KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN
PELAJARAN 2017/2018
Jenjang Sekolah : Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Kelas / Semester : VII /
1 Bentuk Soal :
Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS) Jumlah Soal : 50 soal
No. Urut
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI /
SUB MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
1
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
3.1 Memahami
konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi,
iklim, bentuk muka bumi, geologis,
flora,
dan fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia
serta pengaruhnya terhadap
kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi,
sosial,
budaya, dan pendidikan
3.1 Memahami
konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi,
iklim, bentuk muka bumi, geologis,
flora,
dan fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia
serta pengaruhnya terhadap
kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi,
sosial,
budaya, dan pendidikan
|
Ruang dan Intraksi Antarruang
|
Peserta didik dapat menentukan
nama tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian
yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal
|
1
|
2
|
Ruang dan Intraksi Antarruang
|
Peserta didik dapat menyebutkan
penyebab terjadinya Interaksi antar ruang
|
2
|
|
3
4
|
Ruang dan Intraksi Antarruang
Komponen Peta
|
Setelah disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan kondisi saling bergantung pada Interaksi keruangan.
Dengan
disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan arti simbol titik pada
gambar
|
3
4
|
|
5
|
Komponen Peta
|
Dengan
disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi simbol titik
|
5
|
|
6
|
Komponen Peta
|
Peserta
didik dapat menentukan Objek pada peta yang tergambar dengan warna biru
|
6
|
|
7
|
Komponen Peta
|
Berdasarkan
Peta yang disajikan, peserta didik dapat menentukan komponen peta yang
ditunjuk
|
7
|
|
8
|
Letak dan luas Indonesia
|
Dengan
disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan iklim pada daerah yang
ditandai arsiran
|
8
|
|
9
|
Letak dan luas Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan letak Indonesia
|
9
|
|
10
|
Letak dan luas Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan yang menjadi dasar penentuan letak astronomis suatu
negara
|
10
|
|
11
|
Letak dan luas Indonesia
|
Dengan
disajikan pernyataan-pernyataan, peserta didik dapat menentukan keuntungan
Indonesia yang berada di antara dua samudera
|
11
|
|
12
|
Letak dan luas Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan dampak positif dari letak geografis Indonesia
|
12
|
|
13
|
Letak dan luas Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan keuntungan bagi Indonesia dari Letak geologi Indonesia
|
13
|
|
14
|
Potensi sumber daya tambang
|
Peserta
didik dapat menyebutkan manfaat barang tambang
|
14
|
|
15
|
Potensi sumber daya tambang
|
Dengan
disajikan tabel data daerah pertambangan, peserta didik dapat
mengidentifikasi daerah pertambangan minyak bumi
|
15
|
No. Urut
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / SUB MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
16
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
3.1 Memahami
konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi,
iklim, bentuk muka bumi, geologis,
flora,
dan fauna) dan interaksi antarruang di
Indonesia
serta pengaruhnya terhadap
kehidupan
manusia dalam aspek ekonomi,
sosial,
budaya, dan pendidikan
|
Potensi sumber daya tambang
|
Peserta
didik dapat menentukan barang tambang yang digunakan untuk pembangkit
listrik, keperluan rumah tangga dan pembakaran pada industri batu bata dan
genteng
|
16
|
17
|
Potensi kemaritiman Indonesia
|
Peserta
didik dapat menyebutkan Luas laut Indonesia
|
17
|
|
18
|
Potensi kemaritiman Indonesia
|
Peserta
didik dapat menenentukan fungsi
ekonomis hutan magrove bagi Indonesia
|
18
|
|
19
|
Potensi kemaritiman Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan upaya pelestarian laut dan pantai
|
19
|
|
20
|
Potensi sumber daya hutan
|
Peserta didik dapat menentukan
daerah penghasil Kayu
|
20
|
|
21
|
Dinamika kependudukan Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan tiga faktor yang menyebabkan terjadinya dinamika penduduk
|
21
|
|
22
|
Dinamika kependudukan Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan faktor-faktor yang mendorong mortalitas
|
22
|
|
23
|
Dinamika kependudukan Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan upaya pemerintah yang bertujuan mengatasi permasalahan
