Powered By Blogger

Thursday, 7 December 2017

                                              DINAS PENDIDIKAN
                KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
                                    TAHUN PELAJARAN 2017/2018

 Jenjang Sekolah           :    Sekolah Menengah Pertama (SMP)                                                          Tahun Pelajaran                                      :    2017/2018
 Kelas / Semester          :    VII / 1                                                                                                       Bentuk Soal                                          :    Pilihan Ganda
 Mata Pelajaran             :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)                                                                 Jumlah Soal                                           :    50  soal

No. Urut
                        KOMPETENSI  DASAR
MATERI /
SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
4
5
   6
1
3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan













3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
       potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis,
       flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di
       Indonesia serta pengaruhnya terhadap
       kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
       sosial, budaya, dan pendidikan























3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
       potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis,
       flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di
       Indonesia serta pengaruhnya terhadap
       kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
       sosial, budaya, dan pendidikan

 Ruang dan Intraksi Antarruang
Peserta didik dapat menentukan nama tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal

1
2

Ruang dan Intraksi Antarruang

Peserta didik dapat menyebutkan penyebab terjadinya Interaksi antar ruang


2
3




   4




Ruang dan Intraksi Antarruang



Komponen Peta
Setelah disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan kondisi saling bergantung pada Interaksi keruangan.


Dengan disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan arti simbol titik pada gambar
3




            4
5
Komponen Peta
Dengan disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi simbol titik
5
6
Komponen Peta
Peserta didik dapat menentukan Objek pada peta yang tergambar dengan warna biru
6
7
Komponen Peta
Berdasarkan Peta yang disajikan, peserta didik dapat menentukan komponen peta yang ditunjuk      
7
8
Letak dan luas Indonesia
Dengan disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan iklim pada daerah yang ditandai arsiran
8
9
Letak dan luas Indonesia
Peserta didik dapat menentukan letak Indonesia

9
10
Letak dan luas Indonesia
Peserta didik dapat menentukan yang menjadi dasar penentuan letak astronomis suatu negara
10
11
Letak dan luas Indonesia
Dengan disajikan pernyataan-pernyataan, peserta didik dapat menentukan keuntungan Indonesia yang berada di antara dua samudera
11
12
Letak dan luas Indonesia
Peserta didik dapat menentukan dampak positif dari letak geografis Indonesia
12
13
Letak dan luas Indonesia
Peserta didik dapat menentukan keuntungan bagi Indonesia dari Letak geologi Indonesia
13
14
Potensi sumber daya tambang
Peserta didik dapat menyebutkan manfaat barang tambang
14
15
Potensi sumber daya tambang
Dengan disajikan tabel data daerah pertambangan, peserta didik dapat mengidentifikasi daerah pertambangan minyak bumi

15

   




No. Urut
     KOMPETENSI  DASAR
MATERI / SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
4
5
6
16
3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
















3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi,
       potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis,
       flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di
       Indonesia serta pengaruhnya terhadap
       kehidupan manusia dalam aspek ekonomi,
       sosial, budaya, dan pendidikan
Potensi sumber daya tambang
Peserta didik dapat menentukan barang tambang yang digunakan untuk pembangkit listrik, keperluan rumah tangga dan pembakaran pada industri batu bata dan genteng
16
17
Potensi kemaritiman Indonesia
Peserta didik dapat menyebutkan Luas laut Indonesia
17
18
Potensi kemaritiman Indonesia
Peserta didik dapat  menenentukan fungsi ekonomis hutan magrove bagi Indonesia
18
19
Potensi kemaritiman Indonesia
Peserta didik dapat menentukan upaya pelestarian laut dan pantai
19
20
Potensi sumber daya hutan
Peserta didik dapat menentukan daerah penghasil Kayu
20
21
Dinamika kependudukan Indonesia
Peserta didik dapat menentukan tiga faktor yang menyebabkan terjadinya  dinamika penduduk 
21
22
Dinamika kependudukan Indonesia
Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor yang mendorong mortalitas

22
23
Dinamika kependudukan Indonesia
Peserta didik dapat menentukan upaya pemerintah yang bertujuan mengatasi permasalahan kependudukan

