Jumat, 24 Mei 2013

BIOGEOGRAFI EVOLUSI - BAGAIMANA SUATU SPESIES MENYEBAR DARI DAERAH KE DAERAH?

BIOGEOGRAFI EVOLUSI - BAGAIMANA SUATU SPESIES MENYEBAR DARI DAERAH KE DAERAH?

Bubaran

Sebuah jangkauan spesies akan berubah jika anggota spesies bergerak dalam ruang, proses yang disebut penyebaran. hewan Individu dan memindahkan tanaman, aktif dan pasif, melalui ruang baik dalam rangka untuk mencari daerah kosong dan sebagai respons terhadap perubahan lingkungan. (Pabrik bergerak pasif, pada tahap benih ini berlawanan dandelion dapat mengirim bijinya lebih dari jarak beberapa mil..) Jika suatu spesies berasal dari satu daerah dan kemudian tersebar untuk mengisi distribusi yang ada. Tempat di mana ia berasal disebut pusat asal.

Rute penyebaran Berbagai mungkin telah diikuti dalam sejarah biogeografi suatu spesies.

• Koridor
Dua tempat bergabung dengan koridor jika mereka adalah bagian dari daratan yang sama: Georgia dan Texas, misalnya. Hewan dapat bergerak dengan mudah sepanjang koridor dan setiap tempat dua bergabung dengan koridor akan memiliki derajat yang tinggi kesamaan fauna.

• Filter jembatan
Sebuah jembatan filter adalah hubungan lebih selektif antara dua tempat, dan hanya beberapa jenis hewan akan berhasil melewati itu. Misalnya, ketika Selat Bering berada di atas air, mamalia pindah dari Amerika Utara ke Asia dan sebaliknya, tetapi tidak ada mamalia Amerika Selatan pindah ke Asia dan tidak ada spesies Asia pindah ke Amerika Selatan. Alasannya adalah mungkin bahwa jembatan tanah di Alaska dan Panama begitu jauh, begitu sempit, dan begitu berbeda dalam ekologi bahwa tidak ada spesies berhasil untuk membubarkan seluruh mereka.

• Undian
Akhirnya, rute undian adalah mekanisme penyebaran berbahaya atau tidak disengaja oleh binatang yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Contoh-contoh standar adalah pulau melompat dan rakit alam. Banyak lahan vertebrata tinggal di Kepulauan Karibia, dan (jika biogeografi mereka benar dijelaskan oleh penyebaran) mereka mungkin telah pindah dari satu pulau ke pulau lain, mungkin sedang dilakukan pada log atau semacam rakit lainnya. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar