Powered By Blogger

Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UJIAN KENAIKAN KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2013-2014





KISI-KISI UJIAN KENAIKAN KELAS  (UKK) KLS. VII
Pendidikan Kewarganegaraan

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA


TAHUN PELAJARAN 2013-2014



KISI-KISI SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
                                                                                               
      MATA PELAJARAN                   : PKn                                                                                                              ALOKASI WAKTU  : 90  MENIT              
      KURIKULUM ACUAN              : KTSP                                                                                                           JUMLAH SOAL        : 50 (LIMA PULUH)
      KELAS                                          : VII ( Tujuh )                                                                                                BENTUK SOAl         : PILIHAN GANDA
                                                                                                                                                                                   
NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
INDIKATOR
NO
SOAL
1
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM

Deskripsi tentang HAM
Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian Hak Asasi Manusia

1




Disajikan pernyataan,   peserta didik dapat menunjukkan 3 macam HAM dalam bidang politik

2




Disajikan pernyataan  hak-hak dasar manusia, peserta didik  dapat menunjukan 3 Macam HAM di bidang  sosial budaya

3



Sejarah perjuangan HAM
Peserta didik  dapat menunjukkan revolusi yang mengawali perlindungan HAM di  dunia

4




Peserta didik dapat  menunjukkan  pengakuan HAM menurut Piagam PBB tahun 1948

5



Dasar hukum penegakkan HAM di Indonesia

Peserta didik dapat menunjukkan dasar hukum tentang penegakan HAM  di Indonesia
6




Peserta didik dapat menjelaskan yang diatur dalam  UU  No. 26 Tahun  2000

7



Lembaga perlindungan  HAM

Disajikan pernyataan,  Peserta didik dapat mengidentifikasi 2 lembaga perlindungan HAM
8




Disajikan pernyataan,  peserta didik dapat menunjukan 2 tujuan Komnas HAM

9



Perundang-undangan HAM  nasional
Disajikan pernyataan,  Peserta didik dapat menunjukan perundang-undangan yang mengatur tentang HAM di Indonesia

10




Disajikan pernyataan,  Peserta didik dapat menjelaskan Latar belakang lahirnya peraturan perundangan  tentang HAM

11




Disajikan  gambar, Peserta didik dapat menunjukkan   pasal dalam UUD 1945 tentang  Perlidungan HAM

12


Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM
Kasus Pelanggaran HAM
Peserta didik dapat  menjelaskan  pengertian    pelanggaran HAM

13




Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi Kasus pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi di Indonesia

14




Peserta didik dapat menunjukkan Pelanggaran HAM di lingkungan keluarga

15




Disajikan  pernyataan, peserta didik dapat menunjukan Pelanggaran HAM di lingkungan masyarakat

16



Penegakkan HAM
Peserta didik dapat menunjukkan kewenangan Pengadilan Hak Azasi Manusia

17




Peserta didik dapat menunjukan penegakkan HAM di Indonesia

18


Menghargai upaya perlindungan HAM
Peranan  lembaga perlindungan HAM
Peserta didik dapat menunjukkan tujuan dibentuknya KOMNAS HAM

19




Disajikan  4 kolom , Peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom yang berisi penegak hukum di negara RI


20




Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menentukan 3 fungsi   Komnas HAM

21


Menghargai upaya penegakkan HAM
Sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM
Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap penegakan  HAM

22




Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan bentuk partisipasi masyarakat dalam upaya penegakan HAM

23




Peserta didik dapat menunjukkan contoh wujud partisipasi penegakkan HAM di lingkungan masyarakat

24




Perserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku positif terhadap penegakkan HAM di lingkungan Sekolah
25
2
Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat

Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat
Pengertian mengeluarkan pendapat
Peserta didik dapat menjelaskan Pengertian kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum
26




Disajikan 4 gambar peserta didik dapat menunjukkan gambar mengemukakan pendapat secara tulisan.

27



Perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
Disajikan 4 gambar, siswa dapat memilih 2 gambar  yang sesuai dengan UUD 1945 pasal 28

28




Peserta didik dapat menunjukkan latar belakang dikeluarkannya peraturan perundang-undangan tentang menyampaikan pendapat

29




Disajikan gambar demontrasi, peserta didik dapat menunjukkan Undang-Undang yang mengatur kegiatan gambar tersebut.

30



Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat dimuka umum
Disajikan gambar demo anarkhis, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat perilaku pada gambar tersebut.

31




Disajikan gambar kampanye, peserta didik dapat menunjukkan bentuk menyampaikan pendapat sesuai gambar tersebut
32




Disajikan tabel, peserta didik dapat menunjukkan bentuk-bentuk mengemukakan pendapat dimuka umum

33




Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan 2  cara mengemukakan pendapat secara baik dan benar

34




Peserta didik dapat menunjukkan  salah satu azas menyampaikan pendapat

35



Akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
Disajikan pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi 3 akibat pembatasan kebebasan mengemukakan pendapat

36



Konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas
Disajikan gambar demo anrkhis,  peserta didik dapat menunjukkan akibat dari kegiatan gambar tersebut

37




Disajikan ilustrasi kasus mengemukakan pendapat secara anarkis, peserta didik dapat menentukan cara untuk menyikapinya

38


Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Kebebasan yang bertanggung jawab
Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengemukakan pendapat harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab
39



Tempat untuk menyampaikan pendapat di muka umum
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tempat yang di larang   dalam menyampaikan pendapat di muka umum

40




Peserta didik dapat menjelaskan alasan mengapa fasiliitas umum dilarang untuk demontrasi

41



Tata cara mengemukakan pendapat
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan 2 cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

42




Disajikan Gambar, peserta didik dapat  menentukan aparatur negara yang bertugas untuk melakukan pengamanan saat menyampaikan pendapat di muka umum

43




Disajikan pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi hari-hari  yang dilarang untuk menyampaikan pendapat dimuka umum

44




Peserta didik dapat menjelaskan kewajiban yang harus diperhatikan dalam  menyampaikan pendapat di muka umum

45




Peserta didik dapat menunjukkan kewajiban pemerintah terhadap kelompok yang mengemukakan pendapat dimuka umum

46




Peserta didik dapat memberikan contoh kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab

47


Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Sikap positif mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
48




Peserta didik dapat memberikan contoh sikap positif dalam mengemukakan pendapat sesuai dengan bahasa dan budaya Indonesia

49




Disajikan gambar musyawarah,  peserta didik dapat menentukan nilai karakter dari gambar tersebut.

50



No comments:

Post a Comment