Powered By Blogger

Wednesday 1 May 2013

SOAL UJI KOMPETENSI


SOAL UJI KOMPETENSI

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
1. Pada zaman sekarang, banyak sekali dilakukan usaha-usaha untuk mendapatkan bibit unggul, baik di bidang pertanian maupun peternakan. Menurut Anda, adakah kaitan antara ditemukannya bibit-bibit unggul dan proses evolusi? Jelaskan pendapat Anda! Bagaimana Anda menyikapi penemuan bibit-bibit unggul tersebut jika dikaitkan dengan kebutuhan dan kelestarian plasma nutfah?
2. Makhluk hidup sekarang berasal dari proses evolusi yang panjang dan sangat lama. Menurut Anda apakah manusia sekarang ini akan selalu mengalami proses evolusi? Jika dikaitkan dengan kehidupan zaman sekarang, manusia dituntut untuk berpikir sehingga dapat survival dalam kehidupannya. Organ tubuh yang sering dipakai dalam hal ini adalah otak. Menurut pendapat Anda bagaimanakah arah evolusi jika dikaitkan dengan hal tersebut?
3. Mutasi umumnya merugikan, tetapi dalam kenyataannya setiap spesies berevolusi ke arah yang baik. Menurut Anda benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda tentang pernyataan tersebut sehingga menjadi suatu pendapat yang dibenarkan!
4. Hitler adalah seorang pemimpin militer Jerman. Ia sangat mendukung teori Darwin. Dalam praktik pemerintahannya dia menggunakan teori evolusioner. Usaha yang dia lakukan untuk mempercepat evolusi manusia adalah dengan membunuh orang-orang cacat. Menurut Anda dapatkah usaha mempercepat evolusi manusia versi Hitler berhasil? Jelaskan pendapat Anda disertai alasan yang tepat!
5. Dengan mempelajari perbandingan tentang fosil dari berbagai lapisan bumi yang berlainan, Anda akan memperoleh petunjuk bahwa evolusi memang pernah terjadi. Jelaskan tentang hal tersebut!

5 comments:

  1. Assalamualaikum ka. Boleh tau jawaban no 4? Soalnya saya ada tugas yg pertanyaanya itu 🙏🙏

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumsalam Warohmatullahi Wabarokatuh,
    Kalau menurut saya tidak berhasil, karena dengan membunuh orang cacat hanya akan mengurangi jumlah,tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecepatan proses evolusi manusia.

    ReplyDelete
  3. Maaf kak boleh tau jawaban no 1

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum kak boleh tau jawaban no 1 sampai 5 ��

    ReplyDelete
  5. Selamat siang kak
    Boleh tau jawaban nya no 1 dan no 4 🙏

    ReplyDelete