KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS TAHUN
PELAJARAN 2013-2014
Jenis Sekolah :
SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Acuan :
KTSP
Alokasi Waktu :
120’
Jumlah Soal :
50
Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Bahan Kelas/Sem :
8 (delapan) / 2
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
1
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.
|
2
|
Ungkapan meminta, memberi, menolak jasa
|
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan
meminta, memberi, menolak jasa yg digaris bawahi, siswa
dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan tersebut
dengan tepat.
|
1
|
2
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.
|
2
|
Ungkapan meminta, memberi, menolak barang
|
Disajikan sebuah dialog pendek yang belum lengkap,
siswa dapat menentukan ungkapan meminta, memberi, menolak barang yang tepat untuk melengkapinya.
|
2
|
3
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta,
memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu.
|
2
|
Ungkapan meminta, memberi, menolak pendapat.
|
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan
meminta, memberi, menolak pendapat yang digaris bawahi,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan
tersebut dengan tepat.
|
3
|
4
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan,
memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
2
|
Ungkapan memberi perhatian terhadap pembicara
|
Disajikan sebuah dialog pendek yang belum lengkap,
siswa dapat menentukan ungkapan memberi
perhatian terhadap pembicara yang tepat untuk melengkapinya.
|
4
|
5
|
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan,
memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
|
|
Ungkapan untuk meminta, memberi persetujuan
|
Disajikan sebuah dialog singkat yg memuat ungkapan
meminta, memberi persetujuan yang digaris bawahi,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud dari ungkapan
tersebut dengan tepat.
|
5
|
6
|
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, serta mengawali, memperpanjang, dan menutup
percakapan telepon
|
|
Ungkapan mengawali, memperpanjang, menutup percakapan
|
Disajikan sebuah dialog pendek yang belum lengkap,
siswa dapat menentukan ungkapan mengawali, memperpanjang, menutup percakapan yang
tepat untuk melengkapinya.
|
6
|
7
|
Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar.
(Reading)
|
2
|
Makna notice
|
Disajikan sebuah notice, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang makna dari notice tersebut dengan tepat.
|
7
|
8
|
Merespon makna dalam
teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
(Reading)
|
2
|
Makna caution
|
Disajikan sebuah caution, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang makna dari caution tersebut dengan tepat.
|
8
|
9
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
(Reading)
|
2
|
Undangan pesta:
Informasi
tertentu
|
Disajikan sebuah teks berupa undangan pesta ulang
tahun, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
9
|
2
|
Informasi tersirat
|
Disajikan teks yang sama , siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan
tepat.
|
10
|
||
2
|
Tujuan komunikatif teks
|
Disajikan teks yang sama , siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan
komunikatif teks tersebut dengan tepat.
|
11
|
||
10
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
(Reading)
|
2
|
Pesan singkat:
Informasi rinci
|
Disajikan sebuah teks berupa pesan pendek tentang
suatu kegiatan tertentu di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
12
|
2
|
Tujuan komunikatif teks
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
|
13
|
||
11
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
(Reading)
|
2
|
Teks Pengumuman:
Informasi rinci
|
Disajikan sebuah teks berupa pengumuman tentang kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
14
|
2
|
Makna kata/frasa
|
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang makna kata/frasa tersebut dengan tepat.
|
15
|
||
2
|
Informasi tersirat
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat di dalam teks tersebut dengan
tepat.
|
16
|
||
12
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
(Reading)
|
2
|
Teks IKLAN:
Informasi tertentu
|
Disajikan sebuah teks berupa iklan suatu
produk/barang terkait dengan dunia sekolah, siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang informasi tertentu dalam
teks tersebut dengan tepat.
|
17
|
2
|
Informasi rinci
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
18
|
||
2
|
Informasi tersirat
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
19
|
||
13
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
(Reading)
|
2
|
Teks Schedule:
Gambaran umum isi teks
|
Disajikan sebuah teks berupa schedule tentang perjalanan darat siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks tersebut dengan tepat.
|
20
|
2
|
Informasi rinci
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
21
|
||
2
|
Informasi tersirat
|
Disajikan teks yg sama, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks tersebut dengan tepat.
|
22
|
||
14
|
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis
fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar
(Reading)
|
2
|
Teks Greeting
card:
Informasi tertentu
|
Disajikan sebuah teks berupa greeting card tentang sukses juara kelas, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan
tepat.
|
23
|
Informasi rinci
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
24
|
|||
15
|
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
(reading)
|
2
|
Teks RECOUNT
1:
Gambaran umum isi teks
|
Disajikan sebuah teks recount tentang liburan sekolah , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang gambaran umum isi teks tersebut dengan tepat.
