DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas : VII
(TUJUH)
Jumlah Soal : 40
Bentuk Soal : PILIHAN
GANDA
Alokasi Waktu : 120
menit
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1.
|
4. Menggunakan
konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah.
|
4.1 Memahami
pengertian dan
notasi himpunan,
serta
penyajiannya
4.2. Memahami konsep
himpunan
bagian
|
Himpunan
Himpunan Kosong
Himpunan Bagian
|
Peserta didik
dapat menentukan salah satu pernyataan yang merupakan himpunan dari pernyataan yang diberikan.
Diberikan
sebuah himpunan yang dinyatakan dengan
kata-kata, peserta didik dapat menentukan pernyataan yang benar
tentang keanggotaan dari himpunan yang diberikan.
Diberikan
sebuah himpunan yang
dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan, peserta didik dapat menyatakan
himpunan tersebut dengan mendaftar anggotanya.
Peserta didik
dapat menentukan salah satu himpunan yang merupakan himpunan kosong dari himpunan yang
diberikan.
Diberikan
sebuah himpunan yang dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan, peserta
didik dapat menentukan pernyataan yang benar tentang himpunan bagian dari
himpunan tersebut.
Diberikan
sebuah himpunan yang memiliki n anggota, peserta
didik dapat menentukan banyak himpunan bagian yang memiliki m anggota dari
himpunan tersebut. (m < n dan n ≤ 5).
|
1
2
3
4
5
6
|
2.
3
|
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut,
serta menentukan ukurannya
6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan
ukurannya.
|
4.3. Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (selisih) dan komplemen pada himpunan.
4.4. Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
4.5. menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
5.1. Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan
jenis sudut.
5.2. Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua
garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
5.3. Melukis sudut
5.4. Membagi sudut
6.1. Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi
dan sudutnya
6.2. Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi,
trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
6.3 Menghitung keliling dan luas
bangun segitiga dan segiempat serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
6.4. Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis
berat, dan garis sumbu
|
Irisan dan gabungan dua himpunan
Komplemen himpunan
Selisih dua himpunan
Diagram Venn
Menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan diagram Venn
dan konsep himpunan
Kedudukan dua garis
Satuan sudut
Hubungan antar sudut
Garis sejajar dan sudut
Garis dan sudut
Garis dan sudut
Segitiga
Sifat-sifat segiempat
Keliling dan Luas
Garis istimewa pada segitiga
|
Peserta didik
dapat menentukan himpunan semesta yang mungkin untuk sebuah himpunan yang diberikan.
Diberikan
dua himpunan dalam bentuk notasi pembentuk himpunan dan kata-kata, peserta
didik dapat menentukan irisan atau
gabungan dari
dua
himpunan tersebut.
Diberikan
dua himpunan yang masing-masing diketahui banyak anggotanya, peserta didik
dapat menentukan banyak anggota irisan atau
gabungan dua himpunan tersebut.
Diberikan
dua himpunan dan
sebuah himpunan semestanya, peserta didik dapat menentukan komplemen dari irisan atau gabungan dua himpunan tersebut.
Diberikan dua himpunan,
peserta didik dapat menentukan selisih anggota himpunan yang satu dengan himpunan
lainnya.
Diberikan
diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan irisan dari dua himpunan tersebut.
Diberikan
diagram Venn dari dua himpunan, peserta didik dapat menentukan himpunan gabungan dari dua himpunan tersebut.
Diberikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari (melibatkan dua himpunan), peserta
didik dapat menentukan nilai irisan dua
himpunan dengan menggunakan diagram Venn atau konsep
himpunan (operasi himpunan).
Diberikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari (melibatkan dua himpunan), peserta
didik dapat menentukan nilai gabungan dua himpunan dengan
menggunakan diagram Venn atau konsep
himpunan (operasi himpunan).
Diberikan
soal cerita dalam kehidupan sehari-hari (melibatkan dua himpunan), peserta
didik dapat menentukan nilai komplemen
dari dua himpunan dengan menggunakan diagram Venn atau konsep himpunan (operasi himpunan).
Diberikan
gambar sebuah
bangun
ruang sisi datar, peserta didik dapat menentukan dua garis yang saling
bersilangan atau berpotongan.
Peserta didik dapat menentukan besar sudut terkecil yang dibentuk
oleh dua jarum jam pada pukul tertentu.
Diberikan dua besar sudut yang dinyatakan dalam derajat dan
menit, peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan atau pengurangannya.
Diberikan perbandingan sebuah sudut dengan penyikunya,
peserta didik dapat menentukan besar pelurus dari sebuah sudut
tersebut.
Disajikan gambar tentang hubungan antar sudut yang saling
berpenyiku
(dinyatakan
dengan variabel), peserta didik dapat menentukan nilai variabelnya.
Disajikan gambar tentang hubungan antar sudut yang saling
berpelurus
(dinyatakan
dengan variabel), peserta didik dapat menentukan besar salah satu sudut tersebut.
Diberikan gambar dua garis sejajar yang dipotong sebuah garis lain,
peserta didik dapat menentukan pasangan sudut yang terbentuk (sehadap,
sepihak, atau
berseberangan)
Diberikan gambar terkait dengan dua garis sejajar yang dipotong oleh
sebuah garis lain dan besar sudutnya (dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat
menentukan salah
satu besar sudut atau nilai
tertentu yang ditanyakan.
Diberikan gambar dan langkah-langkah cara melukis sudut, peserta didik dapat
menentukan urutan langkah yang benar dalam melukis sudut 450 atau 600.
Diberikan gambar dan langkah-langkah cara melukis sudut, peserta didik
dapat menentukan urutan langkah yang benar dalam membagi sebuah sudut tumpul menjadi dua bagian yang sama
besar.
Diberikan perbandingan sudut-sudut
dalam segitiga,
peserta didik dapat menentukan salah satu besar sudut dalam segitiga
tersebut.
Diberikan besar sudut-sudut
dalam segitiga
(dinyatakan dengan variabel), peserta didik dapat menentukan urutan sisi dari terpendek ke
terpanjang atau sebaliknya.
Peserta didik dapat menentukan sifat-sifat dari salah satu bangun datar yang
diberikan (persegi, persegipanjang, jajargenjang, belahketupat,
layang-layang, atau trapesium).
Diberikan angka perbandingan dari dua sudut yang berdekatan pada sebuah
jajargenjang, peserta didik dapat menentukan besar salah satu dari sudut-sudut yang lain dalam
jajargenjang tersebut.
Diberikan luas sebuah persegipanjang serta perbandingan panjang dan
lebarnya, peserta didik dapat menentukan keliling dari persegipanjang tersebut.
Peserta didik dapat menentukan luas layang-layang jika
unsur-unsur yang diperlukan diketahui.
Diberikan gambar trapesium dan unsur-unsur yang diperlukan diketahui, peserta
didik dapat menentukan luas trapesium tersebut.
Diberikan gambar bangun gabungan segitiga dan segiempat,
peserta didik dapat menentukan keliling dari bangun tersebut.
Diberikan gambar bangun gabungan segitiga dan segiempat,
peserta didik dapat menentukan luas dari bangun tersebut.
Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan
keliling segitiga atau
segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut.
Diberikan soal cerita (masalah sehari-hari) terkait dengan
luas segitiga atau
segiempat, peserta didik dapat menyelesaikan masalah tersebut.
Diberikan gambar dan urutan langkah cara melukis segitiga sama kaki, peserta
didik dapat menentukan urutan langkah yang benar.
Diberikan gambar dan urutan langkah cara melukis garis berat segitiga sembarang, peserta didik dapat
menentukan urutan langkah yang benar.
Diberikan gambar
terkait dengan garis-garis istimewa pada segitiga, peserta didik dapat
menentukan nama
yang
benar dari
garis istimewa berdasarkan gambar.
|
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
35
36
37
38
39
40
|
Penyusun
Hari Triswanto
No comments:
Post a Comment