KISI-KISI PENULISAN SOAL
KELAS VII
ULANGAN KENAIKAN KELAS
Jenis Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 40 Butir
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Tahun Ajaran : 2013 – 2014
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas/
semester
|
Uraian Materi
|
Indikator Soal
|
No.
Soal
|
1
|
5.1 Melaksanakan
pengamatan obyek secara sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik dan abiotik.
|
VII / 2
|
Gejala alam
biotik dan abiotik
|
Disajikan beberapa pernyataan/data tabel tentang gejala-gejala alam, siswa dapat menentukan
pernyataan/data yang merupakan gejala alam abiotik.
|
1
|
Siswa dapat menentukan langkah metode ilmiah dengan benar.
|
2
|
||||
Disajikan pernyataan/kasus yang berhubungan dengan langkah-langkah metode
ilmiah, siswa dapat menentukan bentuk langkah metode ilmiah berdasar
pernyataan/kasus.
|
3
|
||||
2
|
5.2 Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beratur-an serta
perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
VII / 2
|
Gerak lurus
beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
|
Disajikan contoh/gambar tentang GLBB, siswa dapat mengidentifikasi jenis gerak yang dihasilkan.
|
4
|
Siswa dapat menentukan
kecepatan atau kelajuan suatu benda
pada gerak GLB dengan besaran yang lain diketahui
|
5
|
||||
Disajikan beberapa gambar grafik tentang
gerak lurus beraturan, siswa dapat menentukan salah satu grafik yang menunjukkan gerak dipercepat.
|
6
|
||||
3
|
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung
lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.
|
VII / 2
|
Mikroskop dan
alat
Laboratorium.
|
Ditampilkan
gambar mikroskop, siswa dapat menentukan salah satu bagian yang memiliki fungsi tertentu.
|
7
|
Disajikan beberapa
gambar/pernyataan langkah-langkah pengamatan obyek mikroskopis dengan
menggunakan mikroskop,siswa dapat menentukan urutan langkah-langkah
penggunaan mikroskop dengan benar
|
8
|
||||
Dengan data-data
perbesaran pada lensa okuler dan lensa objektif siswa dapat menentukan
perbesaran objek yang sedang diamati
|
9
|
||||
Disajikan gambar salah satu alat laboratorium yang sering digunakan, siswa
dapat menjelaskan fungsi alat
tersebut
|
10
|
||||
4
|
5.4 Menerapkan
keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
|
VII / 2
|
Keselamatan Kerja
|
Disajikan salah satu
simbol jenis bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam laboratorium, siswa
dapat menjelaskan arti dari simbol tersebut.
|
11
|
Siswa dapat memberi contoh jenis bahan kimia
tertentu yang memiliki sifat berbahaya
|
12
|
||||
Diberikan contoh kasus kecelakaan kecil yang terjadi di laboratorium saat
praktikum, siswa dapat menentukan jenis tindakan yang tepat untuk mengatasinya.
|
13
|
||||
5
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
VII / 2
|
Ciri-ciri
Makhluk Hidup.
|
Disajikan gambar
percobaan kegiatan pada makhluk hidup, siswa dapat menentukan ciri makhluk
hidup yang sesuai dengan percobaannya.
|
14
|
Dengan pernyataan
kegiatan yang dilakukan makhluk hidup siswa dapat menentukan ciri makhluk
hidup yang dilakukannya
|
15
|
||||
Disajikan
pernyataan tentang salah satu ciri makhluk hidup, siswa dapat menentukan salah
satu ciri makhluk hidup yang berkenaan dengan fungsi kelestarian jenis
|
16
|
||||
6
|
6.2 Mengklasifikasikan
makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimiliki
|
VII / 2
|
Klasifikasi Makhluk
Hidup.
|
Siswa dapat menentukan
urutan takson pada hewan atau tumbuhan
|
17
|
Disajikan beberapa gambar tumbuhan, siswa dapat menentukan tumbuhan
yang termasuk dalam kelompok tanaman paku.
