Powered By Blogger

Friday 24 May 2013

BIOGEOGRAFI EVOLUSIONER - BAGAIMANA PERGESERAN BENUA MEMPENGARUHI DISTRIBUSI GEOGRAFIS?

BIOGEOGRAFI EVOLUSIONER - BAGAIMANA PERGESERAN BENUA MEMPENGARUHI DISTRIBUSI GEOGRAFIS? 

Vicariance biogeografi

Mari kita lihat di salah satu program penelitian utama modern yang mempelajari hubungan antara biogeografi dan pergeseran benua. Hal ini disebut biogeografi vicariance.

Terlepas hanyut lempeng tektonik adalah jenis peristiwa yang dapat menyebabkan spesiasi. Jika membelah tanah dan spesies di atasnya lakukan bertepatan, hasilnya adalah bagian pelengkap dua spesies menempati area sebelumnya berkesinambungan yang diduduki oleh nenek moyang mereka. Ini merupakan contoh dari peristiwa vicariance. (Vicariance berarti memisahkan di berbagai takson.)

Secara teori, pergeseran benua adalah salah satu proses yang bisa membelah rentang spesies '. Bisa juga bahwa spesies dipecah oleh spesiasi parapatric, atau proses lainnya (seperti bangunan gunung, atau pembentukan sungai) yang dibagi suatu daerah. Dalam setiap hal demikian, hasilnya akan menjadi pasangan atau lebih spesies menduduki subbagian baru kisaran spesies leluhur. Menurut teori biogeografi vicariance, distribusi kelompok taksonomi ditentukan oleh split (atau vicariance kejadian) dalam rentang spesies leluhur. 

No comments:

Post a Comment