kependudukan
|
23
|
|
24
|
Kondisi iklim di Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan waktu Musim hujan di Indonesia
|
24
|
|
25
|
Keragaman Etnik dan budaya
|
Peserta
didik dapat menyebutkan nama rumah adat yang ada di Indonesia
|
25
|
|
26
|
Persebaran flora di Indonesia
|
Peserta
didik dapat mengidentifikasi karakteristik flora di wilayah Indonesia
|
26
|
No. Urut
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / SUB MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR SOAL
|
27
|
3.1 Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi
antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam
aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
|
Persebaran fauna di Indonesia
|
Peserta
didik dapat menentukan cakupan wilayah fauna Indonesia bagian barat
|
29
|
28
|
Persebaran fauna di Indonesia
|
Dengan
disajikan gambar peserta didik dapat menentukan pembagian wilayah Fauna Indonesia
|
27
|
|
29
|
Persebaran fauna di Indonesia
|
Dengan
disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk hewan peralihan
|
28
|
30
|
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam
ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam
nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya
3.2 Mengidentifikasi
interaksi sosial dalam ruang
dan
pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
ekonomi,
dan budaya dalam nilai dan norma
serta
kelembagaan sosial budaya
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam
ruang
dan pengaruhnya terhadap kehidupan
sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial
budaya
|
Interaksi Sosial
|
Peserta
didik dapat menentukan pengertian interaksi sosial
|
30
|
31
|
Interaksi Sosial
|
Dengan
disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan contoh kontak sosial
|
37
|
|
32
|
Interaksi Sosial
|
Peserta
didik dapat menyebutkan menentukan yang terjadi harus dilakukan secara oleh
kedua belah pihak dalam interaksi sosial
|
31
|
|
33
|
Interaksi Sosial
|
Peserta
didik dapat menentukan syarat yang
harus dimiliki dalam proses interaksi sosial
|
32
|
|
34
|
Interaksi Sosial
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu faktor dari interaksi sosial
|
33
|
|
35
|
Interaksi Sosial
|
Peserta
didik dapat menentukan faktor interaksi sosial
|
34
|
|
36
|
Interaksi Sosial
|
Dengan
disajikan ilustrasi, peserta didik dapat
menentukan salah bentuk
Interaksi sosial
|
35
|
|
37
|
Proses Disosiatif
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu bentuk proses disosiatif
|
36
|
|
38
|
Proses Disosiatif
|
Dengan
disajikan gambar, pesertadidik dapat menentukan salah satu contoh proses
disosiatif
|
40
|
|
39
|
Proses Asosiatif
|
Dengan
disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi benruk-bentuk kerja sama
|
41
|
|
40
|
Proses Disosiatif
|
Dengan
disajikan contoh, peserta didik dapat menentukan proses disosiatif
|
42
|
|
41
|
Proses Disosiatif
|
Peserta
didik dapat menentukan sebutan untuk sikap
mental yang tersembunyi terhadap orang lain atau kelompok
|
43
|
|
42
|
Proses Asosiatif
|
Peserta
didik dapat menentukan proses asosiatif
|
38
|
|
43
|
Proses Asosiatif
|
Peserta
didik dapat menentukan bentuk Proses Asosiatif
|
39
|
|
44
|
Norma sosial
|
Dengan
disajikan contoh, peserta didik dapat menentukan salah satu bentuk norma sosial.
|
44
|
|
45
|
Lembaga sosial
|
Dengan
disajikan data, peserta didik dapat menentukan Fungsi Lembaga Keluarga
|
45
|
No. Urut
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI / SUB MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
NOMOR SOAL
|
1
|
2
|
4
|
5
|
6
|
46
|
3.2 Mengidentifikasi interaksi sosial dalam
ruang
dan pengaruhnya terhadap kehidupan
sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial
budaya
|
Lembaga sosial
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu Lembaga sosial
|
46
|
47
|
Lembaga sosial
|
Dengan
disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan lembaga-lembaga sosial
secara berurut
|
47
|
|
48
|
Lembaga sosial
|
Dengan
disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk fungsi
lembaga ekonomi
|
48
|
|
49
|
Lembaga sosial
|
Dengan
disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan salah satu dari pranata
sosial
|
49
|
|
50
|
Lembaga sosial
|
Peserta
didik dapat menentukan salah satu fungsi manifes dari Lembaga Pendidikan
|
50
|
Mengetahui, Jakarta, 02 November 2017
Kepala SMP Negeri ......
Guru Mata Pelajaran
....................................... .........................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment