Powered By Blogger

Wednesday, 14 May 2014

KISI-KISI SOAL IPS ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
MUSYAWARAH KEPALA SEKOLAH (MKS) SMP
DKI JAKARTA
KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Mata Pelajaran
: IPS

Penyusun :
Kelas / Smt
: VII

1.   Sutarjo, SPd
Jumlah Soal
: 50 butir

2.   Drs.Warno, M.Si.
Bentuk Soal        
:  Pilihan Ganda

3.   Drs. H. Subadri, MM

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
No. Soal
1
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
4.1Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
Unsur-unsur peta/atlas.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan unsur peta/atlas.
1.       



Menghitung jarak pada peta
Disajikan peta yang dilengkapi skala, peserta didik dapat menghitung jarak sebenarnya antara dua kota pada peta tersebut.
2.       



Penggunaan indeks pada atlas
Disajikan indeks dari atlas, peserta didik dapat mengartikan indeks tersebut.
3.       



Keunggulan atau kelemahan globe
Peserta didik dapat menjelaskan keunggulan atau kelemahan globe dibanding peta
4.       


4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi.
Perbedaan sketsa dengan peta
Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan sketsa wilayah dengan peta.
5.       



Unsur sketsa wilayah
Disajikan daftar pernyataan, peserta didik dapat menentukan unsur-unsur yang harus ada dalam sketsa wilayah dari pernyataan tersebut.
6.       



Manfaat sketsa wilayah
Peserta didik dapat memngidentifikasi manfaat dari sketsa wilayah.
7.       


4.3     Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

Letak wilayah Indonesia
Peserta didik mampu mengidentifikasi keuntungan dari letak tertentu dari wilayah Indonesia.

8.       



Kaitan kondisi geografis dengan keadaan penduduk.

Peserta didik mampu mengidentifikasi kaitan kondisi geografis wilayah tertentu dengan keadaan penduduk wilayah tersebut

9.       


4.4  Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
Atmosfer
Disajikan gambar lapisan atmosfer, peserta didik dapat menetukan lapisan yang mempunyai karakteristik tertentu.
10.   



Keadaan iklim di Indonesia
Disajikan pernyataan tentang keadaan iklim atau cuaca di Indonesia, peserta didik dapat menentukan faktor penyebab keadaan tersebut.
11.   



Jenis-jenis angin.

Disajikan peta arah angin muson di Indonesia, peserta didik dapat menentukan akibat dari arah angin muson tersebut.
12.   



Jenis hujan
Disajikan gambar jenis hujan tertentu, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis hujan yang sesuai dengan gambar.
13.   



Siklus hidrologi
Disajikan gambar siklus hidrologi, peserta didik dapat mengidentifikasi bagian tertentu dari siklus tersebut.
14.   



Sungai-sungai di Indonesia

Disajikan pernyataan tentang karakteristik sungai di pulau tertentu di Indonesia peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya karakteristik tersebut.
15.   



Pemanfaatan Sungai
Peserta didik dapat menentukan pemanfaatan sungai di Pulau tertentu di Indonesia.
16.   



Danau di Indonesia
Disajikan daftar nama danau di Indonesia, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis danau tertentu pada daftar.
17.   



Air tanah
Peserta didik dapat menjelaskan akibatnya bila air tanah dieksploitasi secara berlebihan.
18.   



Zona laut menurut kedalamannya
Disajikan karakteristik zona laut menurut kedalamannya, peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik yang sesuai dengan zona tertentu
19.   



Batas wilayah laut Indonesia
Disajikan peta Indonesia, peserta didik dapat menentukan batas wilayah laut tertentu.
20.   
2
5.      Memahaami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
5.1  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha serta peninggalan-pening-galannya.
-        Peranan perdagangan bagi masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha ke Indonesia.
Peserta didik dapat mengidentifikasi kaum (golongan) yang menyebarkan agama Hindu-Budha ke Indonesia menurut teori Waisya.
21



-        Perkembangan kerajaan Hindu-Buddha:
1.      Kutai


Disajikan peta pulau Kalimantan peserta didik dapat menunjukkan letak Kerajaan Kutai
22



2.      Mataram Kuno

Disajikan gambar candi tertentu peninggalam Mataram Kuno peserta didik dapat mengidentifikasi nama raja yang memerintahkan pembangunannya.
23



3.      Sriwijaya

Disajikan daftar karakteristik kerajaan Hindu-Budha di Indonesia peserta didik dapat menentukan karakteristik kerajaan tertentu (Sriiwijaya atau majapahit)
24



4.      Singosari

Peserta didik dapat mengidentifikasi pendiri Kerajaan Singasari.
25



5.      Majapahit

Peserta Didik dapat mendeskripsikan makna/tujuan Sumpah Palapa.
26


5.2  Mendeskripsikan perkem-bangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-pening galannya.
Saluran-saluran Islamisasi di Indonesia

Disajikan daftar peserta didik dapat mengidentifikasi saluran-saluran penyebaran Islam di Indonesia.
27



Cara yang digunakan oleh Wali Songo dalam menyebarkan Islam.
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara penyebaran agama Islam oleh Wali Songo tertentu.
28



Peta jalur dan daerah penyebaran  Islam di Inndonesia
Disjikan peta Indonesia Peserta Didik dapat mengidentifikasi letak tiga kerajaan Islam tertentu.
29



Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia
Peserta didik dapat mengidentifikasi kerajaan Islam pertama di Indonesia.
30



Contoh peninggalan –peninggalan sejarah  bercorak Islam  di berbagai daerah
Disajikan gambar peninggalan Islam tertentu peserta didik dapat mengidentifikasi peninggalan kerajaan Islam tertentu.
31


5.3  Mendeskripsikan perkem-bangan masyara-kat, kebudaya-an, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Proses masuknya bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia 

Peserta didik dapat menyebutkan tujuan bangsa-bangsa Eropa berlayar menjelajah samudra mencapai Indonesia.
32



Cara-cara yang digunakan bangsa Eropa untuk mencapai tujuannya
Peserta didik dapat mendeskripsikan cara yang ditempuh bangsa Eropa dalam menguasai perdagangan di Indonesia pada abad 15-16.
33



Reaksi Bangsa Indonesia terhadap bangsa Eropa.
Peserta Didik dapat mendeskripsikan reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa Eropa.
34
3
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
Kegiatan produksi/ konsumsi/ distribusi

Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian kegiatan ekonomi tertentu (produksi/ konsumsi/ distribusi).

35



Kegiatan  ekonomi yang utama

Disajikan gambar kegiatan manusia, Peserta Didik dapat menentukan kegiatan ekonomi tertentu (produksi/konsumsi/ distribusi)
36



Kegiatan produksi/konsumsi/ distribusi yang dilakukan Peserta Didik

Disajikan  daftar  kegiatan manusia, Peserta Didik dapat menentukan contoh kegiatanekonomi tertentu (produksi/konsumsi/distribusi) yang dilakukan  Peserta Didik dalam kehidupan sehari-hari.

37



Kegiatan produksi/konsumsi/ distribusi masyarakat Jakarta

Disajikan gambar, Peserta Didik dapat menunjukkan kegiatan  ekonomi tertentu (produksi/konsumsi / distribusi) yang dilakukan sebagian masyarakat Jakarta yang bersifat nonformal

38



Penyebab  perilaku konsumtif

Menjelaskan penyebab perilaku konsumtif masyarakat

39



Kegiatan produksi jasa

Disajikan tabel kegiatan produksi, Peserta Didik dapat mengidentifikasi contoh hasil kegiatan produksi bidang jasa

40


6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi

Hasil-hasil produksi
Disajikan tabel hasil-hasil produksi, Peserta Didik dapat menentukan hasil produksi bidang tertentu (agraris/ekstraktif/ industr)i

41



Badan Usaha Milik Negara

Disajikan beberapa gambar logo perusahaan , Peserta Didik dapat menunjukkan contoh logo Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang tertentu

42



Tujuan Pemerintah turut serta sebagai pelaku ekonomi

Menjelaskan tujuan pemerintah turut berperan sebagai pelaku  ekonomi

43



Perusahaan Perseorangan

Peserta Didik dapat mengidentifikkasi kebaikan/kelemahan perusahaan pereseorangan

44



Perseroan Terbatas

Peserta Didik dapat mengidentifikasi sumber modal intern/ekstern perusahaan bentuk Perseroan Terbatas

45



Tujuan koperasi Indonesia

Peserta Didik dapat menjelaskan tujuan utama  koperasi Indonesia

46



Sumber permodalan koperasi
Disajikan tabel sumber permodalan usaha, Peserta Didik dapat menentukan sumber permodalan koperasi
47


6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

Kreatifitas dan kemandirian

Disajikan daftar kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan, Peserta Didik dapat mengidentifikasi kegiatan yang bisa dikelompokkan kedalam bentuk gagasan kreatif /kemandirian

48



Bentuk-bentuk kemandirian seorang Peserta Didik

Mengidentifikasi contoh kemandirian yang bisa dilakukan oleh seorang Peserta Didik

49



Ciri-ciri kemandirian
Disajikan daftar, Peserta Didik dapat megidentifikasi ciri-ciri kemandirian dalam tuindakan ekonomi yang bisa dilakukan oleh seseorang

50


4 comments: