PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
MUSYAWARAH
KEPALA SEKOLAH (MKS) SMP
DKI
JAKARTA
|
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 2
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
|
Mata
Pelajaran
|
: IPS
|
Penyusun :
|
|
Kelas /
Smt
|
: VII
|
1.
Sutarjo, SPd
|
|
Jumlah
Soal
|
: 50
butir
|
2. Drs.Warno, M.Si.
|
|
Bentuk
Soal
|
: Pilihan Ganda
|
3.
Drs. H. Subadri, MM
|
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
4. Memahami
usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
|
4.1Menggunakan
peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
|
Unsur-unsur peta/atlas.
|
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat
menentukan unsur peta/atlas.
|
1.
|
Menghitung jarak pada peta
|
Disajikan peta yang dilengkapi skala, peserta didik
dapat menghitung jarak sebenarnya antara dua kota pada peta tersebut.
|
2.
|
|||
Penggunaan indeks pada atlas
|
Disajikan indeks dari atlas, peserta didik dapat
mengartikan indeks tersebut.
|
3.
|
|||
Keunggulan atau kelemahan globe
|
Peserta didik dapat menjelaskan keunggulan atau kelemahan globe
dibanding peta
|
4.
|
|||
4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi.
|
Perbedaan sketsa dengan peta
|
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sketsa wilayah
dengan peta.
|
5.
|
||
Unsur sketsa wilayah
|
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat
menentukan unsur-unsur yang harus ada dalam sketsa wilayah dari pernyataan
tersebut.
|
6.
|
|||
Manfaat sketsa wilayah
|
Peserta didik dapat memngidentifikasi manfaat dari sketsa
wilayah.
|
7.
|
|||
4.3
Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
|
Letak wilayah Indonesia
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi keuntungan dari letak tertentu dari
wilayah Indonesia.
|
8.
|
||
Kaitan kondisi geografis dengan
keadaan penduduk.
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi kaitan kondisi
geografis wilayah tertentu dengan keadaan penduduk wilayah tersebut
|
9.
|
|||
4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi
di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
|
Atmosfer
|
Disajikan gambar lapisan atmosfer, peserta didik dapat menetukan
lapisan yang mempunyai karakteristik tertentu.
|
10.
|
||
Keadaan iklim di Indonesia
|
Disajikan pernyataan tentang keadaan iklim atau cuaca di
Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab keadaan tersebut.
|
11.
|
|||
Jenis-jenis angin.
|
Disajikan peta arah angin muson di Indonesia, peserta didik dapat
menentukan akibat dari arah angin muson tersebut.
|
12.
|
|||
Jenis hujan
|
Disajikan gambar jenis hujan tertentu, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis hujan yang sesuai dengan gambar.
|
13.
|
|||
Siklus hidrologi
|
Disajikan gambar siklus hidrologi, peserta didik dapat mengidentifikasi
bagian tertentu dari siklus tersebut.
|
14.
|
|||
Sungai-sungai di Indonesia
|
Disajikan pernyataan tentang karakteristik sungai di pulau
tertentu di Indonesia peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya
karakteristik tersebut.
|
15.
|
|||
Pemanfaatan Sungai
|
Peserta didik dapat menentukan pemanfaatan sungai di
Pulau tertentu di Indonesia.
|
16.
|
|||
Danau di Indonesia
|
Disajikan daftar nama danau di Indonesia, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis danau tertentu pada daftar.
|
17.
|
|||
Air tanah
|
Peserta didik dapat menjelaskan akibatnya bila air tanah dieksploitasi
secara berlebihan.
|
18.
|
|||
Zona laut menurut kedalamannya
|
Disajikan karakteristik zona laut menurut kedalamannya, peserta didik
dapat mengidentifikasi karakteristik yang sesuai dengan zona tertentu
|
19.
|
|||
Batas wilayah laut Indonesia
|
Disajikan peta Indonesia, peserta didik dapat menentukan batas wilayah
laut tertentu.
|
20.
|
|||
2
|
5. Memahaami
perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
|
5.1 Mendeskripsikan
perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa
Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya.
|
-
Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama
Hindu dan Buddha ke Indonesia.
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi kaum (golongan)
yang menyebarkan agama Hindu-Budha ke Indonesia menurut teori Waisya.
|
21
|
-
Perkembangan kerajaan Hindu-Buddha:
1. Kutai
|
Disajikan peta pulau Kalimantan peserta didik dapat
menunjukkan letak Kerajaan Kutai
|
22
|
|||
2. Mataram Kuno
|
Disajikan gambar candi tertentu peninggalam Mataram
Kuno peserta didik dapat mengidentifikasi nama raja yang memerintahkan
pembangunannya.
|
23
|
|||
3. Sriwijaya
|
Disajikan daftar karakteristik kerajaan Hindu-Budha di
Indonesia peserta didik dapat menentukan karakteristik kerajaan tertentu
(Sriiwijaya atau majapahit)
|
24
|
|||
4. Singosari
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi pendiri Kerajaan
Singasari.
|
25
|
|||
5. Majapahit
|
Peserta Didik dapat mendeskripsikan makna/tujuan
Sumpah Palapa.
|
26
|
|||
5.2
Mendeskripsikan
perkem-bangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di
Indonesia, serta peninggalan-pening galannya.
|
Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia
|
Disajikan daftar peserta didik dapat mengidentifikasi saluran-saluran
penyebaran Islam di Indonesia.
|
27
|
||
Cara yang digunakan oleh Wali Songo dalam menyebarkan Islam.
