Powered By Blogger

Wednesday, 14 May 2014

KISI – KISI PENULISAN SOAL MATEMATIKA ULANGAN KENAIKAN KELAS VIII TAPEL 2013/2014

KISI – KISI  PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS TAPEL 2013/2014

SMP PROVINSI DKI JAKARTA

                                                                                                            Mata Pelajaran             Matematika
                                                                                                            Kurikulum                   :  Standar Isi
                                                                                                            K e l a s                       :  8 (delapan)  
                                                                                                            Alokasi Waktu             :  120  menit
                                                                                                            Banyak Soal                :  40
                                                                                                            Bentuk Soal                 :  Pilihan Ganda
                                                                                                                                                                                                                       
No Urut

Standar Kompetensi

Kompetensi dasar

M a t e r  i

I  n  d  i  k  a  t  o  r

No Soal
1.
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

4.1.   Menentukan unsur-unsur dan bagian lingkaran








4.2.   Menghitung keliling dan luaslingkaran





























4.3.   Menggunakan hubungan sudut pusat, panjangbusur, dan luas juring dalam pemecahan masalah






















4.4.   Menghitung panjang garis singgung dan garis singgung  persekutuan dua buah lingkaran
























4.5.   Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga


Unsur-unsur/bagian lingkaran










Keliling dan luas lingkaran






























Hubungan sudut pusat, panjangbusur, dan luasjuring

























Garis singgung lingkaran dan garis singgung persekutuan dua buah lingkaran

























Lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga

Disajikan gambar lingkaran disertai unsur/bagiannya, peserta didik dapat menentukan nama unsur/bagian lingkaran yang ditanyakan (apotema).

Peserta didik dapat menentukan pengertian tembereng pada   lingkaran

Disajikan gambar lingkaran disertai dengan ukuran jari-jari dan panjang apotema, peserta didik dapat menentukan  jumlah panjang talibusur dan jari-jarinya.

Peserta didik dapat menentukan keliling sebuah lingkaran, jika diketahui panjang diameternya.

Disajikan bangun gabungan persegi dan dua buah bangun berbentuk setengah lingkaran yang saling menyinggung bertolak belakang (diameter setengah lingkaran sama dengan panjang sisi persegi), peserta didik dapat menentukan keliling bangun yang dibatasi dua sisi persegi dan dua sisi setengah lingkaran

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan panjang lintasan benda bergerak (misal roda sepeda) menggunakan konsep keliling lingkaran.

Disajikan gambar 6 buah paralon yang disusun membentuk segitiga, peserta didik dapat menentukan panjang kawat/tali minimal untuk mengikat  paralon tersebut  jika panjang diameter paralon diketahui.

Disajikan 4 pernyataan tentang keliling dan luas lingkaran, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar

Peserta didik dapat menentukan luas daerah lingkaran, jika panjang jari-jari lingkaran diketahui.

Peserta didik dapat menentukan luas daerah lingkaran jika keliling lingkaran diketahui.

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan konsep luas lingkaran.

Disajikan gambar dua busur pada lingkaran yang diketahui kedua sudut pusatnya, peserta didik dapat menentukan panjang salah satu busurnya jika panjang busur yang lainnya diketahui.

Peserta didik dapat menentukan panjang busur jika panjang jari-jari dan besar sudut pusat sebuah lingkaran diketahui.

Disajikan gambar tembereng pada lingkaran, peserta didik dapat menentukan luas tembereng tersebut jika panjang tali busur diketahui dan sudut pusatnya siku-siku.

Disajikan gambar lingkaran yang memuat sudut pusat dan sudut keliling, peserta didik dapat menentukan besar sudut pusat atau sudut keliling jika salah satu diantaranya diketahui.



Disajikan gambar dua juring dalam satu lingkaran dengan sudut pusat yang berbeda besarnya, peserta didik dapat menentukan salah satu luas juring jika luas juring lainnya diketahui.

Peserta didik dapat menentukan besar sudut pusat  jika luas juring dan panjang jari-jarinya diketahui.

Peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung  persekutuan luar dua lingkaran, jika panjang jari-jari kedua lingkaran dan jarak kedua titik pusat lingkaran diketahui.

Peserta didik dapat menghitung panjang garis singgung  persekutuan dalam dua lingkaran, jika panjang jari-jari kedua lingkaran dan jarak kedua titik pusat lingkaran diketahui.

Peserta didik dapat menghitung panjang salah satu jari-jari dari dua lingkaran, jika panjang garis singgung  persekutuan luar atau persekutuan dalam, jarak kedua pusat dan panjang jari-jari lainya diketahui.

Peserta didik dapat menghitung jarak kedua pusat lingkaran, jika panjang jari-jari dan panjang garis singgung  persekutuan luar atau persekutuan dalam kedua lingkaran tersebut diketahui

Disajikan gambar lingkaran dan satu titik di luar lingkaran , peserta didik dapat menentukan panjang garis singgung yang melalui titik tsb, jika jari-jari dan jarak titik ke pusat lingkaran diketahui .

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan konsep garis singgung persekutuan luar dua lingkaran.


Diberikan beberapa pernyataan berkaitan dengan melukis lingkaran dalam atau lingkaran luar segitiga, peserta didik dapat menentukan urutan yang benar untuk melukis lingkaran dalam atau lingkaran luar segitiga.

Peserta didik dapat  menentukan panjang jari-jari lingkaran luar atau lingkaran dalam segitiga jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui.

1



2


3



4


5






6



7




8


9


10


11


12




13


14



15






16




17


18



19



20




21




22




23




24




25
2.
5.      Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya serta menentukanukurannya
5.1.  Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, serta bagian-bagiannya










5.2.  Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma, dan limas


















5.3.  Menghitung luas permukaan dan volum kubus, balok, prisma, danlimas.


Unsur-unsur balok, prisma, limas dan bagiannya












Jaring-jaring balok dan kubus.












Model kerangka bangun ruang sisi datar






Luas permukaan kubus, balok, prisma, atau limas.









Volume kubus, balok, prisma, atau limas
Disajikan gambar balok dengan kedelapan titik sudutnya diberi nama, peserta didik dapat menentukan yang merupakan  diagonal ruang.

Peserta didik dapat menentukan banyak rusuk pada limas dengan alas segilima

Peserta didik dapat menentukan banyak titik sudut dan rusuk pada limas yang alasnya trapesium.

Diketahui sebuah kubus yang setiap pojoknya dipotong (setiap potongan berbentuk limas kecil), peserta didik dapat menentukan banyak rusuk pada bangun baru tersebut.

Peserta didik dapat menentukan jaring-jaring balok dari empat buah gambar rangkaian persegipanjang yang disajikan.

Disajikan empat gambar  rangkaian 6 persegi , peserta didik dapat menentukan dua diantaranya yang merupakan jaring-jaring kubus

Disajikan gambar rangkaian persegi (lebih dari 6 persegi), peserta didik dapat menentukan persegi yang harus dihilangkan agar rangkaian persegi tersebut membentuk jaring-jaring kubus.


Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan panjang kawat menggunakan konsep  rusuk pada prisma segienam beraturan

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan panjang kawat menggunakan konsep  rusuk pada limas persegi.

Peserta didik dapat menghitung  luas seluruh  permukaan kubus  yang diketahui panjang diagonal sisinya (diagonal bidang)

Peserta didik dapat menghitung luas permukaan balok yang diketahui panjang rusuk-rusuknya.

Peserta didik dapat menghitung jumlah luas sisi tegak sebuah limas persegi, jika diketahui panjang sisi alas dan tinggi limas.

Peserta didik dapat menghitung volume prisma yang alasnya segitiga siku-siku, jika unsur yang diperlukan diketahui

Peserta didik dapat menghitung volume limas persegi, jika luas alas dan tinggi limas diketahui.

Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan volume prisma.

26



27


28


29



30


31



32





33



34



35



36


37



38


39


40


No comments:

Post a Comment