Powered By Blogger

Wednesday 22 May 2013

NEFRI NGOMPOL

NEFRI NGOMPOL

Nefri, seorang mahasiswa tahun satu di FK sedang membaca buku teks tentang fungsi ginjal. Sebelumnya Nefri belum tahu tahapan proses pembentukan urin seperti filtrasi, reabsorpsi, dan sekresi, tapi sekarang dia sudah mengerti bagaimana peran nefron sebagai unit fungsional ginjal. Nefri jadi ingat kebiasaannya yang masih ngompol sampai kelas 1 SD. “Kenapa aku bisa begitu ya?” Tanya Nefri dalam hati.

Tiba-tiba adik Nefri yang berumur 12 tahun berteriak memanggil Nefri ketika keluar dari kamar mandi, karena melihat warna urinnya kuning pekat. Nefri menenangkan dan menjelaskan bahwa itu karena kemaren adiknya itu mengonsumsi vitamin C dan B kompleks. Adik Nefri juga bertanya kenapa dia jadi sering BAK kalau berada di ruangan yang berAC apalagi kalau sedang ujian. “Bagaimana sebenarnya proses pengeluaran urin itu Kak?” Tanya adik Nefri. Beberapa hari yang lalu ibu Nefri juga mengalami sakit pinggang dan urinnya tidak lancar keluar sesudah makan jengkol. Bagaimana anda menjelaskan apa yang dialami oleh Adik Nefri dan ibunya?

Klarifikasi Terminologi
1.  Urin : Hasil sekresi dari ginjal yang dikeluarkan dalam bentuk cairan, berwarna kuning jernih (bening).
2.  Filtrasi : Suatu proses perpindahan cairan dan zat terlarut dari kapiler glomerulus, dalam gradien tekanan tertentu ke dalam kapsul Bowman.
3.  Reabsopsi :  Tindakan atau proses penyerapan kembali sebagian filtrat glomerulus yang terjadi di tubulus proximal (TC I) melalui difusi pasif, difusi terfasilitasi, maupun transport aktif.
4.  Sekresi :  Proses pengeluaran zat spesifik yang terjadi karena aktifitas kelenjar berupa memisahkan zat spesifik dalam darah atau pengeluaran zat kimia baru.
5.  Nefron :  Unit fungsional terkecil pada ginjal terdiri dari korpuskel renalis, TC I, ansa Henle, TC II, dan tubulus & ductus coligentes. Satu ginjal memiliki 1-4 juta nefron.
6.  Ngompol :  Kegagalan dari volunter sfingter eksterna disertai pengeluaran urin yang sering.

No comments:

Post a Comment