KISI-KISI PENULISAN
SOAL
Jenis Sekolah
Mata Pelajaran
Kurikulum
Alokasi waktu
Jumlah Soal
Bentuk Soal
Tahun Ajaran
|
: SMP …
JAKARTA UTARA.
: SENI
BUDAYA.
: K-13
: 120
Menit
: 50
: Pilihan Ganda
: 2017 / 2018
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Bahan
klas/semester
|
Konten
/Materi
|
Level
kognitif
|
Indikator
Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
3.1 Memahami unsur, prinsip,
teknik, dan prosedur
berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
|
IX/1
|
Unsur berkarya seni lukis dengan
berbagai bahan
|
3
|
Disajikan unsur-unsur seni, peserta didik dapat menganalisis unsur-unsur seni lukis
|
1
|
|
|
|
|
|
Disajikan
2 pengertian tentang melukis,peserta didik dapat menyebutkan salah satu di
antaranya
|
2
|
|
|
|
|
|
Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat memahami tema dari lukisan
tersebut.
|
3
|
2
|
|
|
Bahan/media karya lukis
|
2
|
Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat
menentukan bahan/alat
yang digunakan dalam contoh karya
lukisan tersebut
|
4
|
|
|
|
|
|
Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menentukan bahan / media yang di
gunakan pada lukisan tersebut.
|
5
|
|
|
|
|
|
Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menyebutkan tema yang tepat dari
lukisan tersebut.
|
6
|
|
|
|
|
|
Disajikan 1 contoh karya lukisan, peserta didik dapat menyebutkan nama dari pelukis karya tersebut dengan
tepat.
|
7
|
3
|
|
|
Teknik berkarya seni lukis
|
2
|
Disajikan
contoh karya lukisan, peserta
didik dapat menentukan teknik membuat karya lukisan tersebut
|
8
|
|
|
|
|
|
Disajikan pengertian
dari salah satu teknik melukis, peserta didik dapat menyebutkan teknik yang tepat pada lukisan
tersebut
|
9
|
|
|
|
|
|
Disajikan pengertian
dari salah satu teknik melukis, peserta didik dapat menyebutkan teknik melukis dengan teknik
spray
|
10
|
4
|
|
|
Prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan
|
2
|
Disajikan 4 prosedur membuat karya seni, peserta didik dapat menentukan
prosedur dalam berkarya
lukis
|
11
|
5
|
3.2 Memahami prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan
dan teknik
|
IX/1
|
Prosedur berkarya seni patung dengan berbagai bahan
|
3
|
Disajikan
karya seni patung ,peserta didik dapat menganalisis prosedur pembuatan patung
pada karya tersebut
|
12
|
6
|
|
|
Bahan dan teknik karya seni patung
|
1
|
Disajikan 4 option bahan dan teknik yang digunakan untuk
membuat karya seni patung, peserta didik dapat menentukan bahan dan teknik
yang sesuai
|
13
|
7
|
|
|
Prosedur berkarya seni patung dengan berbagai teknik
|
3
|
Peserta
didik dapat memahami proses pembuatan patung dengan teknik cor
|
14
|
8
|
|
|
Fungsi patung dalam
kehidupan sehari-hari
|
2
|
Disajikan
4 option bentuk – bentuk patung peserta didik dapat menyebutkan nilai dan
fungsi patung dalam kehidupan sehari-hari
|
15
|
9
|
4.2 Membuat
karya seni patung dengan berbagai bahan dan teknik
|
1X/1
|
Membuat karya seni patung dengan berbagai bahan
|
2
|
Peserta didik dapat menyebutkan fungsi patung sesuai dengan kebutuhannya
|
16
|
10
|
3.4 Memahami prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa
|
IX/1
|
Prosedur pameran karya seni
rupa
|
1
|
Disajikan
contoh karya lukisan Peserta didik dapat menyebutkan tema dari lukisan tersebut.
|
17
|
|
|
|
|
3
|
Disajikan
4 option deskripsi tentang pembuatan patung,peserta didik dapat menganalisis pembuatan
patung dengan cara di cor
|
18
|
|
|
|
|
|
Disajikan prosedur penyelenggaraan pameran ,peserta didik dapat menguraikan prosedur
penyelenggaraan karya seni rupa.
