KISI – KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS TAPEL
2013/2014
SMP PROVINSI DKI JAKARTA
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kurikulum : Standar
Isi
K
e l a s : 8 (delapan)
Alokasi
Waktu : 120 menit
Banyak
Soal : 40
Bentuk
Soal : Pilihan
Ganda
No Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi dasar
|
M a t e r i
|
I
n d i
k a t
o r
|
No Soal
|
1.
|
4. Menentukan unsur,
bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1. Menentukan unsur-unsur dan bagian
lingkaran
4.2. Menghitung keliling dan luaslingkaran
4.3. Menggunakan hubungan sudut pusat,
panjangbusur, dan luas juring dalam pemecahan masalah
4.4. Menghitung panjang garis singgung
dan garis singgung persekutuan dua buah
lingkaran
4.5. Melukis lingkaran dalam dan lingkaran
luar segitiga
|
Unsur-unsur/bagian lingkaran
Keliling dan luas lingkaran
Hubungan sudut pusat, panjangbusur, dan luasjuring
Garis singgung lingkaran dan garis singgung persekutuan
dua buah lingkaran
Lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga
|
Disajikan gambar lingkaran disertai unsur/bagiannya,
peserta didik dapat menentukan nama unsur/bagian lingkaran
yang ditanyakan (apotema).
Peserta didik dapat menentukan pengertian
tembereng pada lingkaran
Disajikan gambar lingkaran disertai dengan ukuran jari-jari
dan panjang apotema, peserta didik dapat menentukan jumlah panjang talibusur dan jari-jarinya.
Peserta didik dapat menentukan keliling
sebuah lingkaran, jika diketahui panjang diameternya.
Disajikan bangun gabungan persegi dan dua buah bangun berbentuk
setengah lingkaran yang saling menyinggung bertolak belakang (diameter
setengah lingkaran sama dengan panjang sisi persegi), peserta didik dapat menentukan keliling bangun yang dibatasi dua sisi persegi dan
dua sisi setengah lingkaran
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita
berkaitan dengan panjang lintasan benda bergerak (misal roda sepeda) menggunakan konsep keliling lingkaran.
Disajikan gambar 6 buah paralon yang disusun membentuk
segitiga, peserta didik dapat menentukan panjang kawat/tali minimal untuk mengikat paralon tersebut jika panjang diameter paralon diketahui.
Disajikan 4 pernyataan tentang keliling dan luas
lingkaran, peserta didik dapat menentukan pernyataan
yang benar
Peserta didik dapat menentukan luas daerah
lingkaran, jika panjang jari-jari lingkaran diketahui.
Peserta didik dapat menentukan luas
daerah lingkaran jika keliling lingkaran diketahui.
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita
berkaitan dengan konsep luas lingkaran.
Disajikan gambar dua busur pada lingkaran yang diketahui
kedua sudut pusatnya, peserta didik dapat menentukan panjang
salah satu busurnya jika panjang busur yang lainnya diketahui.
Peserta didik dapat menentukan panjang busur jika panjang
jari-jari dan besar sudut pusat sebuah lingkaran diketahui.
Disajikan gambar tembereng pada lingkaran, peserta
didik dapat menentukan luas tembereng tersebut jika panjang tali busur
diketahui dan sudut pusatnya siku-siku.
Disajikan gambar lingkaran yang memuat sudut pusat dan
sudut keliling, peserta didik dapat menentukan besar sudut pusat atau sudut
keliling jika salah satu diantaranya diketahui.
Disajikan gambar dua juring dalam satu lingkaran dengan
sudut pusat yang berbeda besarnya, peserta didik dapat menentukan salah satu
luas juring jika luas juring lainnya diketahui.
Peserta didik dapat menentukan besar sudut pusat jika luas juring dan panjang jari-jarinya diketahui.
Peserta didik dapat menghitung panjang
garis singgung persekutuan luar dua
lingkaran, jika panjang jari-jari kedua lingkaran dan jarak kedua titik pusat
lingkaran diketahui.
Peserta didik dapat menghitung panjang
garis singgung persekutuan dalam dua
lingkaran, jika panjang jari-jari kedua lingkaran dan jarak kedua titik pusat
lingkaran diketahui.
Peserta didik dapat menghitung panjang
salah satu jari-jari dari dua lingkaran, jika panjang garis singgung persekutuan luar atau persekutuan dalam,
jarak kedua pusat dan panjang jari-jari lainya diketahui.
Peserta didik dapat menghitung jarak
kedua pusat lingkaran, jika panjang jari-jari dan panjang garis singgung persekutuan luar atau persekutuan dalam
kedua lingkaran tersebut diketahui
Disajikan gambar lingkaran dan satu titik di luar
lingkaran , peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung yang
melalui titik tsb, jika jari-jari dan jarak titik
ke pusat lingkaran diketahui .
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
dengan konsep garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.
Diberikan beberapa pernyataan berkaitan dengan melukis
lingkaran dalam atau lingkaran luar segitiga, peserta didik dapat menentukan
urutan yang benar untuk melukis lingkaran dalam atau lingkaran luar segitiga.
Peserta didik dapat
menentukan panjang jari-jari lingkaran luar atau lingkaran dalam
segitiga jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
|
2.
|
5. Memahami sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya serta menentukanukurannya
|
5.1. Mengidentifikasi sifat-sifat kubus,
balok, prisma, limas, serta bagian-bagiannya
5.2. Membuat jaring-jaring kubus,
balok, prisma, dan limas
5.3. Menghitung luas permukaan dan volum
kubus, balok, prisma, danlimas.
|
Unsur-unsur balok, prisma, limas dan bagiannya
Jaring-jaring balok dan kubus.
Model kerangka bangun ruang sisi datar
Luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas.
Volume kubus, balok, prisma, atau limas
|
Disajikan gambar balok dengan kedelapan titik sudutnya diberi
nama, peserta didik dapat menentukan yang
merupakan diagonal ruang.
Peserta didik dapat menentukan banyak rusuk
pada limas dengan alas segilima
Peserta didik dapat menentukan banyak titik
sudut dan rusuk pada limas yang alasnya trapesium.
Diketahui sebuah kubus yang setiap pojoknya dipotong (setiap
potongan berbentuk limas kecil), peserta
didik dapat menentukan
banyak rusuk pada bangun baru tersebut.
Peserta didik dapat menentukan jaring-jaring
balok dari empat buah gambar rangkaian persegipanjang yang disajikan.
Disajikan empat gambar rangkaian 6 persegi , peserta didik dapat
menentukan dua diantaranya yang merupakan jaring-jaring kubus
Disajikan gambar rangkaian persegi (lebih dari 6 persegi), peserta didik dapat menentukan persegi
yang harus dihilangkan agar rangkaian persegi tersebut membentuk jaring-jaring
kubus.
Peserta didik dapat menyelesaikan soal
cerita berkaitan panjang kawat menggunakan konsep rusuk pada prisma segienam beraturan
Peserta didik dapat menyelesaikan soal
cerita berkaitan panjang kawat menggunakan konsep rusuk pada limas persegi.
Peserta didik dapat menghitung luas seluruh permukaan kubus yang diketahui panjang diagonal sisinya
(diagonal bidang)
Peserta didik dapat menghitung luas permukaan balok
yang diketahui panjang rusuk-rusuknya.
Peserta didik dapat menghitung jumlah luas sisi tegak
sebuah limas persegi, jika diketahui panjang sisi alas dan tinggi limas.
Peserta didik dapat menghitung volume prisma yang alasnya segitiga siku-siku, jika unsur
yang diperlukan diketahui
Peserta didik dapat menghitung volume limas persegi, jika luas alas dan tinggi limas
diketahui.
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan
dengan volume prisma.
|
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
No comments:
Post a Comment