Powered By Blogger

Friday, 8 December 2017

KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Tahun Ajaran
: SMP … JAKARTA UTARA.
: SENI BUDAYA.
: K-13
: 120 Menit
: 50
: Pilihan Ganda
: 2017 / 2018


No
Kompetensi Dasar
Bahan klas/semester
Konten /Materi
Level kognitif
Indikator Soal
Nomor Soal
1
3.1       Memahami unsur, prinsip,  teknik, dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
IX/1
 Unsur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
3
Disajikan unsur-unsur seni, peserta didik dapat menganalisis unsur-unsur seni lukis
1





Disajikan 2 pengertian tentang melukis,peserta didik dapat menyebutkan salah satu di antaranya
2





Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat memahami tema dari lukisan tersebut.
3
2


Bahan/media karya lukis
2
Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menentukan bahan/alat yang  digunakan dalam contoh karya lukisan tersebut
4





Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menentukan bahan / media yang di gunakan pada lukisan  tersebut.
5





Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menyebutkan tema yang tepat dari lukisan tersebut.
6





Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menyebutkan  nama dari pelukis karya tersebut dengan tepat.
7
3


Teknik berkarya seni lukis
2
Disajikan contoh karya lukisan, peserta didik dapat menentukan  teknik membuat karya lukisan tersebut
8





Disajikan pengertian dari salah satu teknik melukis, peserta didik dapat menyebutkan teknik yang tepat pada lukisan tersebut
9





Disajikan pengertian dari salah satu teknik melukis, peserta didik dapat menyebutkan teknik melukis dengan teknik spray
10
4


Prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
2
Disajikan 4 prosedur membuat karya seni, peserta didik dapat menentukan prosedur dalam berkarya lukis
11
5
3.2       Memahami prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik
IX/1
Prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan
3
Disajikan karya seni patung ,peserta didik dapat menganalisis prosedur pembuatan patung pada karya tersebut
12
6


Bahan dan teknik karya seni patung
1
Disajikan 4 option bahan dan teknik yang digunakan untuk membuat karya seni patung, peserta didik dapat menentukan bahan dan teknik yang sesuai
13
7


Prosedur berkarya seni patung dengan berbagai teknik
3
Peserta didik dapat memahami proses pembuatan patung dengan teknik cor
14
8


Fungsi patung dalam kehidupan sehari-hari
2
Disajikan 4 option bentuk – bentuk patung peserta didik dapat menyebutkan nilai dan fungsi patung dalam kehidupan sehari-hari
15
9
4.2     Membuat karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik

1X/1
Membuat karya seni patung dengan berbagai bahan

2
Peserta didik dapat menyebutkan fungsi patung sesuai dengan kebutuhannya
16
10
3.4       Memahami prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa
IX/1
Prosedur pameran karya seni rupa
1
Disajikan contoh karya lukisan Peserta didik dapat menyebutkan tema dari lukisan tersebut.
17




3
Disajikan 4 option deskripsi tentang pembuatan patung,peserta didik dapat menganalisis pembuatan patung dengan cara di cor
18





Disajikan  prosedur penyelenggaraan pameran ,peserta didik dapat menguraikan prosedur penyelenggaraan karya seni rupa.
19
11


Bahan dan teknik karya seni patung
1
Disajikan 4 option bahan dan teknik yang digunakan untuk membuat karya seni patung, peserta didik dapat menentukan bahan dan teknik yang sesuai
20





Peserta didik dapat menyebutkan nilai dan fungsi seni rupa murni
21
12
3.1   Memahami teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
IX/1
Teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
2
Disajikan cerita jenis musik modern di Indonesia, peserta didik dapat menceritakan salah satu jenis musik modern di Indonesia
22




1
Disajikan 4 option ciri – ciri music modern ,peserta didik dapat menyebutkan ciri – ciri music pop dengan benar.
23
13
3.2   Memahami teknik pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
IX/1
Teknik pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
1
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri  vokal grup
24




2
Disajikan nama – nama penyanyi Mancaneggara,peserta didik dapat menunjukkan nama penyanyi contri yang yang berasal dari Amerika Serikat
25




2
Peserta didik dapat memahami arti dari Improvisasi
26




2
Peserta didik dapat menyebutkan salah seorang composer mancanegara yang tidak berkolaborasi dengan composer Timur ( Jawa,Bali,dan Sunda)
27




2
Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian dari patung arsitektur.
28




3
Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan patung untuk ibadah
29




1
Peserta didik dapat menyebutkan salah satu model patung yang pantas di pajang di ruang pameran
30




2
Peserta didik dapat menyebutkan fungsi patung religi berdasarkan sifatnya
31




2
Peserta didik dapat mendefinisikan pengertian teknik melukis aquarel
32
14.



1
Peserta didik dapat menyebutkan susunan tangga nada mayor 1 kres(#)
33




1
Peserta didik dapat menyebutkan Sistematika tangga nada mayor ber- mol
34




1
Peserta didik dapat menyebutkan pencipta lagu syukur
35




2
Peserta didik dapat memahami tanda dimulainya nada dasar 2b (mol)
36




2
Peserta didik dapat memahami nama lain dari nada dasar 2# (kres)
37
15




Peserta didik dapat menyebutkan cara memainkan music harfa
38





Di sajikan gambar alat music gendang ,peserta didik dapat menjelaskan nama lain dari alat music yang terbuat dari kulit menurut sumber bunyinya.
39




1
Peserta didik dapat menyebutkan arti tanda birama ¾ dengan benar
40





Peserta didik dapat menjelaskan arti dari melodi
41
16




Peserta didik dapat menyebutkan langkah –langkah menggubah lagu .
42





Disajikan notasi lagu peserta didik dapat menyebutkan judul dari lagu tersebut dengan benar.
43





Disajikan gambar sebuah karya seni patung peserta didik dapat menentukan jenis karya tersebut
44
17
3.1     Memahami keunikan gerak tari kreasi berdasarkan  unsur pendukung tari
IX/1
Keunikan gerak tari kreasi berdasarkan  unsur pendukung tari
1
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tari kreasi
45
18
3.2     Memahami tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
IX/1
Tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
3
Peserta didik dapat menganalisis tema tari dari sajian  gambar tari berdasarkan  property yang digunakan
46





Disajikan prosedur dari unsur – unsur tari peserta didik dapat menentukan prosedur dalam unsur – unsur seni tari
47
19
3.1     Memahami  konsep, teknik dan prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan drama  musikal dan atau operet
IX/1
Konsep dasar seni peran sesuai kaidah pementasan drama  musikal dan atau operet
2
Disajikan 4 gambar konsep dasar seni peran pementasan drama. Peserta didik dapat menentukan konsep pementasan drama musikal atau operet
48
20


Prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan drama  musikal dan atau operet
2
Disajikan unsur – unsur pementasan, peserta didik dapat menyusun unsur – unsur pementasan dalam  dasar seni peran .
49
21
3.2     Memahami teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet
IX/1
Teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet
     1
Peserta didik dapat mendeskripsikan teknik menyusun naskah drama musikal atau operet
50






















No comments:

Post a Comment