ghunnah.
Disajikan
beberapa ayat al quran, peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan idgham
mutamatsilaini.
Disajikan
beberapa ayat al quran , peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan idzhar
syafawi
|
7
8
9
10
11
|
2
|
10.
Meningkatkan keimanan kepda Malaikat
|
10.1. Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
|
Beriman
Kepada Malaikat.
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan pengertian beriman kepada
malaikat .
Ditampilkan
salah satu dalil naqli tentang iman kepada Malaikat, peserta didik dapat
menjelaskan kandungan singkat ayat tersebut
Disajikan
Al-Quran surat At-Tahrim ayat 6,
peserta didik dapat menjelaskan makna kandungan ayat tersebut.
Ditampilkan
beberapa nama malaikat,peserta didik dapat menunjukkan nama malaikat dan
tugasnya.
|
12
13
14
15
|
|
|
10.2. Menjelaskan tugas-tugas malaikat
|
Beriman
Kepada Malaikat.
|
Didiskripsikan
tentang prilaku manusia, peserta didik dapat menunjukkan nama malaikat yang bertugas
berkaitan dengan perilaku tersebut.
Disajikan
ayat Al Quran tentang tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai dengan
ayat tersebut.
Didiskripsikan
ilustrasi tentang fenomena alam, peserta didik dapat menunjukkan nama
malaikat yang bertugas berkaitan dengan fenomena tersebut.
Ditampilkan
tabel tentang nama malaikat dan tugas-tugasnya, peserta didik dapat
menentukan pasangannya dengan tepat.
Didiskripsikan
ilustrasi tentang peristiwa-peristiwa kehidupan akhirat, peserta didik dapat
menunjukkan nama malaikat yang bertugas sesuai dengan ilustrasi tersebut.
|
16
17
18
19
20
|
3
|
11.
Membiasakan prilaku terpuji.
|
11.
1. Menjelaskan arti kerja keras ,
tekun, ulet dan teliti
|
Kerja
Keras , Tekun, Ulet Dan Teliti
|
Didiskripsikan
pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan
pengertian perilaku kerja keras.
Didiskripsikan
pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan
pengertian perilaku tekun.
Didiskripsikan
pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan
pengertian perilaku ulet.
Didiskripsikan
pernyataan tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan
pengertian perilaku teliti.
|
21
22
23
24
|
|
|
11.2. Menampilkan contoh perilaku kerja keras,
tekun, ulet dan teliti
|
Kerja
Keras , Tekun, Ulet Dan Teliti
|
Ditampilkan
ilustrasi contoh perilaku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, peserta
didik dapat menentukan istilah yang tepat dari salah satu perilaku terpuji
tersebut.
Ditampilkan
ilustrasi contoh perilaku yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah, peserta
didik dapat menentukan istilah yang tepat dari salah satu perilaku terpuji
tersebut.
Peserta
didik dapat menunjukkan tanda-tanda seseorang yang berperilaku kerja keras.
|
25
26
27
|
|
|
11.
3. Membiasakan prilaku kerja keras,
ulet, tekun dan teliti
|
Kerja
Keras , Tekun, Ulet Dan Teliti
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara membiasakan prilaku
kerja keras dalam kehiduan sehari-hari
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara membiasaan prilaku
ulet dalam kehiduan sehari-hari
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan manfaat prilaku teliti.
Disajikan
beberapa manfaat perilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan manfaat
perilaku tekun.
|
28
29
30
31
|
4
|
12.
Memahami tatacara shalat Jum’at.
|
12.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat
Jum’at
|
Shalat Jum’at
|
Ditampilkan
tatabcara salat Jum’at, Peserta didik dapat menunjukkan syarat wajib shalat
Jum’at.
Peserta
didik dapat menunjukkan syarat sah shalat Jum’at.
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan rukun khutbah shalat
Jum’at
|
32
33
34
|
|
|
12.2. Mempraktekkan shalat Jum’at
|
Shalat Jum’at
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan hal-hal yang disunahkan pada
pelaksanaan shalat Jum’at
Peserta
didik dapat menentukan adab jamaah jum’at ketika khatib sedang berkhutbah.
Disajikan
hadits tentang larangan salat Jm’at Peserta didik dapat menunjukkan orang
yang tidak wajib shalat Jum’at berdasarkan hadits rasulullah tersebut.
|
35
36
37
|
5
|
13.
Memahami tatacara shalat Jama dan Qashar (8)
|
13.1. Menjelaskan shalat Jama dan Qashar
|
Shalat Jama Dan Qashar
|
Ditampilkan
potongan ayat Al-quran tentang salat jamak qashar, siswa menentukan dengan
tepat nama surat dan ayatnya.
Ditampilkan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat Jamak,
Ditampilkan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat Qashar
Ditampilkan
beberapa nama shalat fardhu, peserta didik dapat menunjukkah shalat fardhu
yang boleh dijamak
Ditampilkan
beberapa nama shalat fardhu, peserta didik dapat menunjukkah shalat fardhu
yang tidak boleh diqashar.
|
38
39
40
41
42
|
|
|
13.2. Mempraktikkan shalat Jama dan Qashar
|
Shalat Jama Dan Qashar
|
Dididiskripsikan
keadaan seseorang yang sedang dalam
perjalanan, peserta didik dapat menunjukkan cara mengerjakan shalat fardhu
secara jamak.
Dididiskripsikan
keadaan seseorang yang sedang dalam
perjalanan, peserta didik dapat menunjukkan cara mengerjakan shalat fardhu
secara Qashar
Dididiskripsikan
keadaan seseorang yang sedang dalam
perjalanan, peserta didik dapat menunjukkan cara mengerjakan shalat fardhu
secara Jama Qashar .
|
43
44
45
|
6
|
14.
Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
14.1.
Menjelaskan Misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak membangun
manusia mulia dan bermanfaat
|
Sejarah Nabi Muhammad
SAW
|
Ditampilkan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara dakwah Nabi
muhammad SAW ketika menghadapi masyarakat Makkah.
|
46
|
|
|
14.2
Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian dan kemajuan masyarakat
|
Sejarah Nabi Muhammad
SAW
|
Disajikan
Al-Quran surat Al-Anbiya ayat 107 dan terjemahannya, peserta didik dapat menyimpulkan
isi kandungannya secara tepat.
Ditampilkan
contoh perilaku rasulullah saw , peserta didik dapat menentukan misi
rasulullah yang sesuai dengan contoh perilaku tersebut.
|
47
48
|
|
|
14.3.
Meneladani perjuangan Nabi dan para shahabat dalam menghadapi masyarakat
Makkah
|
Sejarah Nabi Muhammad
SAW
|
Disajikan
beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan cara meneladani Khalifah
Abu bakar As-Shidiq.
Peserta
didik dapat menunjukkan sifat mulia khalifah Umar bin Khatab yang bisa dijadikan
sebagai teladan bagi umat Islam.
|
49
50
|
Jakarta, 23 Januari 2014
Penyusun:
1. Hasyim
Asyari, S.Ag ( Ketua )
2. Drs.
H. Muhaemin, ( Anggota )
3. Drs.H.Nasrudin,
MA.Pd
No comments:
Post a Comment