KISI-KISI UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK) KLS. VIII
Pendidikan Kewarganegaraan
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2013-2014
KISI-KISI
SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
MATA PELAJARAN : PKn ALOKASI WAKTU : 90
MENIT
KURIKULUM ACUAN : KTSP JUMLAH SOAL : 50 (LIMA PULUH)
KELAS :
VIII ( Delapan ) BENTUK SOAl : PILIHAN GANDA
No
Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
4. Memahami
pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi
|
Pengertian demokrasi
|
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian demokrasi
|
1
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan negara penggagas adanya demokrasi
|
2
|
|
|
|
Prinsip-prinsip demokrasi
|
Disajikan 5 pernyataan, peserta
didik dapat menunjukkan 3 prinsip demokrasi
|
3
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta
didik dapat menunjukkan 2 nilai demokratis dalam kehidupan masyarakat
|
4
|
|
|
|
Bentuk-bentuk demokrasi modern
|
Peserta didik dapat menunjukkan
contoh
pelaksanaan demokrasi langsung dalam lingkungan masyarakat
|
5
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menjelaskan kedudukan Presiden dalam sistem pemerintahan
Presidensil
|
6
|
|
|
|
Macam-macam demokrasi dan pelaksanaannya
di Indonesia
|
Disajikan 4
kolom pilihan macam-macam demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan 2 macam
demokrasi yang pernah
berlaku/diterapkan di Indonesia
|
7
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian Demokrasi Pancasila
|
8
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menunjukkan landasan hukum
pelaksanaan Demokrasi Pancasila
|
9
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2
contoh penerapan demokrasi Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
10
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menunjukkan kelebihan demokrasi Pancasila
|
11
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar pemungutan/penghitungan suara , peserta didik dapat menunjukkan cara
mengambil keputusan dari kegiatan
gambar tersebut
|
12
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan,
peserta didik dapat menunjukkan yang harus dilakukan warga negara untuk
melaksanakan demokrasi Pancasila
|
13
|
|
|
4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
Pentingnya kehidupan demokrasi
|
Peserta didik dapat
menjelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam berbangsa dan bernegara
|
14
|
|
|
|
|
Disajikan 4
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh kehidupan demokratis dalam bermasyarakat
|
15
|
|
|
|
Demokrasi
dalam kehidupan politik
|
Ditampilkan gambar kegiatan di TPS, peserta didik dapat menentukan azas dalam kegiatan tersebut
|
16
|
|
|
|
Partisipasi dalam pemilu
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan pentingnya
partisipasi dalam pemilu
|
17
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta
didik dapat menunjukkan 2 syarat untuk dapat memilih dalam Pemilu
|
18
|
|
|
|
Demokrasi dalam kehidupan ekonomi
|
Peserta didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD 1945 yang menjadi
dasar dari demokrasi ekonomi di Indonesia
|
19
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan alasan bahwa koperasi merupakan bentuk badan usaha yang bersifat
demokratis
|
20
|
|
|
4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam
berbagai kehidupan
|
Kebaikan budaya demokrasi
|
Peserta didik dapat menyatakan cara demokratis dalam menyampaikan
pendapat kepada pemerintah
|
21
|
|
|
|
|
Disajikan 4
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 ciri pemimpin yang demokratis
|
22
|
|
|
|
Sikap demokratis dalam kehidupan
masyarakat
|
Disajikan 4
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 contoh sikap demokratis di
lingkungan
sekolah
|
23
|
|
|
|
|
Disajikan gambar kegiatan bermusyawarah, peserta
didik dapat menunjukkan sikap terbaik mengikuti kegiatan tersebut
|
24
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan peserta didik dapat menunjukkan sikap demokratis dalam pelaksanaan Pemilihan umum
|
25
|
|
5. Memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia
|
5.1.Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
|
Makna kedaulatan rakyat
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian kedaulatan rakyat
|
26
|
|
|
|
Teori kedaulatan
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 makna
kedaulatan rakyat
|
27
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan kedaulatan yang dianut oleh NKRI menurut
UUD 1945 Pasal 1 ayat (3)
|
28
|
|
|
|
Lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
|
Disajikan 4 kolom pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom
yang termasuk lembaga eksekutif di
Indonesia
|
29
|
|
|
|
|
Disajikan 4 kolom pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 kolom
yang berisi lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat di Indonesia yang
anggota dipilih dalam Pemilu
|
30
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan keanggotaan MPR
|
31
|
|
|
5.2 Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga
negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat
|
Sistem
pemerintahan Indonesia
|
Disajikan 4 pernyataan sistem pemerintahan, peserta didik dapat menunjukkan
2 sistem pemerintahan RI sesuai dengan UUD 1945
|
32
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 ciri pemerintahan Presidensil RI
|
33
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara pelaksana undang-undang dalam
pembagian kekuasaan pemerintahan
|
34
|
|
|
|
Lembaga negara sebagai pelaksana
kedaulatan rakyat
|
Peserta didik dapat menyatakan lembaga negara
yang berwenang mengubah dan menetapkan UUD
|
35
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan pemegang
kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945
|
36
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menjelaskan fungsi legislasi DPR RI
|
37
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menentukan 2 lembaga peradilan umum yang berada di
bawah MA
|
38
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 kewenangan
Mahkamah Konstitusi
|
39
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara yang bebas dan mandiri
dengan tugas khusus memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara
|
40
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara yang dibentuk setelah
amandemen UUD negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
41
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 tugas dan
wewenang Komisi Pemilihan Umum
|
42
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara yang berwenang mengusulkan
pengangkatan Hakim Agung
|
43
|
|
|
5.3 Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem
pemerintahan Indonesia
|
Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan sikap positif
terhadap ancaman yang membahayakan keselamatan bangsa dan negara
|
44
|
|
|
|
|
Disajikan
data, peserta didik dapat menunjukan contoh peran
serta rakyat terhadap kedaulatan
NKRI
|
45
|
|
|
|
|
Disajikan 4 pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 fungsi partai politik
|
46
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukan sikap positif rakyat terhadap pelaksanaan
Pilkada
|
47
|
|
|
|
|
Disajikan gambar kegiatan pemilu, peserta didik dapat menunjukkan sikap yang
baik terhadap keputusan kegiatan gambar tersebut
|
48
|
|
|
|
Sikap positif terhadap pemerintah
Indonesia
|
Ditampilkan 4
pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 2 upaya penegakkan hukum sebagai
sikap mendukung pemerintah
|
49
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat menunjukkan wujud sikap positif
terhadap Pemda DKI
|
50
|
No comments:
Post a Comment