|
19
|
11
|
|
|
Bahan dan teknik karya seni patung
|
1
|
Disajikan 4 option bahan dan teknik yang digunakan untuk
membuat karya seni patung, peserta didik dapat menentukan bahan dan teknik
yang sesuai
|
20
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan nilai dan fungsi seni rupa murni
|
21
|
12
|
3.1 Memahami teknik pengembangan
ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
|
IX/1
|
Teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis
lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
|
2
|
Disajikan cerita jenis musik modern di Indonesia,
peserta didik dapat menceritakan salah satu jenis musik modern di Indonesia
|
22
|
|
|
|
|
1
|
Disajikan 4 option ciri – ciri music modern ,peserta
didik dapat menyebutkan ciri – ciri music pop dengan benar.
|
23
|
13
|
3.2 Memahami
teknik pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk
kelompok vokal
|
IX/1
|
Teknik pengembangan ornamentasi ritmis maupun
melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
|
1
|
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri vokal grup
|
24
|
|
|
|
|
2
|
Disajikan nama – nama penyanyi Mancaneggara,peserta
didik dapat menunjukkan nama penyanyi contri yang yang berasal dari Amerika
Serikat
|
25
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat memahami arti dari Improvisasi
|
26
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah seorang composer mancanegara yang tidak berkolaborasi
dengan composer Timur ( Jawa,Bali,dan Sunda)
|
27
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat mendefinisikan pengertian dari patung arsitektur.
|
28
|
|
|
|
|
3
|
Peserta
didik dapat menjelaskan kegunaan patung untuk ibadah
|
29
|
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan salah satu model patung yang pantas di pajang di
ruang pameran
|
30
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat menyebutkan fungsi patung religi berdasarkan sifatnya
|
31
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat mendefinisikan pengertian teknik melukis aquarel
|
32
|
14.
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan susunan tangga nada mayor 1 kres(#)
|
33
|
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan Sistematika tangga nada mayor ber- mol
|
34
|
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan pencipta lagu syukur
|
35
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat memahami tanda dimulainya nada dasar 2b (mol)
|
36
|
|
|
|
|
2
|
Peserta
didik dapat memahami nama lain dari nada dasar 2# (kres)
|
37
|
15
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan cara memainkan music harfa
|
38
|
|
|
|
|
|
Di
sajikan gambar alat music gendang ,peserta didik dapat menjelaskan nama lain
dari alat music yang terbuat dari kulit menurut sumber bunyinya.
|
39
|
|
|
|
|
1
|
Peserta
didik dapat menyebutkan arti tanda birama ¾ dengan benar
|
40
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan arti dari melodi
|
41
|
16
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menyebutkan langkah –langkah menggubah lagu .
|
42
|
|
|
|
|
|
Disajikan
notasi lagu peserta didik dapat menyebutkan judul dari lagu tersebut dengan
benar.
|
43
|
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar sebuah karya seni patung peserta didik dapat menentukan jenis karya
tersebut
|
44
|
17
|
3.1 Memahami
keunikan gerak tari kreasi berdasarkan
unsur pendukung tari
|
IX/1
|
Keunikan gerak tari kreasi berdasarkan unsur pendukung tari
|
1
|
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian tari kreasi
|
45
|
18
|
3.2 Memahami
tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari sesuai iringan
|
IX/1
|
Tari kreasi dengan menggunakan unsur pendukung tari
sesuai iringan
|
3
|
Peserta
didik dapat menganalisis tema tari dari sajian gambar
tari berdasarkan property yang digunakan
|
46
|
|
|
|
|
|
Disajikan
prosedur dari unsur – unsur tari peserta didik dapat menentukan prosedur
dalam unsur – unsur seni tari
|
47
|
19
|
3.1 Memahami konsep, teknik dan prosedur dasar seni
peran sesuai kaidah pementasan drama
musikal dan atau operet
|
IX/1
|
Konsep dasar seni peran sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet
|
2
|
Disajikan 4 gambar konsep dasar seni peran pementasan
drama. Peserta didik dapat menentukan konsep pementasan drama musikal atau
operet
|
48
|
20
|
|
|
Prosedur dasar seni peran sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet
|
2
|
Disajikan
unsur – unsur pementasan, peserta didik dapat menyusun unsur – unsur pementasan dalam dasar seni peran .
|
49
|
21
|
3.2 Memahami
teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau operet
|
IX/1
|
Teknik menyusun naskah sesuai kaidah pementasan drama musikal dan atau
operet
|
1
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan teknik menyusun naskah
drama musikal atau operet
|
50
|
No comments:
Post a Comment