Powered By Blogger

Wednesday 22 May 2013

MENGAPA IBU NEFRI SAKIT PINGGANG DAN URINNYA TIDAK LANCAR SEWAKTU MENGONSUMSI JENGKOL?

MENGAPA IBU NEFRI SAKIT PINGGANG DAN URINNYA TIDAK LANCAR SEWAKTU MENGONSUMSI JENGKOL?

Jengkol mengandung asam jengkolat yang dapat mengalami kristalisasi dan pengendapan di dalam sistem urinarius. Pengendapan kristal asam jengkolat ini dapat menyebabkan penyumbatan dalam sistem urinarius sehingga proses pengeluaran urin menjadi tidak lancar. Oleh karena itulah urin ibu Nerfri tidak keluar secara lancar setelah mengonsumsi jengkol.

Kristalisasi asam jengkolat dapat dipicu oleh kondisi urin yang asam. Keasaman urin setiap orang berbeda-beda, sehingaa proses kristalisasi dan pengendapan ini bervariasi pada individu-individu yang berbeda (tergantung bakat masing-masing individu). Keasaman urin tersebut dapat dinetralisir dengan pemberian Natrium Karbonat sehingga proses pengristalan asam jengkolat tersebut dapat dikurangi.

Kristal asam jengkolat cenderung berbentuk seperti jarum. Keberadaan benda yang tajam tersebut di dalam sistem urinarius dapat merangsang saraf nyeri. Apalagi ketika otot polos di sekitar sistem urinarius berkontraksi dan menekan endapan kristal yang tajam tersebut. Hal inilah yang menyebabkan ibu Nefri mengalami sakit pinggang setelah mengonsumsi jengkol.

No comments:

Post a Comment