PEMERINTAH
PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH (MMKS) SMP DKI JAKARTA
KISI-KISI SOAL
ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
Tahun 2013/2014
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas : VII (Tujuh)
Kurikulum
Acuan : KTSP
Waktu : 120 menit
Aspek : Membaca
dan Menulis
Disusun
oleh:
Penyusun : Tim MGMP Bahasa
Indonesia SMP
Provinsi DKI Jakarta
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Bahan/Kelas
Semester
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
Memahami wacana tulis melalui kegiatan
membaca intensif dan membaca memindai
|
Mengungkapkan hal-hal yang
dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
|
VII/2
|
Keistimewaan tokoh
|
Disajikan
satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat:
·
menentukan jawaban dari pertanyaan biografi tersebut
·
menentukan keistimewaan tokoh pada biografi
tersebut.
|
1
2
|
Hal yang patut diteladani dari tokoh
|
Disajikan
satu paragraf biografi (5-6 kalimat), siswa dapat:
·
menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi
biografi tersebut.
·
menentukan hal yang patut diteladani dari
tokoh tersebut
|
3
4
|
||||
Simpulan dan komentar tentang tokoh
|
Disajikan satu paragraf biografi (5-6
kalimat), siswa dapat:
·
menentukan simpulan tentang tokohnya.
·
menentukan komentar tentang tokohnya
|
5
6
|
||||
Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
|
VII/2
|
Kalimat utama paragraf
|
Disajikan sebuah paragraf (5-6 kalimat),
siswa dapat:
·
menentukan pertanyaan yang sesuai dengan isi
paragraf tersebut.
·
menentukan kalimat utama paragraf tersebut.
|
7
8
|
||
Gagasan utama paragraf
|
Disajikan sebuah paragraf (5-6 kalimat),
siswa dapat:
·
menentukan topik paragraf tersebut.
·
menentukan gagasan utama paragraf tersebut.
|
9
10
|
||||
Simpulan bacaan
|
Disajikan sebuah paragraf
(4-5 kalimat), siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut.
|
11
|
||||
Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
|
VII/2
|
Pertanyaan isi tabel
|
Disajikan
sebuah tabel, siswa dapat:
·
menentukan pertanyaan sesuai isi tabel
·
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah
satu bagian (kolom/lajur) dari tabel tersebut.
·
menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi
tabel
|
12
13
14
|
||
Pertanyaan isi diagram
|
Disajikan sebuah diagram, siswa dapat:
·
menentukan jawaban dari pertanyaan isi
diagram
·
menentukan penjelasan sesuai isi diagram
·
menentukan masalah pada diagram tersebut.
|
15
16
17
|
||||
2
|
Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk
narasi dan pesan singkat
|
Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan
memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
|
VII/2
|
Pertanyaan wawancara
|
Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat
menentukan pertanyaan untuk wawancara
|
18
|
Disajikan kalimat pertanyaan wawancara yang
tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya.
|
19
|
|||||
Disajikan
kutipan wawancara (2/3 percakapan) yang dirumpangkan bagian pertanyaannya,
siswa dapat melengkapinya
|
20
|
|||||
Narasi hasil wawancara
|
Disajikan
sebuah pertanyaan wawancara, siswa dapat menentukan jawaban dari pertanyaan
tersebut
|
21
|
||||
Disajikan
kalimat langsung dari jawaban wawancara, siswa dapat mengubahnya menjadi
kalimat tidak langsung.
|
22
|
|||||
Disajikan
kutipan wawancara yang beberapa jawaban dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya
|
23
|
|||||
Disajikan
kutipan wawancara (3-5 percakapan), siswa dapat menentukan laporan/narasi
dari kutipan wawancara tersebut.
|
24
|
|||||
Disajikan laporan/narasi dari wawancara yang
tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya.
|
25
|
|||||
Menulis pesan singkat sesuai dengan isi
dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
|
VII/2
|
Pesan singkat
|
Disajikan
pesan singkat yang dirumpang, siswa dapat melengkapinya
|
26
|
||
Disajikan
pesan singkat yang tidak efektif, siswa dapat memperbaikinya.
|
27
|
|||||
Disajikan
pesan singkat yang tidak santun, siswa dapat memperbaikinya menjadi santun.
|
28
|
|||||
Disajikan kalimat-kalimat pesan singkat yang
diacak, siswa dapat menyusunnya dengan benar.
|
29
|
|||||
Disajikan ilustrasi kegiatan, siswa dapat
menentukan pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut.
|
30
|
|||||
3
|
Memahami wacana sastra melalui kegiatan
membaca puisi dan buku cerita anak
|
Membaca indah puisi dengan mengguna irama, volume suara, mimik,
kinesik yang sesuai dengan isi puisi
|
VII/2
|
Pembacaan puisi
|
Disajikan puisi pendek, siswa dapat:
·
menentukan maksud salah satu larik puisi
tersebut.
·
menentukan larik/bagian puisi yang dibaca
dengan intonasi cepat/lambat.
·
menentukan larik/bagian puisi yang dibaca
meninggi/menurun
·
menentukan deskripsi gerakan tangan ketika
membaca larik tertentu pada puisi
|
31
32
33
34
|
Disajikan
satu larik puisi, siswa dapat menentukan penjedaannya
|
35
|
|||||
Disajikan
deskripsi mimik pada pembacaan puisi, siswa dapat menentukan larik puisi yang
sesuai dengan deskripsi tersebut
|
36
|
|||||
Menemukan realita kehidupan anak yang
terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan
|
VII/2
|
Realita kehidupan anak pada cerita anak
|
Disajikan
kutipan cerita anak asli Indonesia, siswa dapat:
·
menentukan tokoh-tokoh dalam cerita tersebut
·
menentukan latar tempat yang terdapat dalam
cerita tersebut
·
menentukan masalah yang terdapat pada cerita
tersebut
|
37
38
39
|
||
Disajikan
kutipan cerita anak, siswa dapat:
·
menentukan realita kehidupan anak pada cerita
tersebut.
·
menentukan amanat dari cerita tersebut
|
40
41
|
|||||
Disajikan
kutipan cerita anak terjemahan, siswa dapat:
·
menentukan latar waktu yang terdapat pada
cerita tersebut
·
menentukan realita kehidupan anak yang tidak
terdapat pada kehidupan anak Indonesia
|
42
43
|
|||||
4
|
Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman
melalui kegiatan menulis kreatif puisi
|
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
keindahan alam
|
VII/2
|
Puisi tentang keindahan alam
|
Disajikan
kutipan puisi pendek tentang keindahan alam yang beberapa katanya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kata yang tepat
|
44
|
Disajikan
kutipan puisi pendek tentang keindahan alam yang salah satu lariknya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan benar.
|
45
|
|||||
Disajikan
ilustrasi kegiatan wisata, siswa dapat menentukan puisi yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut.
|
46
|
|||||
Disajikan
gambar keindahan alam, siswa dapat menentukan puisi sesuai gambar tersebut
|
47
|
|||||
Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
peristiwa yang pernah dialami
|
VII/2
|
Puisi tentang suatu peristiwa yang dialami
|
Disajikan
kutipan berita tentang peristiwa, siswa dapat menentukan puisi sesuai dengan
isi berita tersebut
|
48
|
||
Disajikan
larik-larik puisi tentang peristiwa yang belum urut, siswa dapat menyusunnya
menjadi puisi yang baik
|
49
|
|||||
Disajikan gambar peristiwa, siswa dapat
menentukan puisi sesuai dengan gambar tersebut.
|
50
|
Marunda, 10
Januari 2014
Penyusun,
Saheri
No comments:
Post a Comment