|
18
|
||||
Disajikan
data/gambar/pernyataan tentang tanaman monokotil / dikotil, siswa dapat
mengelompokkan tanaman berdasar ciri sesuai data/pernyataan
|
19
|
||||
Siswa dapat memberi
contoh makhluk hidup termasuk kelompok monera
|
20
|
||||
Disajikan beberapa
gambar Avertebrata, siswa dapat
mengelompokkan hewan tersebut berdasar kesamaan ciri yang dimiliki.
|
21
|
||||
Dengan pernyataan
ciri-ciri hewan vertebrata tertentu
,siswa dapat menentukan kelompok hewan vertebrata
yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut.
|
22
|
||||
Siswa dapat menentukan
penulisan nama ilmiah spesies tertentu dengan benar
|
23
|
||||
Disajikan gambar/data makhluk hidup dan kunci determinasi sederhana , siswa dapat menentukan mahkluk hidup tertentu
berdasarkan kunci determinasi.
|
24
|
||||
7
|
6.3 Mendeskripsikan
keragaman pada sistem
organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme.
|
VII / 2
|
Organisasi
Kehidupan.
|
Disajikan gambar
penampang sel tumbuhan, siswa dapat
menjelaskan fungsi
bagian/organel yang ditunjuk
|
25
|
Siswa dapat membedakan
organel –organel yang terdapat pada sel tumbuhan dengan sel hewan
|
26
|
||||
Siswa dapat menjelaskan
peran mitokondria/retikulum endoplasma/ribosom dalam sel
|
27
|
||||
Disajikan gambar salah
satu jaringan pada hewan, siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan tersebut
|
28
|
||||
Disajikan
gambar penampang melintang batang tanaman dikotil, siswa dapat menjelaskan
fungsi bagiannya
|
29
|
||||
Disajikan gambar
penampang melintang daun, siswa dapat menentukan bagian yang berfungsi pada
proses tertentu.
|
30
|
||||
Disajikan data nama beberapa
organ penyusun sistem organ tertentu, siswa dapat menentukan urutan sistem
organ tertentu pada manusia.
|
31
|
||||
8
|
7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara
komponen ekosistem
|
VII / 2
|
Ekosistem
|
Dengan daftar ekosistem
,siswa dapat mengelompokan ekosistem itu kedalam ekosistem alami atau
ekosistem buatan
|
32
|
Disajikan gambar tentang ekosistem
buatan, siswa dapat
menentukan komponen biotik yang berperan sebagai konsumen pada tingkat tertentu
|
33
|
||||
Dengan daftar beberapa tumbuhan
dan hewan yang terdapat ekosistem tertentu siswa dapat meyusun menjadi satu
rantai makanan
|
34
|
||||
9
|
7.2 Mengidentifikasi
pentingnya keanekaragaman makhluk hidup
dalam pelestarian
ekosistem.
|
VII / 2
|
Pola Interaksi
Ekosistem
|
Disajikan gambar jaring
makanan suatu ekosistem tertentu, siswa dapat menjelaskan pengaruh yang
terjadi pada ekosistem tersebut apabila salah satu komponen penyusunnya
berkurang/punah
|
35
|
Disajikan beberapa
pernyataan/gambar tentang interaksi antar spesies, peserta didik dapat
menentukan jenis interaksinya
|
36
|
||||
10
|
7.3 Memprediksi
pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
|
VII / 2
|
Kepadatan
Populasi
Manusia
|
Disajikan grafik/tabel/
data tentang pertumbuhan penduduk secara pesat di suatu daerah selama periode
waktu tertentu, siswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan tersebut.
|
37
|
Disajikan data/pernyataan kepadatan
penduduk siswa dapat menjelaskan hubungannya dengan kualitas lingkungan
|
38
|
||||
VII / 2
|
Pencemaran Lingkungan
|
Diberikan
gambar/pernyataan tentang pencemaran/kerusakan lingkungan tertentu, siswa dapat menjelaskan usaha yang harus dilakukan oleh
manusia untuk mengatasinya
|
39
|
||
Disajikan
pernyataan/kasus/data tentang tindakan manusia terhadap pengelolaan
lingkungan tertentu, siswa dapat menjelaskan akibat yang dapat ditimbulkan oleh
tindakan tersebut.
|
40
|
Penyusun
Hadi
Suratno
No comments:
Post a Comment