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara penyebaran
agama Islam oleh Wali Songo tertentu.
|
28
|
|||
Peta jalur dan daerah penyebaran
Islam di Inndonesia
|
Disjikan peta Indonesia Peserta Didik dapat
mengidentifikasi letak tiga kerajaan Islam tertentu.
|
29
|
|||
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi kerajaan Islam
pertama di Indonesia.
|
30
|
|||
Contoh peninggalan –peninggalan sejarah
bercorak Islam di berbagai
daerah
|
Disajikan gambar peninggalan Islam tertentu peserta
didik dapat mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam tertentu.
|
31
|
|||
5.3
Mendeskripsikan
perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial
Eropa
|
Proses masuknya
bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
|
Peserta didik dapat menyebutkan tujuan bangsa-bangsa
Eropa berlayar menjelajah samudra mencapai Indonesia.
|
32
|
||
Cara-cara yang
digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara yang ditempuh
bangsa Eropa dalam menguasai perdagangan di Indonesia pada abad 15-16.
|
33
|
|||
Reaksi Bangsa Indonesia
terhadap bangsa Eropa.
|
Peserta Didik dapat mendeskripsikan reaksi rakyat
Indonesia terhadap kedatangan bangsa Eropa.
|
34
|
|||
3
|
6. Memahami kegiatan ekonomi
masyarakat
|
6.2 Mendeskripsikan kegiatan
pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
|
Kegiatan
produksi/ konsumsi/ distribusi
|
Peserta
Didik dapat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi tertentu (produksi/
konsumsi/ distribusi).
|
35
|
Kegiatan ekonomi yang utama
|
Disajikan
gambar kegiatan manusia, Peserta Didik dapat menentukan kegiatan ekonomi
tertentu (produksi/konsumsi/ distribusi)
|
36
|
|||
Kegiatan
produksi/konsumsi/ distribusi yang dilakukan Peserta Didik
|
Disajikan daftar kegiatan manusia, Peserta Didik dapat menentukan
contoh kegiatanekonomi tertentu (produksi/konsumsi/distribusi) yang
dilakukan Peserta Didik dalam
kehidupan sehari-hari.
|
37
|
|||
Kegiatan
produksi/konsumsi/ distribusi masyarakat Jakarta
|
Disajikan
gambar, Peserta Didik dapat menunjukkan kegiatan ekonomi tertentu (produksi/konsumsi /
distribusi) yang dilakukan sebagian masyarakat Jakarta yang bersifat
nonformal
|
38
|
|||
Penyebab perilaku konsumtif
|
Menjelaskan
penyebab perilaku konsumtif masyarakat
|
39
|
|||
Kegiatan
produksi jasa
|
Disajikan
tabel kegiatan produksi, Peserta Didik dapat mengidentifikasi contoh hasil
kegiatan produksi bidang jasa
|
40
|
|||
6.3 Mendeskripsikan peran
badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses
produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
Hasil-hasil
produksi
|
Disajikan
tabel hasil-hasil produksi, Peserta Didik dapat menentukan hasil produksi
bidang tertentu (agraris/ekstraktif/ industr)i
|
41
|
||
Badan
Usaha Milik Negara
|
Disajikan
beberapa gambar logo perusahaan , Peserta Didik dapat menunjukkan contoh logo
Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang tertentu
|
42
|
|||
Tujuan
Pemerintah turut serta sebagai pelaku ekonomi
|
Menjelaskan
tujuan pemerintah turut berperan sebagai pelaku ekonomi
|
43
|
|||
Perusahaan
Perseorangan
|
Peserta
Didik dapat mengidentifikkasi kebaikan/kelemahan perusahaan pereseorangan
|
44
|
|||
Perseroan
Terbatas
|
Peserta
Didik dapat mengidentifikasi sumber modal intern/ekstern perusahaan bentuk
Perseroan Terbatas
|
45
|
|||
Tujuan
koperasi Indonesia
|
Peserta
Didik dapat menjelaskan tujuan utama
koperasi Indonesia
|
46
|
|||
Sumber
permodalan koperasi
|
Disajikan
tabel sumber permodalan usaha, Peserta Didik dapat menentukan sumber permodalan koperasi
|
47
|
|||
6.4 Mengungkapkan gagasan
kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
|
Kreatifitas
dan kemandirian
|
Disajikan
daftar kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan, Peserta Didik dapat mengidentifikasi
kegiatan yang bisa dikelompokkan kedalam bentuk gagasan kreatif /kemandirian
|
48
|
||
Bentuk-bentuk
kemandirian seorang Peserta Didik
|
Mengidentifikasi
contoh kemandirian yang bisa dilakukan oleh seorang Peserta Didik
|
49
|
|||
Ciri-ciri
kemandirian
|
Disajikan
daftar, Peserta Didik dapat megidentifikasi ciri-ciri kemandirian dalam
tuindakan ekonomi yang bisa dilakukan oleh seseorang
|
50
|
terimakasih mas atas postingan nya. sangat membantu diriku.
ReplyDeleteok
Deleteijin share ya,,,,,,?
ReplyDeleteok
Delete