23
24
Kondisi iklim di Indonesia
Peserta didik dapat menentukan waktu Musim hujan di Indonesia
24
25
Keragaman Etnik dan budaya
Peserta didik dapat menyebutkan nama rumah adat yang ada di Indonesia
25
26
Persebaran flora di Indonesia
Peserta didik dapat mengidentifikasi karakteristik flora di wilayah Indonesia
26





No. Urut
     KOMPETENSI  DASAR
MATERI / SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
27
3.1  Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora, dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan
Persebaran fauna di Indonesia
Peserta didik dapat menentukan cakupan wilayah fauna Indonesia bagian barat

29
28
Persebaran fauna di Indonesia
Dengan disajikan gambar peserta didik dapat menentukan  pembagian wilayah Fauna Indonesia

27
29
Persebaran fauna di Indonesia
Dengan disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi  yang termasuk hewan peralihan


28

30
3.2  Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya





3.2  Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang
       dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial,
       ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma
       serta kelembagaan sosial budaya




























3.2  Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang  
       dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya


Interaksi Sosial
Peserta didik dapat menentukan pengertian interaksi sosial

30
31
Interaksi Sosial
Dengan disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan contoh kontak sosial
37
32
Interaksi Sosial
Peserta didik dapat menyebutkan menentukan yang terjadi harus dilakukan secara oleh kedua belah pihak dalam interaksi sosial

31
33
Interaksi Sosial
Peserta didik dapat menentukan  syarat yang harus dimiliki dalam proses interaksi sosial
32
34
Interaksi Sosial
Peserta didik dapat menentukan salah satu faktor dari interaksi sosial
33
35
Interaksi Sosial
Peserta didik dapat  menentukan  faktor interaksi sosial
34
36
Interaksi Sosial
Dengan disajikan ilustrasi, peserta didik dapat  menentukan salah bentuk  Interaksi sosial
35
37
Proses Disosiatif
Peserta didik dapat menentukan salah satu bentuk proses disosiatif
36
38
Proses Disosiatif
Dengan disajikan gambar, pesertadidik dapat menentukan salah satu contoh proses disosiatif

40
39
Proses Asosiatif
Dengan disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi benruk-bentuk kerja sama
41
40
Proses Disosiatif
Dengan disajikan contoh, peserta didik dapat menentukan proses disosiatif
42
41
Proses Disosiatif
Peserta didik dapat menentukan sebutan untuk  sikap mental yang tersembunyi terhadap orang lain atau kelompok
43
42
Proses Asosiatif
Peserta didik dapat menentukan proses asosiatif
38
43
Proses Asosiatif
Peserta didik dapat menentukan bentuk Proses Asosiatif
39
44
Norma sosial
Dengan disajikan contoh, peserta didik dapat menentukan  salah satu bentuk norma sosial.
44
45
Lembaga sosial
Dengan disajikan data, peserta didik dapat menentukan Fungsi Lembaga Keluarga
45


No. Urut
     KOMPETENSI  DASAR
MATERI / SUB MATERI
INDIKATOR SOAL
NOMOR SOAL
1
2
4
5
6
46
3.2  Mengidentifikasi interaksi sosial dalam ruang
       dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan sosial budaya
Lembaga sosial
Peserta didik dapat menentukan salah satu Lembaga sosial
46
47
Lembaga sosial
Dengan disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan lembaga-lembaga sosial secara berurut
47
48
Lembaga sosial
Dengan disajikan data, peserta didik dapat mengidentifikasi yang termasuk fungsi lembaga ekonomi
48
49
Lembaga sosial
Dengan disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan salah satu dari pranata sosial
49
50
Lembaga sosial
Peserta didik dapat menentukan salah satu fungsi manifes dari Lembaga Pendidikan
50


           Mengetahui,                                                                                                                                Jakarta, 02 November 2017
           Kepala SMP Negeri ......                                                                                                             Guru Mata Pelajaran




          .......................................                                                                                                             .........................................
          NIP.                                                                                                                                            NIP.


    





No comments:

Post a Comment