KISI-KISI UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK) KLS. VII
Pendidikan Kewarganegaraan
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS
IBUKOTA (DKI) JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
KISI-KISI SOAL UJIAN
KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
MATA PELAJARAN : PKn ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
KURIKULUM ACUAN : KTSP JUMLAH SOAL : 50 (LIMA PULUH)
KELAS : VII ( Tujuh ) BENTUK SOAl : PILIHAN GANDA
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
1
|
Menampilkan
sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
|
Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM
|
Deskripsi tentang HAM
|
Peserta
didik dapat menjelaskan Pengertian Hak Asasi Manusia
|
1
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 macam HAM dalam bidang politik
|
2
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan hak-hak dasar manusia, peserta
didik dapat menunjukan 3 Macam HAM di
bidang sosial
budaya
|
3
|
|
|
|
Sejarah perjuangan HAM
|
Peserta
didik dapat menunjukkan revolusi yang mengawali perlindungan HAM di dunia
|
4
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan
pengakuan HAM menurut
Piagam PBB tahun 1948
|
5
|
|
|
|
Dasar hukum penegakkan HAM di
Indonesia
|
Peserta didik dapat menunjukkan dasar
hukum tentang penegakan HAM di Indonesia
|
6
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan yang diatur dalam UU No. 26 Tahun
2000
|
7
|
|
|
|
Lembaga perlindungan HAM
|
Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat mengidentifikasi 2
lembaga perlindungan HAM
|
8
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan 2 tujuan Komnas HAM
|
9
|
|
|
|
Perundang-undangan HAM nasional
|
Disajikan pernyataan,
Peserta
didik dapat menunjukan perundang-undangan
yang mengatur tentang HAM di Indonesia
|
10
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan,
Peserta
didik dapat menjelaskan Latar belakang lahirnya peraturan perundangan tentang HAM
|
11
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar, Peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD
1945 tentang
Perlidungan HAM
|
12
|
|
|
Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan
HAM
|
Kasus Pelanggaran HAM
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pelanggaran HAM
|
13
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat mengidentifikasi Kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di
Indonesia
|
14
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan
Pelanggaran HAM di lingkungan
keluarga
|
15
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan
Pelanggaran HAM di lingkungan masyarakat
|
16
|
|
|
|
Penegakkan HAM
|
Peserta didik dapat menunjukkan
kewenangan Pengadilan Hak Azasi Manusia
|
17
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukan penegakkan HAM di Indonesia
|
18
|
|
|
Menghargai
upaya perlindungan HAM
|
Peranan lembaga perlindungan HAM
|
Peserta didik dapat menunjukkan tujuan
dibentuknya KOMNAS HAM
|
19
|
|
|
|
|
Disajikan 4
kolom , Peserta
didik dapat menunjukkan 2 kolom yang berisi penegak
hukum di negara RI
|
20
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, Peserta didik
dapat menentukan 3 fungsi Komnas HAM
|
21
|
|
|
Menghargai
upaya penegakkan HAM
|
Sikap positif terhadap upaya penegakkan
HAM
|
Disajikan pernyataan , peserta didik
dapat menunjukan sikap positif terhadap penegakan HAM
|
22
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat menunjukkan bentuk partisipasi masyarakat dalam
upaya penegakan HAM
|
23
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan contoh
wujud partisipasi penegakkan HAM di lingkungan masyarakat
|
24
|
|
|
|
|
Perserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku
positif terhadap penegakkan HAM di lingkungan Sekolah
|
25
|
2
|
Menampilkan perilaku kemerdekaan
mengemukakan pendapat
|
Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Pengertian mengeluarkan pendapat
|
Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian kebebasan
mengemukakan pendapat di muka umum
|
26
|
|
|
|
|
Disajikan 4 gambar peserta didik dapat menunjukkan
gambar mengemukakan pendapat secara tulisan.
|
27
|
|
|
|
Perundang-undangan yang mengatur
kebebasan mengeluarkan pendapat
|
Disajikan 4 gambar, siswa dapat
memilih 2 gambar yang sesuai dengan
UUD 1945 pasal 28
|
28
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan latar
belakang dikeluarkannya peraturan perundang-undangan tentang menyampaikan
pendapat
|
29
|
|
|
|
|
Disajikan gambar demontrasi, peserta didik dapat
menunjukkan Undang-Undang yang mengatur kegiatan gambar tersebut.
|
30
|
|
|
|
Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat
dimuka umum
|
Disajikan gambar demo anarkhis, peserta didik dapat
mengidentifikasi akibat perilaku pada gambar tersebut.
|
31
|
|
|
|
|
Disajikan gambar kampanye, peserta didik dapat
menunjukkan bentuk menyampaikan pendapat sesuai gambar tersebut
|
32
|
|
|
|
|
Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan
bentuk-bentuk mengemukakan pendapat dimuka umum
|
33
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat menunjukkan 2
cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar
|
34
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu azas menyampaikan pendapat
|
35
|
|
|
|
Akibat pembatasan kemerdekaan
mengemukakan pendapat
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat mengidentifikasi 3 akibat pembatasan kebebasan mengemukakan pendapat
|
36
|
|
|
|
Konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat
tanpa batas
|
Disajikan gambar demo anrkhis, peserta didik dapat menunjukkan
akibat dari kegiatan gambar tersebut
|
37
|
|
|
|
|
Disajikan ilustrasi kasus mengemukakan
pendapat secara anarkis, peserta didik dapat menentukan cara untuk
menyikapinya
|
38
|
|
|
Menguraikan
pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Kebebasan yang bertanggung jawab
|
Peserta didik dapat menjelaskan alasan
mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab
|
39
|
|
|
|
Tempat untuk menyampaikan pendapat di muka umum
|
Disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan tempat yang di larang dalam menyampaikan pendapat di muka umum
|
40
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa
fasiliitas umum dilarang untuk demontrasi
|
41
|
|
|
|
Tata cara mengemukakan pendapat
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat menunjukan 2 cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung
jawab
|
42
|
|
|
|
|
Disajikan Gambar, peserta didik dapat menentukan aparatur negara yang bertugas
untuk melakukan pengamanan saat menyampaikan pendapat di muka umum
|
43
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, siswa dapat
mengidentifikasi hari-hari yang
dilarang untuk menyampaikan pendapat dimuka umum
|
44
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan kewajiban yang harus
diperhatikan dalam menyampaikan
pendapat di muka umum
|
45
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan kewajiban pemerintah terhadap kelompok yang mengemukakan pendapat dimuka umum
|
46
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat memberikan contoh
kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab
|
47
|
|
|
Mengaktualisasikan
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Sikap
positif mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
|
Disajikan pernyataan peserta didik
dapat menunjukan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat
secara bebas dan bertanggungjawab
|
48
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat memberikan contoh
sikap positif dalam mengemukakan pendapat sesuai dengan bahasa dan budaya
Indonesia
|
49
|
|
|
|
|
Disajikan gambar musyawarah, peserta didik dapat menentukan nilai
karakter dari gambar tersebut.
|
50
|
No comments:
Post a Comment