|
25
|
2
|
Informasi tertentu
|
Disajikan teks yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
|
26
|
||
2
|
Pokok pikiran suatu paragraf
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang pokok pikiran salah satu paragraph dalam teks tersebut dengan tepat.
|
27
|
||
2
|
Rujukan kata
|
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks yang
sama yang memuat kata ganti tertentu yang digaris bawahi, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang kata rujukan dari kata ganti tersebut
dengan tepat.
|
28
|
||
16
|
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
(reading)
|
2
|
Teks NARRATIVE
1
Informasi rinci
|
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative tentang fabel, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
29
|
2
|
Informasi tersirat
|
Disajikan teks yg sama ,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat
dalam teks tersebut dengan tepat.
|
30
|
||
2
|
Tujuan komunikatif teks
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat.
|
31
|
||
2
|
Pesan moral
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang pesan moral dalam teks tersebut dengan tepat.
|
32
|
||
17
|
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
(reading)
|
2
|
Teks
RECOUNT 2:
Gambaran umum isi teks
|
Disajikan sebuah teks berbentuk recount tentang pengalaman tak terlupakan, siswa dapat menentukan
jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks tersebut dengan tepat.
|
33
|
2
|
Informasi tertentu
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
|
34
|
||
2
|
Informasi rinci
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
35
|
||
2
|
Makna kata/frasa/kalimat
|
Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban
pertanyaan tentang makna kata dari kata tersebut dengan tepat.
|
36
|
||
18
|
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek
sederhana secara akurat, lancar dan berterima
yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
(reading)
|
2
|
Teks NARRATIVE
2:
Gambaran umum isi teks
|
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative tentang folktale, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang gambaran umum isi teks
tersebut dengan tepat.
|
37
|
2
|
Informasi tertentu
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi tertentu dalam teks tersebut dengan tepat.
|
38
|
||
2
|
Informasi rinci
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang informasi rinci dalam teks tersebut dengan tepat.
|
39
|
||
2
|
Pesan moral
|
Disajikan teks yg sama , siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang pesan moral dalam teks tersebut dengan tepat.
|
40
|
||
19
|
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount dan narrative (Writing)
|
2
|
Teks RECOUNT:
Penggunaan kata benda
|
Disajikan sebuah teks berbentuk recount yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan
kata benda dengan tepat
|
41
|
2
|
Penggunaan kata kerja
|
Disajikan sebuah teks recount sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan
dengan kata kerja dengan tepat
|
42
|
||
2
|
Penggunaan kata penghubung/conjunction: and, or, but, so
|
Disajikan sebuah teks recount yang sama dan tidak
lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan dengan kata sifat dengan tepat
|
43
|
||
20
|
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount dan narrative (Writing)
|
2
|
Teks NARRATIVE:
Penggunaan Subject pronoun
|
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative yang tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan
dengan kata ganti subject pronoun dengan tepat
|
44
|
2
|
Penggunaan kata depan
|
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative yang sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan
dengan kata kerja dengan tepat
|
45
|
||
2
|
Penggunaan kata sifat
|
Disajikan sebuah teks berbentuk narrative yang sama dan tidak lengkap, siswa dapat melengkapi jawaban pertanyaan
dengan kata sifat dengan tepat
|
46
|
||
21
|
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount dan narrative (Writing)
|
2
|
Paragraph yang padu
|
Disajikan kalimat-kalimat dari salah satu paragraph
teks recount sederhana yang diacak, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan
tentang susunan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraph yang padu.
|
47
|
2
|
Paragraph yang padu
|
Disajikan kalimat dari salah satu paragraph teks narrative sederhana yang
diacak, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kalimat
yang tepat untuk membentuk paragraph yang padu.
|
48
|
||
22
|
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount dan narrative (Writing)
|
2
|
Kalimat majemuk setara (Compound Sentence)
|
Disajikan kata-kata acak dari sebuah kalimat majemuk setara (compound sentence), siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan
kata-kata yang tepat untuk membentuk kalimat majemuk yang bermakna.
|
49
|
23
|
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei
pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima untuk berinteraksi yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks
berbentuk recount dan narrative (Writing)
|
2
|
Kalimat sederhana
(simple sentence) past tense
|
Disajikan kata-kata acak dari sebuah kalimat sederhana, siswa dapat
menentukan jawaban pertanyaan tentang susunan kata-kata yang tepat untuk
membentuk kalimat sederhana yang bermakna.
|
50
|
No comments:
Post a Comment