KISI-KISI SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS : VIII (DELAPAN)
SEMESTER : GENAP
WAKTU : 90 MENIT
NO
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
10. Menerapkan hukum
bacaan mad dan waqaf
|
10.1 Menjelaskan hukum bacaan mad dan Waqaf
10.2
Menunjukkan contoh hukum
bacaan mad dan waqaf dalam
bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.1 Mempraktikkan bacaan mad dan
waqaf dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an
|
Hukum bacaan mad dan waqaf
|
Peserta didik dapat menjelaskan tanda-tanda mad thabii
Ditampilkan ayat Al Quran yang mengandung mad. Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan mad thabii
Peserta didik dapat menjelaskan salah satu tanda waqaf
Ditampilkan ayat al quran yang mengandung
mad. Peserta didik dapat memilih bacaan mad wajib muttashil
Disajikan ayat Al-Qur'an yang mengandung
hukum bacaan mad, Peserta didik dapat menentukan
bacaan mad jaiz munfashil
Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan mad arid
lissukun
Ditampilkan ayat alqur'an yang mengandung
bacaan mad. Peserta
didik dapat menunjukkan
contoh bacaan mad badal
Disajikan beberapa tanda waqaf . Peserta didik dapat menunjukkan tanda waqaf al washlu aula
Peserta didik dapat menjelaskan cara membaca . tanda waqaf lazim
Disajikan. ayat Al Quran yang terdapat
tanda waqaf saktah Siswa dapat menjelaskan cara
membaca tanda waqaf
tersebut .
Disajikan ayat Al Quran dan tanda
waqafnya. Peserta
didik dapat menunjukkan
tanda waqaf mamnu’
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
2
|
11. Meningkatkan keimanan
kepada
Rasul Allah
|
11.1 Menjelaskan pengertian beriman
kepada Rasul Allah.
11.2 Menyebutkan
nama dan sifat
… Rasul Allah
11.2 Meneladani sifat-sifat Rasulullah
SAW.
|
Iman Kepada Rasul Allah
|
Peserta didik dapat menunjukkan salah satu contoh prasyarat menjadi Rasul Allah
(Amiluz Zaman=Dibutuhkan
Masyarakat, Syaraf An Nasab=Keturunan mulia, Al Mitsaliyah=Teladan)
Ditampilkan tabel tentang sifat wajib
rasul dan artinya. peserta didik dapat menentukan pasangannya.
Ditampilkan beberapa kejadian
luar biasa pada manusia peserta didik dapat menunjukkan istilah peristiwa yang terjadi pada seorang Rasul.
Ditampilkan salah satu ayat Al Quran, peserta didik dapat menjelaskan salah satu tugas rasul
berdasarkan ayat tersebut
Disajikan kisah seorang Rasul Allah. peserta didik dapat menunjukkan salah satu sifat
wajib rasul berdasarkan kisah tersebut.
Ditampilkan nama nama rasul Allah peserta didik dapat mengklasifikasikan rasul tersebut
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan maksud Ulul Azmi
Disajikan beberapa pernyataan peserta didik dapat menjelaskan salah satu fungsi mu’jizat
Ditampilkan tabel yang berisi nama rasul dan mukjizat. peserta didik dapat menunjukkan pasangannya
peserta didik dapat menjelaskan salah satu isi kandungan dari ayat Al Quran yang
berhubungan dengan Rasulullah
Ditampilkan ayat Al Quran berhubungan dengan rasul ulul Azmi peserta didik dapat menjelaskan maksud ayat
tersebut
|
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
|
3
|
12.. Membiasakan perilaku terpuji
|
12.1
Menjelaskan adab makan dan
Minum
12.2
Menampilkan contoh adab
makan dan minum
12.3 Mempraktekkan adab makan dan
minum
dalam kehidupan sehari-
hari
|
Adab makan dan minum
|
peserta didik dapat menjelaskan arti halal dan baik berdasarkan
ayat Al quran
peserta didik dapat menunjukkan arti do’a sebelum makan
Ditampilkan beberapa pernyataan, siswa
dapat menunjukkan adab makan dan minum
Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan cara minum Nabi
Muhammad saw.
Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menunjukkan bacaan ketika lupa
berdo’a sebelum makan
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang
cara makan, peserta
didik dapat
menjelaskan adab makan Nabi Muhammad saw.
Peserta didik dapat menunjukkan bacaan do’a sesudah
makan.
Ditampilkan ayat Al Quran terkait dengan sifat mubazir peserta didik dapat menjelaskan maksud ayat tersebut.
|
23
24
25
26
27
28
29
30
|
4
|
13. Menghindari Perilaku tercela
|
13.1 Menjelaskan
pengertian perilaku dendam dan
munafiq
13.2
Menjelaskan ciri-ciri pendendam
dan
munafiq
13.3 Menghindari perilaku pendendam
dan
munafiq dalam kehidupan
sehari-hari
|
Sifat tercela perilaku dendam dan munafiq
|
Ditampilkan dalil naqli tentang sifat dendam peserta didik dapat menjelaskan isinya
Ditampilkan beberapa pernyataan ciri-ciri
sifat tercela, peserta
didik dapat menunjukkan
ciri-ciri sifat dendam
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang
bahaya sifat tercela, peserta didik dapat
menjelaskan bahaya sifat dendam
Ditampilkan beberapa pernyataan tentang
cara menghindari sifat tercela peserta didik dapat menunjukkan cara menghindari sifat dendam
Disajikan hadits tentang tentang nifaq, peserta didik dapat menyimpulkan
hadits tersebut
Ditampilkan pernyataan tentang bahaya sifat
tercela, peserta
didik dapat menjelaskan
bahaya dari sifat nifaq.
peserta didik dapat menunjukkan
cara menghindari sifat nifaq
|
31
32
33
34
35
36
37
|
5
|
14. Memahami hukum Islam
tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan
yang
halal dan haram dimakan
14.2 Menghindari makan yang
bersumber dari hewan yang
diharamkan
|
|
.Ditampilkan beberapa hewan darat, peserta didik dapat mengklasifikasikan binatang darat yang halal dimakan.
Ditampilkan beberapa hewan, peserta didik dapat menunjukkan
hewan yang dagingnya halal tanpa disembelih.
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan manfaat
daging hewan yang halal.
Ditampilkan hadits tentang hewan
laut, peserta
didik dapat menyimpulkan
hadits tersebut
Siswa dapat menunjukkan salah satu isi QS Al An’am ayat 121
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan madharat memakan daging yang haram.
Ditampilkan ayat Al Quran yang berhubungan dengan sesuatu yang baik dan yang menjijikkan. peserta didik dapat menunjukkan contoh hewan
yang haram berdasarkan ayat tersebut.
|
38
39
40
41
42
43
44
|
6.
|
15.Memahami sejarah da’wah Islam
|
15.1 Menceriterakan sejarah
pertumbuhan ilmu pengethuan
Islam
sampai masa Abbasiyah
15.2
Menyebutkan tokoh ilmuwan
muslim dan perannya sampai
masa
daulah Abbasiyah
|
Sejarah Da’wah Islam
|
Peserta didik dapat menunjukkan khalifah yang berjasa dalam perluasan wilayah sampai
ke Afrika Utara dan Spanyol
Ditampilkan nama-nama cendekiawan pada masa daulah Umayyah, peserta didik dapat menunjukkan tokoh
yang berjasa dalam penyusunan tanda harakat Al Quran.
Ditampilkan tabel yang berisi nama cendikiawan muslim dan
karya-karyanya, peserta
didik dapat menunjukkan pasangannya
Ditampilkan nama-nama khalifah
pada masa daulah abbasyiyah, peserta didik dapat menunjukkan nama khalifah
yang paling berjasa dalam perkembangan ilmu pengetahuan.
Ditampilkan nama-nama cendikiawan muslim,
peserta didik dapat menunjukkan cendikiawan
muslim bidang ilmu pengetahuan
Peserta didik dapat menunjukkan cendikiawan muslim bidang ilmu agama
|
45
46
47
48
49
50
|
Tim Penyusun :
Hasyim Asy'ari, S. Ag. (Ketua)
Drs. H. Muhaimin (Anggota)
Drs H Nasrudin,
MA (Anggota)
No comments:
Post a Comment